PENGUATAN PENDIDIKAN BUDI PEKERTI PESERTA DIDIK MELALUI PENGEMBANGAN EMPATI DI SMP AL MUHAMMAD CEPU

Authors

  • Hartoyo Hartoyo hartoyo IAI AMC
  • Mustain Mustain Mustain IAI AMC
  • Hidayatul Mustofa STAI Al Muhammad Cepu

DOI:

https://doi.org/10.58403/annuur.v14i1.314

Keywords:

Budi Pekerti, Empati, Pendidikan karakter

Abstract

Salah satu pendekatan yang diterapkan dalam membentuk dasar pendidikan budi pekerti adalah dengan mengembangkan dan menumbuhkan empati pada peserta didik sejak usia dini. Pertumbuhan dan perkembangan empati pada peserta didik pada usia dini memiliki dampak signifikan pada perkembangan karakter dan perilaku mereka saat dewasa, karena akar empati telah ada dalam diri seseorang sejak lahir atau bahkan sejak bayi. Bagaimana empati berkembang sangat dipengaruhi oleh perlakuan orang tua terhadap bayi mereka, di mana kurangnya perhatian dan empati dari orang tua dapat menghambat perkembangan empati anak. Di lingkungan sekolah, guru dapat berperan dalam membangun empati dengan menyinkronkan emosi dengan peserta didik. Di SMP Al Muhammad Cepu, empati dapat dikembangkan melalui berbagai pendekatan, termasuk keteladanan, kisah moral, penggunaan kata-kata, pengalaman langsung, kebersamaan, dan pembiasaan

References

Kadir, Abd, and Latar Belakang. “Pendidikan Dan Internalisasi Nilai” 01, no. 01 (2013): 67–82.

Khairil Anwar. “Pendidikan Islam Kontemporer.” Repository UIN Raden Intan Lampung, 2009. http://repository.radenintan.ac.id/6005/1/KHAIRIL ANWAR - 1786108046.pdf.

Khotimah, Sita Husnul, and Muhammad Arfan. “Relevansi Kitab Maulid Simtudduror Karya Al Imam Al Habib Ali Bin Muhammad Alhabsyi Pada Nilai Akhlak.” Hikmah: Journal of Islamic Studies 17, no. 1 (2021): 70.

Muljawan, Asep. “Pengaruh Kepribadian Guru Yang Empati Terhadap Pembelajaran Efektif.” Jurnal Asy-Syukriyyah 17, no. 1 (2016): 71–83.

https://doi.org/10.36769/asy.v17i1.63.

Ni Putu Suwardani. “QUO VADIS” Pendidikan Karakter Dalam Merajut Harapan Bangsa Yang Bermartabat. Unhi Press, 2020.

Nurmalasari, Yuli, and Rizki Erdiantoro. “Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Dalam Perspektif Bimbingan Dan Konseling.” Quanta 4, no. 1 (2020): 44–51. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497.

Putri, Noni, and Rengga Satria. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Melaksanakan Penanaman Karakter Religius Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5, no. 2 (2021): 3831–36.

Sinaga, Janes, Ramlen Woran, and Juita Lusiana Sinambela. “Coram Mundo : Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen Pendidikan Karakter Dalam Era Milenial : Menjawab Tantangan Global Dan” 3, no. September (2021): 94–100.

Sulaiman, Moh, M. Djaswidi Al Hamdani, and Abdul Aziz. “Emotional Spiritual Quotient (ESQ) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kurikulum 2013.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 6, no. 1 (2018): 77. https://doi.org/10.36667/jppi.v6i1.156.

Ulfah, Ulfah, and Opan Arifudin. “Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik.” Jurnal Tahsinia 1, no. 1 (2019): 92–100. https://doi.org/10.57171/jt.v1i1.45.

Yahya, M. Slamet. Pendidikan Karakter Di Islamic Full Day School. Edited by Rahmini Hadi and Adi Purnomo Wartam. Pertama. Purwokerto: STAIN Press, 2019.

Falah, A., Ashar, A., & Mustofa, H. (2022). Peran Takmir Masjid dalam Pelaksanaan Pendidikan Islam di Masjid An-Nur Pojokwatu. An-Nuur, 12(2).

Ashar, A., Fatoni, I., & Hartoyo, H. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melalui Sholat Berjamaah. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 5(3), 383-391

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Hartoyo, H., Mustain, M., & Mustofa, H. (2024). PENGUATAN PENDIDIKAN BUDI PEKERTI PESERTA DIDIK MELALUI PENGEMBANGAN EMPATI DI SMP AL MUHAMMAD CEPU. An-Nuur, 14(1). https://doi.org/10.58403/annuur.v14i1.314

Most read articles by the same author(s)