Analisis Perilaku Anak dan Kemandirian Anak di Sekolah Berdasarkan Faktor Ekonomi Keluarga

Authors

  • Susanti Susanti Mahasiswa PGMI IAI Al Muhammad Cepu
  • Rohim Habibi IAI Al Muhammad Cepu

DOI:

https://doi.org/10.58403/annuur.v14i1.338

Keywords:

perilaku kemadirian anak faktor ekonomi

Abstract

Yang melatar belakangi penulis untuk melakukan penelitian ini karena adanya perbedaan sikap perilaku dan kemandirian pada anak, dan status ekomoni disetiap anak apakah menjadi penyebabnya, maka sebagai penulis ingin melakukan observasi kepada beberapa anak yang memiliki perilaku dan kemandirian  yang berbeda serta status ekonomi anak yang berbeda.

The background of the author to conduct this research is because there are differences in behavioral attitudes and independence in children, and the economic status of each child is the cause, so as the author wants to make observations to several children who have different behaviors and independence and different economic status of children.

References

Djamarah, Syaiful Bahri. 2014. Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga. Jakarta: Rineka

Cipta.

Fadhilah, T. N., Handayani, D. E., & Rofian, R. (2019). Analisis pola asuh orang tua terhadap motivasi

belajar siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 249-255.

Habibi, R., & Nugroho, W. A. (2020). Pendidikan Etika Lingkungan dalam Kultur Sekolah Dasar

Berbasis Agama dan Alam. Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 5(2),

-268.

Hamalik, oemar. (2002). Proses belajar mengajar. Jakarta: PT bani aksara

Haryono, E. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. An-Nuur,

(2).

Haryono, Eko, et al. STATISTIKA SPSS 28. Edited by Rismawati, N. CV WIDINA MEDIA UTAMA,

Mustofa, H., & Kaswari, H. (2023). STRATEGI MANAJEMEN DAN OPTIMALISASI PERAN MASJID

AN-NUUR DALAM LAYANAN PENDIDIKAN ISLAM: Sebuah Studi Kasus Kualitatif. An-Nuur,

(2).

Nurwati, R. N., & Listari, Z. P. (2021). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Keluarga Terhadap Pemenuhan

Kebutuhan Pendidikan Anak. Share: Social Work Journal, 11(1), 74-80.

Putri, V. M., & Suryana, D. (2022). Dampak Pendapatan Keluarga Terhadap Kemandirian Anak Usia

Dini. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 44-53.

Schiffman, L.G & Kanuk, L.L., 2008. Perilaku Konsumen. Edisi ke-7. Jakarta: PT. Indeks.

Slamet, S., Kusmanto, A., & Karjo, K. (2021). Analisis Pola Kerja Sama Antara Pengawas Kepala

Sekolah dan Guru dalam Pencapaian Standar Nasional Pendidikan (SNP) di Kabupaten

Blora. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10242-10261.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Suryana, D. (2013). Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Peraturan Menteri No.

Tahun 2009. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 13(2), 53-61.

Todaro, Michael. Pembangunan Ekonomi Di Dunia Ketiga. Jakarta: Erlangga, 2000.

Wirawan, Y. R. (2015). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi

Dan Perilaku Konsumsi Siswa. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 3(2)

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Susanti, S., & Habibi, R. (2024). Analisis Perilaku Anak dan Kemandirian Anak di Sekolah Berdasarkan Faktor Ekonomi Keluarga. An-Nuur, 14(1). https://doi.org/10.58403/annuur.v14i1.338