Analisis Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran Tematik Di Mi Bustanut Tholibin Jompong

Hanifatus Zahro, Siti Nur Hidayah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan pembelajaran tematik dan mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan pembelajaran tematik pada siswa kelas IV di MI Bustanut Tholibin Jompong. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan-kesulitan pembelajaran tematik pada siswa kelas IV ada enam yaitu, 1) siswa kebingungan, 2) siswa yang memiliki daya fikir rendah jadi ketinggalan, 3) penerimaan pelajaran kurang maksimal, 4) orang tua menjadi kesulitan ketika mengajari anak dirumah 5) nilai siswa menjadi rendah, dan 6) siswa menjadi bosan. Sedangkan faktor-faktor kesulitan yang mempengaruhi kesulitan pembelajaran tematik di MI Bustanut Tholibin Jompong ada enam yaitu1) Rasa Percaya diri siswa , 2) Materi yang Banyak dan Bercampur , 3) Gaya Belajar Siswa , 4) Usia Siswa, 5) daya berfikir atau kognitif siswa orang tua, , dan 6) orang tua. Dan Faktor factor Penunjang Keberhasilan Pembelajaran Tematik Di Mi Bustanut Tholibin Jompong yaitu1) Kinerja Guru, 2) Kesiapan Guru Dalam Pembelajaran, 3) Cara Mengajar Guru , 4) Pemberian Motivasi dan Kesimpulan dalam pembelajaran, 5) Pendukung Pembelajaran, dan 6) Teman Kelompok. Kesimpulannya, masih terdapat kesulitan yang dialami siswa terkait pembelajaran tematik, hal tersebut disebabkan banyak sekali faktor-faktor yang mempengaruhi.

Kata kunci: Kesulitan, Pembelajaran Tematik, Siswa, SD

This study aims to describe thematic learning difficulties and describe the factors that influence thematic learning difficulties in grade IV students at MI Bustanut Tholibin Jompong. This type of research is descriptive qualitative.  The results showed that there are six difficulties of thematic learning in grade IV students, namely, 1) students are confused, 2) students who have low thinking power are left behind, 3) lesson acceptance is not optimal, 4) parents have difficulty when teaching children at home 5) student scores become low, and 6) students become bored. While the difficulty factors that affect thematic learning difficulties at MI Bustanut Tholibin Jompong are six, namely1) Student self-confidence, 2) A lot of material and mixed, 3) Student Learning Style, 4) Student Age, 5) thinking or cognitive power of parents, and 6) parents. And the factors supporting the success of thematic learning at Mi Bustanut Tholibin Jompong are 1) Teacher performance, 2) Teacher Readiness in Learning, 3) Teacher Teaching Methods, 4) Giving Motivation and Conclusion in learning, 5) Learning Support, and 6) Group Friends. In conclusion, there are still difficulties experienced by students related to thematic learning, this is due to many influencing factors.

Keyword : Difficulty, Thematic Learning, Students, Elementary School

Keywords


Kesulitan, Pembelajaran Tematik, Siswa, SD

Full Text:

PDF

References


Anzar, S. Febri., & Mardhatillah. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran

Bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri 20 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat Tahun Ajaran

/2016. Bina Gogik, 4(1 Maret 2017), 53–64.

Artapati, L. W., & Budiningsih, C. A. (2018). Pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013 di SD

Negeri Serayu Yogyakarta. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(2), 185

https://doi.org/10.21831/jitp.v4i2.13016

Dafit, F., & Ramadan, Z. H. (2020). Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di

Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1429–1437.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.585

Djamarah, S.B. 2002. Guru dan Anak Didik Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. RinekaCipta.

Habibi, R., & Nugroho, W. A. (2020). Pendidikan Etika Lingkungan dalam Kultur Sekolah Dasar

Berbasis Agama dan Alam. Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains,

(2), 254-268.

Haji, S. (1993). Pembelajaran Tematik Yang Ideal Di Sd/Mi. 6, 56–69.

Hakim, A. L. (2011). Pengaruh PAUD terhadap Prestasi Belajar Siswa kelas I SD di kab-kota

Tangerang. Pedidikan Dan Kebudayaan, 17 (1).

Haryono, E. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. An?Nuur, 13(2).

Haryono, Eko, et al. STATISTIKA SPSS 28. Edited by Rismawati, N. CV WIDINA MEDIA

UTAMA, 2023.

Hasbi, W. (2012). Keluarga sebagai Basis Pendidikan Pertama dan Utama. Jurnal Ilmiah

DIDAKTIKA, XII,

Imas Kurniasih, dan B. S. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Konsep & Penerapannya. Kota

Pena.

Kamiludin, K., & Suryaman, M. (2017). Problematika pada pelaksanaan penilaian pembelajaran

Kurikulum 2013. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 58–67.

https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8391

Kognitif, P. K. (2016). Pengaruh Kemampuan Kognitif, Kreativitas, Dan Memecahkan Masalah

Terhadap Sikap Ilmiah Siswa Sd. Journal of Primary Education, 5(1), 10–20.

https://doi.org/10.15294/jpe.v5i1.12887

Kunandar. (2015). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta didik berdasarkan

Kurikulum 2013.

Maghfiroh, F., Sholikhah, H. A., & Sofyan, F. A. (2019). Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan

Belajar Membaca Siswa. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 5(1), 95–105.

https://doi.org/10.19109/jip.v5i1.3272.

Muhith, Abd. (2018). Problematika Pembelajaran Tematik Terpadu di Min III Bondowoso.

Indonesian Journal of Islamic Teaching, 1(1), 45–61.

Mulyasa. (2016). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. PT Remaja Rosdakarya.

Mustofa, H., & Kaswari, H. (2023). STRATEGI MANAJEMEN DAN OPTIMALISASI PERAN

MASJID AN-NUUR DALAM LAYANAN PENDIDIKAN ISLAM: Sebuah Studi Kasus

Kualitatif. An-Nuur, 13(2).

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian

Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945.

Pratiwi, I. M., & Ariawan, V. A. N. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Membaca Permulaan

Di Kelas Satu Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(1),

–76. https://doi.org/10.17977/um009v26i12017p069.

Rini Kristiantari, Mg. (2015). Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam

Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013.

JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 3(2), 460–470. https://doi.org/10.23887/jpi?undiksha.v3i2.4462

Rosalin, E. (2008). Guru Dalam Meningkatkan Daya Pikir Siswa. Jurnal Manajemen Pendidikan,

(2).

Setiawan, A. R. (2019). Pembelajaran Tematik Berorientasi Literasi Saintifik. Jurnal Basicedu,

(1), 51–69. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.298.

Slamet, S., Kusmanto, A., & Karjo, K. (2021). Analisis Pola Kerja Sama Antara Pengawas Kepala

Sekolah dan Guru dalam Pencapaian Standar Nasional Pendidikan (SNP) di Kabupaten

Blora. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10242-10261.

Soemanto, Wasty. 2006. Pendidikan Psikologi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Soemanto, Wasty. 2012. Pendidikan Psikologi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sugiyono. 2007. Metodologi Penelitian Sosial. Bandung:Alfabeta.

Wahyuni, H. T., Setyosari, P., & Kuswandi, D. (2016). Implementasi Pembelajaran Tematik Kelas

Sd. Edcomtech, 1(2), 129–136.

Yulyani, Y., Kazumaretha, T., Arisanti




DOI: https://doi.org/10.58403/annuur.v14i1.340

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

An-Nuur publised by Institut Agama Islam Al Muhammad Cepu

Gambar terkait