Penerapan Metode Murajaah dalam Menguatkan Hafalan Al-Qur’an Studi di Panti Asuhan Syifa Kunduran

Khoirotun Nafi'ah, Sholihin Hasan, Lina Endah Nur Wahyuni

Abstract


ABSTRAK

Menghafal Al-Qur’an hukumnya adalah fardhu kifayah dan telah dijamin kemudahan menghafalnya oleh Allah, namun dalam tahap menjaga hafalan banyak yang terasa berat salah satu cara untuk mengatasinya ialah dengan menggunakan metode murajaah, yaitu mengulang-ulang kembali bacaan yang telah diperoleh agar tidak terlupa. Penulis fokus pada permasalahan; (a) bagaimana penerapan metode murajaah dalam menguatkan hafalan Al-Qur’an? (b) apa saja faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif lapangan, dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Pemeriksaan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi, yakni triangulasi sumber dan teknik. Hasilnya menunjukkan bahwa, (1) metode murajaah yang diterapkan di Panti Asuhan Syifa ada 5 teknik yaitu: Murajaah kepada guru, murajaah dengan penyimakan perorangan, murajaah dengan penyimakan kelompok, murajaah sendiri dan murajaah dengan cara penyimakan dua orang. Dari hasil tes hafalan yang telah dilakukan menunjykkan bahwa hafalan yang telah dimurajaahkan lebih kuat melekat dari pada hafalan yang belum dimurajaahkan (2) Faktor pendukung, (a) Dukungan penuh dari pihak pengasuh dan ustadz/ustadzah (b) Teman dan lingkungan sekitar (c) orang tua dan tempat menghafal. Adapun faktor penghambatnya: (a) Keterbatasan guru dan waktu (b) Keadaan santri yang meliputi latar belakang, kecapean, bosan dan malas

Kata kunci: Metode, murajaah, menghafal, Al-Qur’an


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahmad Rijali, Analisis Data Kualitatif, Jurnal Alhadharah UIN Antasari Banjarmasin, Vol. 17

No. 33 (Januari-Juni 2018).

Akhmad Kholid, Pembumian nilai-nilai Islam sebagai totalitas pedoman hidup unruk

mengontruksi kebahagiaan, (An-Nur: Jurnal Ilmiah STAI Almuhammad, 2020.

Albi Anggito & Johan Setiawan, Metodologi Penelitian Kualitatif, Sukabumi: Jejak Publisher, 2018.

Ahsantudhoni, Keutamaan Al-Qur’an dalam perspektif hadits, Lamongan: Academia publication,

Amjad Qasim. Sebulan Hafal Al-Qur’an, Solo: Zamzam, 2011.

Al-Faruq, umar,10 Jurus dahsyat hafal Al-Qur’an. Surakarta: Ziyad,2014.

Cece Ambulwaly, mengapa aku sulit menghafal Al-Qur’an, Sukabumi:Farha Pustaka, 2020.

Cece abdulwaly, pedoman murajaah Al-Qur’an, cet-10, Sukabumi: Farha Pustaka, 2020

Hardani dkk. Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu,2020.

https://kbbi.web.id/hafal diakses pada 30 Maret 2022

https://kbbi.web.id/wawancara.diakses tanggal 2 April 2022

https://qmc.binus.ac.id/2014/10/28/in-depth-interview-wawancara-mendalam/diakses tanggal 15

Juni 2022

I Wayan Suwendra, Metodologi Penelitian Kualitatif Dalam Ilmu Sosial, Pendidikan,

Kebudayaan, dan Keagamaan, Bali: Nila Cakra Publishing House, 2018.

Ma’had Yanbu’ul Qur’an. Al-Qur’an Dan Terjemahnya Bi Rasm Ustmani, Kudus: Mubarokatan

Tayyibah, t.t.p.

Mamik, Metodologi Kualitatif, Sidoarjo: Zifatana Publisher,2015.

Muhammad nadjib s, Jam’u Jamawi’ Al-Mutun Fii Fann Ash-Sharfi Wa Qawaa’idihi Billughoh

Al-Indonesia, Jatinegoro: kampoeng kyai,2014

Munawwir, Kamus Al-Munawwir, Cetakan 17, Surabaya: Pustaka progesif,1997.

Makhyaruddin, rahasia nikmatnya menghafal Al-Qur’an, Jakarta: Noura books,2013.

Rahmadi, Pengantar Metodologi Penelitian, Banjarmasin: Antasari press, 2011.

Rin Ardiani. Penerapan Metode Murajaah Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Di

Rumah Tahfizh Qur’an (Rtq) Ar-Raihan Kota Jambi, Skripsi: UIN Sulthan Thaha Saifuddin, Jambi, 2020.

Sandu Siyoto & M. Ali sodik, Dasar Metodologi Penelitian, Sleman, Literasi media

publishing,2015.

Sapriyansah, Pengaruh Metode Takrir Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an

Surat Surat Pendek Siswa Kelas V Di Mi Ma’rifatun Hasanah Kecamatan Sumber Harta Kabupaten Musi Rawas, Skripsi: IAIN Bengkulu,2021.

Siregar, Syaiful Azhar, Penerapan Metode Takrir Dan Muraja’ah Dalam Pembelajaran Al-Qur’an

Di Sd Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah Medan: Jurnal Edu Riligia. Vol 3 No.2 (April-Juni 2019)

Siti Tania, Efektivitas Penerapan Metode Tahfidz Dan Takrir Dalam Meningkatkan Hafalan Al-

Qur’an Mahasantri Putri Di Ma’had Al-Jami’ah Uin Raden Intan Lampung, Skripsi: Universitas Islam Raden iIntan Lampung, 2018

Subandi, Deskripsi Kualitatif Sebagai Satu Metode Dalam Metode Penelitian Pertunjukan. Jurnal

HARMONIA.volume 11, no 12 Desember 2011.

Sholihin, Penjamin Mutu Pendidikan Tahfidz Al-Qur’an, An-Nur: jurnal Ilmiah STAI

Almuhammad Cepu,XII,(2020)

Yasir, Muhammad dan ade jamaruddin, Study Al-Qur’an. Riau: Asa Riau, 2016




DOI: https://doi.org/10.58403/annuur.v12i2.156

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

An-Nuur publised by Institut Agama Islam Al Muhammad Cepu

Gambar terkait