PENERAPAN METODE OUTDOOR STUDY DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 2 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MI UNGGULAN AL MA’RUF MAYAHAN KECAMATAN TAWANGHARJO KABUPTEN GROBOGAN

Authors

  • Henik Habibatul Milla IAI Al Muhammad Cepu
  • Afni Firdausia IAI Al Muhammad

DOI:

https://doi.org/10.58403/annuur.v14i2.432

Keywords:

Outdoor Study, Motivasi Belajar, Matematika

Abstract

Proses pembelajaran merupakan aspek yang terintegrasi dari proses pendidikan agar menghasilkan pembelajaran yang efektif dan efisien, sehingga peserta didik dapat memperoleh hasil belajar secara maksimal mencangkup bidang kognitif, afektif, dan psikomotorik. Untuk terwujudnya hal tersebut perlu adanya metode pembelajaran yang efektif,  salah satunya yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran outdoor study, sebuah pendekatan pembelajaran yang menggunakan suasana di luar kelas dengan situasi pembelajaran berbagai permainan sebagai media transformasi. Penelitian ini disusun dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik  pada mata pelajaran Matematika menggunakan metode pembelajaran outdoor study pada peserta didik kelas 2 MI Unggulan Al Ma’ruf Mayahan Kec Tawangharjo Kab Grobogan Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) yang terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Penelitian ini dilaksanakan pada semester gasal tahun ajaran 2022/2023, yaitu pada bulan November sampai dengan Desember. Subjek penelitian ini adalah peserta kelas 2 MI Unggulan Al Ma’ruf Mayahan yang terdiri dari 27 peserta didik. Objek penelitian adalah motivasi belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar peserta didik, yaitu pada siklus I sebesar 71,42% (kategori baik), kemudian pada siklus II meningkat menjadi 87,28% (kategori sangat baik). Hal ini berarti terjadi peningkatan sebesar 15,86%. Dengan demikian penggunaan metode outdoor study dalam mata pelajaran Matematika dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas 2 MI Unggulan Al Ma’ruf Mayahan Kec Tawangharjo Kab Grobogan.

Downloads

Published

2024-10-31

How to Cite

Habibatul Milla, H., & Firdausia, A. (2024). PENERAPAN METODE OUTDOOR STUDY DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 2 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MI UNGGULAN AL MA’RUF MAYAHAN KECAMATAN TAWANGHARJO KABUPTEN GROBOGAN. An-Nuur, 14(2), 30–37. https://doi.org/10.58403/annuur.v14i2.432