Dinamika Mutu Pendidikan Madrasah

Authors

  • Ahmad Taufik Taufik STAI BUMI SILAMPARI
  • Nurul Hidayat HIDAYAT STAI AMC
  • Hartoyo Hartoyo hartoyo STAI AMC

Abstract

Pendidikan Islam, termasuk madrasah, merupakan salah satu lembaga sosial tertua dan selalu mengalami dampak perubahan sosial dalam perkembangannya. Tidak ada keraguan bahwa perbedaan skor perbandingan antara sekolah umum dan pendidikan sekolah Islam berkontribusi pada konsensus tentang kepuasan dengan nilai-nilai Islam. Penulis melakukan penelitian dengan penelitian kualitatif diproses analisis dokumen data. Dualisme oposisional model pendidikan telah memicu spekulasi tentang beberapa aspek pendidikan Islam. Sejak pergantian abad, kemajuan pendidikan telah melampaui norma. Sekolah Islam (madrasah) didirikan atas prakarsa dan implementasi reformasi sistem pendidikan Islam yang ada. Madrasah sebagai lembaga pendidikan Islam kini masuk dalam sistem pendidikan nasional sebagai pendidikan sekolah. Dalam membangun paradigma keilmuan yang lebih tinggi harus dipahami dengan jelas bahwa kualitas pendidikan Islam atau madrasah impian semakin tinggi

References

Al-Abrasyi, Moh. Athiyah. Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam. Jakarta, Bulan Bintang, 2000.

Assegaf, Abdul Rachman. Filsafat Pendidikan Islam: Paradigma Baru Pendidikan Hadhari Berbasis Integratif-Interkonektif. Jakarta, Rajagrafindo, 2011.

Baharudin. Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial. Yogyakarta, Kurnia Kalam Semesta, 2011.

El Widdah, Minnah dkk. Kepemimpinan Berbasis Nilai dan Pengembangan Mutu Madrasah. Bandung, Alfabeta, 2012.

Maimun Agus, dan Agus Zaenul Fitri. Madrasah Unggulan: Lembaga Pendidikan Alternatif di Era Kompetitif. Malang, UIN Maliki Press, 2010.

Fadjar. Madrasah dan Tantangan Modernitas. Bandung, Mizan, 2008.

Nata, Abudin. Pengaruh Globalisasi Terhadap Pendidikan Islam. Bandung, Angkasa, 2000.

Shaleh, Abdul Rohman. Madarasah dan Pendidikan Anak Bangsa. Jakarta, Raja Grafindo Persada, 2014.

Siahaan, Amiruddin dkk. Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah. Ciputat, Quantum Teaching, 2016.

Syukur, Fatah. Manajemen Pendidikan Berbasis pada Madarasah. Semarang, Pustaka Rizki Putra, 2011.

Taufik, A. (2018). Etika Keluarga dalam Agama Terhadap Jati Diri Anak. El-Ghiroh, 14 (1), 94-102.

Taufik, A. (2019). Agama dalam Kehidupan Individu. Edification Journal, 1 (1), 57-67.

Taufik, A. (2019). Analisis Karakteristik Peserta Didik. El-Ghiroh: Jurnal Studi Keislaman, 16 (01), 1-13.

Taufik, A. (2022). Peningkatan Kualitas Pembelajaran dengan Model Probing Prompting di SMP Mangunharjo Tugumulyo Musi Rawas. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 11(1), 1-13. https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v11i1.367

Wahyosumidjo. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta, Rajawali Pers, 2003

Downloads

Published

2022-11-16

How to Cite

Taufik, A., Hidayat, N., & Hartoyo, H. (2022). Dinamika Mutu Pendidikan Madrasah. An-Nuur, 12(2). Retrieved from https://ejournal.iaiamc.ac.id/index.php/annuur/article/view/145