IMPLENTASI KURIKULUM MERDEKA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SDN 3 BRABOWAN

Authors

  • Kusairi IAI AL MUHAMMAD CEPU
  • Alfiyyah IAI Al Muhammad Cepu
  • Sholihin Sholihin IAI Al Muhammad Cepu
  • Ulfa Ni'matus Sa'adah IAI Al Muhammad Cepu

DOI:

https://doi.org/10.58403/annuur.v15i2.625

Keywords:

Implentasi, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran PAIBP, Kelas 4.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penerapan kurikulum merdeka pada mata pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 3 Brabowan, Kecamatan Sambong, Kabupaten Blora. Dimama keberadaan SDN 3 Brabowan ini menjadi menarik untuk diteliti, karena terletak di Kawasan hutan yang jauh dari pusat kota (± 30 Km dari kota kabupaten). Disamping keberadaanya dipedalaman namun semangat untuk meningkatkan kualitas pendidikannya patut untuk di apresiasi, mulai dari cara penerapan kurikulumnya, peningkatan sumber daya guru, pelaksanaan dan penerapan kurikulum merdekanya dalam pembelajaran, serta upaya lain  yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi budi pekerti. Penelitian ini akan menggunakan model pendekataan kualitatif distributif dengan mengambil objek di SDN 3 Brabowan. Dalam hal menggali data yang diperlukan sebagai bahan dasar penelitian ini, peneliti melakukannya dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi yang melibatkan responden mulai dari Kepala SDN 3 Brabowan, komite sekolah, guru pendidikan agama islam dan budi pekerti, masyarakat dilingkunan sekolah, dan peserta didik kelas 4 itu sendiri. Sehingga dapat terpotret bahwa SDN 3 Brabowan telah melaksanakan kurikulum merdeka semenjak diterbitkannya penggunaan kurikulum merdeka tahun 2022. Mengenai kemungkinan terdapatnya beberapa masalah maka seluruh stake holder yang bertanggung jawab dan juga yang terlibat langsung dengan penerapan kurikulum merdeka ini segera melakukan musyawarah guna merumuskan kemungkinan-kemungkinan yang akan menghambat, dengan cara meningkatkan kompetensi guru Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti, menggunakan metode pembelajaran innovatif yang menarik, dan memberikan motivasi belajar terhadap siswa, serta mengidentifikasi potensi peserta didik untuk diberikan ruang untuk berkembang

References

Ahmad Rifa’i, N. Elis Kurnia Asih, and Dewi Fatmawati, (2022), Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran PAI Di Sekolah, Jurnal Syntax Admiration Vol.3 No.2.

Tohirin, Konseling di Sekolah dan Madrasah, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Tasurun Amma, Ari Setiyanto, Mahmud Fauzi, (2021), Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Peserta Didik, Edification Vol. 3, No. 02.

Tasurun Amma, Ari Setiyanto, Mahmud Fauzi, Problematika Pembelajaran PendidikanAgama Islam Pada Peserta Didik, Edification Vol. 3, No. 02, Januari 2021, hal.147.

Rukminingsih, et al., Metode Penelitian Pendidikan: Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas (Yogyakarta: Erhaka Utama, 2020), 129-130

Eko Haryono, “Metodologi Penelitian Kualitatif Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam”, hal-6

Raudlatul Jannah, Upaya Meningkatkan Keberhasilan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Journal of Islamic Elementary School Vol. 1 (1), April 2017, ISSN 2579-5813, Hal.52

Downloads

Published

2025-10-31

How to Cite

Kusairi, Alfiyyah, Sholihin, S., & Sa’adah, U. N. (2025). IMPLENTASI KURIKULUM MERDEKA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SDN 3 BRABOWAN. An-Nuur, 15(2), 127–136. https://doi.org/10.58403/annuur.v15i2.625

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.