STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM MENCEGAH ISLAMOFOBIA DI ERA DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.58403/annuur.v15i2.646Keywords:
Islamofobia, Pembelajaran Bahasa Arab, literasi digital, moderasi beragama, pembelajaran digitalAbstract
Islamofobia merupakan fenomena global yang ditandai oleh prasangka, diskriminasi, dan ketakutan terhadap Islam dan Muslim. Di era digital, penyebaran informasi yang tidak akurat melalui media sosial dan platform daring telah mempercepat penyebaran narasi Islamofobia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi Pembelajaran Bahasa Arab (PBA) dalam mencegah Islamofobia dengan mengintegrasikan pendekatan digital. Menggunakan metode kualitatif berdasarkan tinjauan pustaka, penelitian ini mengumpulkan data dari berbagai jurnal, buku, dan artikel ilmiah yang relevan. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa PBA memainkan peran strategis dalam membentuk pemahaman siswa tentang nilai-nilai Islam yang damai dan toleran. Strategi yang efektif meliputi pengintegrasian nilai-nilai moderasi ke dalam kurikulum, peningkatan literasi digital di kalangan guru dan siswa, dan pemanfaatan media digital sebagai alat pembelajaran agama yang menarik dan edukatif. Tantangan utamanya terletak pada rendahnya literasi digital di kalangan siswa, yang membuat mereka rentan terhadap hoaks dan narasi ekstremis. Oleh karena itu, sinergi antara guru, lembaga Pembelajaran, dan teknologi digital diperlukan untuk mengembangkan model pembelajaran PBA yang kontekstual dan responsif untuk mengatasi Islamofobia. Studi ini merekomendasikan penguatan peran guru sebagai fasilitator adaptif dan pengembangan kurikulum PBA berbasis digital yang menekankan moderasi dan Pembelajaran anti-hoaks.
References
Ahmed, N., Quinn, S. C., Limaye, R. J., & Khan, S. (2021). From Interpersonal Violence to Institutionalized Discrimination: Documenting and Assessing the Impact of Islamophobia on Muslim Americans. Journal of Muslim Mental Health, 15(2). https://doi.org/10.3998/jmmh.119
Aswar, H., Felani, H., Kunci, K., Masyarakat, P., & Service, C. (2024). Pemberdayaan Masyarakat : Strategi Memerangi Islamofobia melalui Diplomasi dan Komunikasi yang Efektif. 9(9), 1555–1563.
Hamidulloh, I. (2018). Analisis : Jurnal Studi Keislaman Strategi Membendung Islamofobia Melalui Penguatan Kurikulum Perguruan Tinggi Berwawasan Islam Aswaja Annahdliyah A . Pendahuluan Dinamika Islam di Indonesia sangat menarik . Secara faktual ada tiga kelompok , yang kiri ce. Keislaman, Jurnal Studi, 18(2), 121–146.
Karacan, D. (2023). Islamophobia and Values in Western Societies: An Analysis of the Impacts on Muslim Men of Islamophobic Attacks in the UK. Değerler Eğitimi Dergisi, 21(46), 425–449. https://doi.org/10.34234/ded.1366107
Muhamad Slamet Yahya. (2023). Transformasi Pembelajaran Bahasa Arabdi Era Digital: Implementasi Literasi Digital dalam Pembelajaran di Wilayah Banyumas. EDUKASIA: Jurnal Pembelajaran Dan Pembelajaran, 4(1), 609–616. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i1.317
Najmi, A., & Arifin, P. (2024). Strategi Mengatasi Ketakutan dan Prasangka Terhadap Islamophobia Bagi Umat Beragama. 2(3), 394–401.
Siti Nur Fitasari, & Fuad Mas’ud. (2023). “No Hijab in Workplace”: Discrimination against Muslim Women Employees in Indonesian Property Companies. Fikri : Jurnal Kajian Agama, Sosial Dan Budaya, 8(2), 196–208. https://doi.org/10.25217/jf.v8i2.4046
Syahda, A., Shanie, A., Nurul, Y., & Apriliyana, N. (2024). Pengaruh teks bahasa Arab dalam Memperkuat Sikap Moderat untuk Mengatasi Islamofobia. 1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
