Analisis Metode Pembelajaran Fun Learning Terhadap Perkembangan Psikologi Anak

Verania Eka Agustina, Hidayatul Mustofa

Abstract


This research is about the analysis of fun learning methods on children's psychological development. Because in this age of rapid technological development, children only like to play and find it difficult to concentrate in the learning process. In addition, the characteristics of children who are easily bored during the learning process are interesting problems to study. This research aims to be able to choose the right method for children, so that in the learning process children feel comfortable and easily understand the learning material. Because it is very influential on child psychology. This type of research is qualitative research with interview instruments, observation and documentation with teachers and students. The result of the study is that the fun learning method has an effect on children's psychological development. Because with this fun learning method, children not only feel happy in the learning process, they will also be more concentrated and can improve children's cooperation attitude.

Keywords: learning method, fun learning, children's psychological development.

Penelitian ini tentang analisis metode pembelajaran fun learning terhadap perkembangan psikologi anak. Karena pada zaman perkembangan teknologi yang sangat pesat ini menyebabkan anak hanya senang bermain dan sulit berkonsentrasi dalam proses pembelajaran. Selain itu dengan karakteristik anak yang mudah bosan saat proses pembelajaran menjadi permasalahan yang menarik untuk dikaji. Penelitian ini bertujuan untuk dapat memilih metode yang tepat untuk anak, agar dalam proses pembelajaran anak merasa nyaman dan mudah memahami materi pembelajaran. Karena hal tersebut sangat berpengaruh pada psikologi anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan instrumen wawancara, observasi dan dokumentasi dengan para guru dan siswa. Hasil dari penelitian tersebut yaitu bahwa metode fun  learning berpengaruh terhadap perkembangan psikologi anak. Karena dengan metode fun learning ini anak tidak hanya merasa senang dalam proses pembelajaran, ia juga akan lebih konsentrasi dan dapat meningkatkan sikap kerjasama anak.

Kata kunci : metode pembelajaran, fun learning, perkembangan psikologi anak.


Keywords


metode pembelajaran, fun learning, perkembangan psikologi anak.

Full Text:

PDF

References


Aswat, H., Sari, E. R., Aprilia, R., Fadli, A., & Milda, M. (2021). Implikasi distance learning di masa pandemi COVID 19 terhadap kecerdasan emosional anak di sekolah dasar. Jurnal basicedu, 5(2), 761-771.

Habibi, R., & Nugroho, W. A. (2020). Pendidikan Etika Lingkungan dalam Kultur Sekolah Dasar Berbasis Agama dan Alam. Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 5(2), 254-268.

Haryono, E. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. An-Nuur, 13(2).

Haryono, Eko, et al. STATISTIKA SPSS 28. Edited by Rismawati, N. CV WIDINA MEDIA UTAMA, 2023.

Irfan Fauzan, A., Kamaliyah, M., Nurjanah, S., & Dewinggih, T. (2021). Meningkatkan Minat Belajar dengan Metode Fun Learning pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Kumbung. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(36), 83-94.

Maru’ao, N. (2020). Penerapan Pembelajaran Inovatif dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Inggris. Warta Dharmawangsa, 14(2).

Mustofa, H., & Kaswari, H. (2023). STRATEGI MANAJEMEN DAN OPTIMALISASI PERAN MASJID AN-NUUR DALAM LAYANAN PENDIDIKAN ISLAM: Sebuah Studi Kasus Kualitatif. An-Nuur, 13(2).

Nurtiani, A. T. (2017). Efektivitas Metode Fun Learning Terhadap Kecerdasan Logika Matematika Anak Kelompok B Di TK Methodist Banda Aceh. Jurnal Buah Hati, 4(2), 75-82.

Putro, K. Z. (2016). Mengembangkan kreativitas anak melalui bermain. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 16(1), 19-27.

Rahman, S. (2022, January). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Rahmawati, E. (2022). Konsep Pembelajaran Menyenangkan bagi Siswa Kelas Bawah Tingkat Sekolah Dasar. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 171-178.

Rahmawati, W. A. (2013). Perbedaan Kesiapan Sekolah Pada anak Prasekolah Yang Mendapatkan Metode Fun Learning Dan Metode Konvensional. Jur Universitas Semarang, 1(2).

Rikawati, K., & Sitinjak, D. (2020). Peningkatan keaktifan belajar siswa dengan penggunaan metode ceramah interaktif. Journal of Educational Chemistry (JEC), 2(2), 40.

Siahaan, K. W. A., Sinabutar, A. T., & Haloho, U. N. (2020). Pengaruh Metode Quantum Teaching Dalam Menciptakan Pembelajaran Yang Aktif Dan Menyenangkan Pada Anak SD. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(2), 175-182.

Sit, M. (2017). Psikologi perkembangan anak usia dini edisi pertama. Kencana.

Slamet, S., Kusmanto, A., & Karjo, K. (2021). Analisis Pola Kerja Sama Antara Pengawas Kepala Sekolah dan Guru dalam Pencapaian Standar Nasional Pendidikan (SNP) di Kabupaten Blora. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10242-10261.

Yuhana, A. N., & Aminy, F. A. (2019). Optimalisasi peran guru pendidikan agama Islam sebagai konselor dalam mengatasi masalah belajar siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 7(1), 79-96.




DOI: https://doi.org/10.58403/annuur.v14i1.342

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

An-Nuur publised by Institut Agama Islam Al Muhammad Cepu

Gambar terkait