Problematika Pemanfaatan Sumber Dan Media Belajar Pada Guru PAI di MTs Hidayatussubban Dringo Todanan Blora

Authors

  • Nuril Hidayati
  • Afni Firdausia IAI Al Muhammad Cepu

DOI:

https://doi.org/10.58403/annuur.v11i1.19

Abstract

Salah satu cara untuk menunjang keberhasilan guru dalam proses belajar mengajar di kelas yaitu dengan menyediakan alat bantu yang disebut sumber dan media belajar. Sering kali penggunaan sumber dan media belajar tak sesuai dengan materi yang diajarkan sehingga mengakibatkan guru kurang maksimal dalam menyampaikan materi. Kurangnya pengetahuan tentang perkembangan ilmu pengetahuan juga menjadikan guru kesulitan dalam penggunanaan sumber dan media belajar di sekolah. Metode analisis yang digunakan ada tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Untuk pemeriksaan keabsahan data, peneliti menggunakan metode Triangulasi, dalam tehnik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI di MTs Hidayatussubban masih belum dapat menggunakan atau mengoperasikan sumber belajar yang ada disekitar lingkungannya secara tepat, dan penggunaan media yang kurang tepat juga menjadikan siswa kurang berkonsentrasi dalam menerima pelajaran.  .

References

Arief S. Sadiman, dkk, Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada, 2012.

Asnawir dan Usman, M. Basyirudin, Media Pembelajaran, Jakarta, Ciputat Pers, 2002. Cet. 1.

Asyhar, Rayandra, Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran, Jakarta, Referensi 2012. Cet. 1.

Burhan Bungin, Penelitian Kualitatif; Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu sosial Lainnya, Jakarta: Kencana, 2007.

Djamarah, Bahri, Syaiful ,Azwan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta, Rineka Cipta, 2010. Cet. 6.

E. Mulyasa, Standar Kompetensi Dan Sertifikasi Guru, Bandung: Remaja RosdaKarya, 2009. Cet. 4.

J Moleong, Lexy, 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nana Sudjana, Ahmad Rivai, Teknologi Pengajaran, Bandung, Sinar Baru Algesindo, 2009.

Rusman, Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer, Bandung, ALFABETA, 2012.

S. Nasution, Metodologi Penelitian Natualistik Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdyakarya, 1999.

Sabri, Ahmad, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta, Quantum Teaching, 2005. Cet. 1.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung, Alfabeta, 2009

Suharsimi Arikunto, Prosedur penelitian suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Downloads

Published

2021-04-05

How to Cite

Hidayati, N., & Firdausia, A. (2021). Problematika Pemanfaatan Sumber Dan Media Belajar Pada Guru PAI di MTs Hidayatussubban Dringo Todanan Blora. An-Nuur, 11(1). https://doi.org/10.58403/annuur.v11i1.19