Implementasi Pendidikan Inklusif Di Madrasah Sebagai Upaya Mewujudkan Pendidikan Ramah Anak
Abstract
Abstrak
Â
Salah satu permasalahan pendidikan di Indonesia adalah adanya diskriminasi pendidikan untuk peserta didik berkebutuhan khusus. Solusi dari permasalahan tersebut adalah diterapkannya pendidikan inklusi di madrasah untuk mewujudkan pendidikan yang ramah untuk anak. Tujuan dari implementasi pendidikan inklusif adalah untuk menunjang tercapainya program wajib belajar bagi anak berkebutuhan khusus. Adapun metode dari penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang mengungkap data deskriptif dan informan tentang upaya implementasi pendidikan inklusif di madrasah. Upaya yang dapat dilakukan untuk terwujudnya implementasi pendidikan inklusif untuk mewujudkan pendidikan ramah anak diantaranya: 1). Kerjasama dari beberapa pihak diantaranya peserta didik berkebutuhan khusus, wali kelas, guru mata pelajaran, orangtua peserta didik berkebutuhan khusus, pemerintah dan masyarakat, 2). Adanya tenaga pendidik yang berkompetensi dalam bidang pendidikan khusus, 3) Adanya pendampingan agar dapat menumbuhkan budaya yang inklusif di lingkungan madrasah tersebut, dan 4). Penggunaan fleksible curriculum yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing peserta didik yang dibuat berdasarkan karakteristik dari madrasah penyelenggara itu sendiri, tanpa mengesampingkan pedoman yang telah ada. Keywords: pendidikan inklusif, pendidikan ramah anak, anak berkebutuhan khusus.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.58403/annuur.v13i2.267
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
An-Nuur publised by Institut Agama Islam Al Muhammad Cepu