Faktor – Faktor Penyebab Minimnya Minat Belajar Siswa Kelas Rendah Madrasah Ibtidaiyah Assalam 4 Bajo

Nur Fatmala Hidayah, Afni Firdausia

Abstract


    Minat belajar merupakan komponen yang sangat penting dalam pembelajaran, karena sangat berpengaruh terhadap hasil belajar yang dicapai siswa. Untuk itu membangkitkan minat belajar siswa sangat penting untuk meningkatkan semangat dan ketekunan dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor - faktor yang mempengaruhi minimnya minat belajar siswa kelas rendah di MI Assalam 4 Bajo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Informan dari penelitian ini terdiri dari guru dan siswa MI Assalam 4 Bajo. Dari hasil analisis ditemukan bahwa faktor yang dapat mempengaruhi minimnya minat belajar siswa adalah metode yang digunakan dalam pembelajaran, media yang digunakan, sarana dan prasarana, serta perhatian dan motivasi yang diberikan oleh guru kepada siswa.

Kata kunci : Faktor, minat belajar, kelas rendah

      Learning interest is a very important component in learning, because it greatly affects the learning outcomes achieved by students. For this reason, arousing students' interest in learning is very important to increase enthusiasm and perseverance in learning. This study aims to determine the factors that influence the lack of interest in learning of low-grade students at MI Assalam 4 Bajo. This research uses a qualitative descriptive approach. The informants of this study consisted of teachers and students of MI Assalam 4 Bajo. From the results of the analysis it was found that the factors that can affect the lack of student interest in learning are the methods used in learning, the media used, facilities and infrastructure, as well as the attention and motivation given by teachers to students.

Keywords : Factors, learning interest, class


Keywords


faktor, minat belajar, kelas rendah

Full Text:

PDF

References


Ahlunnaja, A., & Dimyati, M. (2023). Pengaruh Metode Syawir Terhadap Minat Belajar Bahasa Arab Siswa

Madrasah Diniyyah Al Amiriyyah Blokagung Banyuwangi. TADRIS AL-ARABIYAT: Jurnal Kajian Ilmu

Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 273-292.

Fatmawati, R., & Rozin, M. (2018). Peningkatan minat belajar siswa dengan menggunakan metode

ceramah interaktif. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 1(1), 43-56.

Habibi, R., & Nugroho, W. A. (2020). Pendidikan Etika Lingkungan dalam Kultur Sekolah Dasar Berbasis

Agama dan Alam. Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 5(2), 254-268.

Haryono, E. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. An-Nuur,

(2).

Haryono, Eko, et al. STATISTIKA SPSS 28. Edited by Rismawati, N. CV WIDINA MEDIA UTAMA, 2023.

Mustofa, H., & Kaswari, H. (2023). STRATEGI MANAJEMEN DAN OPTIMALISASI PERAN MASJID AN-NUUR

DALAM LAYANAN PENDIDIKAN ISLAM: Sebuah Studi Kasus Kualitatif. An-Nuur, 13(2).

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal

misykat, 3(1), 171-187.

Parmiti, D. P., & Rediani, N. N. (2022). Mengajar Menyenangkan di Sekolah Dasar. PT. RajaGrafindo

Persada-Rajawali Pers.

Rahardian, K. T. E. (2022). ANALISIS PENYEBAB RENDAHNYA MINAT ANAK TERHADAP MATA PELAJARAN

MATEMATIKA DAN PERAN GURU DALAM MEMBANGKITKAN MINAT BELAJAR ANAK (Doctoral

dissertation, Universitas Islam Sultan Agung Semarang).

Slamet, S., Kusmanto, A., & Karjo, K. (2021). Analisis Pola Kerja Sama Antara Pengawas Kepala Sekolah

dan Guru dalam Pencapaian Standar Nasional Pendidikan (SNP) di Kabupaten Blora. Jurnal

Pendidikan Tambusai, 5(3), 10242-10261.

Suharni, S. (2021). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan

Dan Konseling, 6(1), 172-184.

Supriyono, S. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sd.

Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 43-48.

Wijaya, W. (2001). Strategi Pembelajaran. Bandung: Prenda Media Group.




DOI: https://doi.org/10.58403/annuur.v14i1.349

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

An-Nuur publised by Institut Agama Islam Al Muhammad Cepu

Gambar terkait