PENGARUH PRODUK PEMBIAYAAN MUROBAHAH TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DI BANK SYARIAH INDONESIA KCP BOJONEGORO SUROPATI

Eko Haryono, Muhammad Syaihul Anwari, Rita Wijianti

Abstract


Pesatnya perkembangan syariah dapat dilihat dari berkembangnya lembaga keuangan syariah yang meningkat pesat. Lembaga keuangan syariah menjadi solusi yang tepat atas kekhawatiran orang muslim dalam memilih lembaga jasa keuangan. Salah satu lembaga keuangan syariah yang ada di Indonesia saat ini adalah Bank Syariah Indonesia. Variabel dalam penelitian ini adalah pembiayaan murabahah sebagai variabel (x) independent dan kepuasan nasabah sabagai variabel (y) dependent. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif yaitu dengan analisis regresi linier sederhana yang memaparkan pengaruh variabel yang mempengaruhi keadaan tanpa memanipulasi variabel tersebut. Penelitian ini dilakukan di BSI KCP Bojonegoro Suropati. Hasil penelitian dari perhitungan menggunakan analisis regresi sederhana diketahui bahwa hasil nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 terdapat pengaruh positif signifikan antara pembiayaan murabahah terhadap kepuasan nasabah di di BSI KCP Bojonegoro Suropati.


Keywords


Pembiayaan Murabahah, Kepuasan Nasabah.

Full Text:

(19-26) PDF

References


Amir Abdullah, Strategi Pemasaran Asuransi Syariah Jakarta : Gresindo, 2007.

Amstrong Gary dan Kotler Phillip, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi XII, Jakarta : Erlangga, 2008.

Amsyari Fuad, Strategi Perjuangan Umat Islam Indonesia Bandung :Mizan, 2008.

Anoraga Pandji, Manajemen Bisnis, Jakarta : PT Rineka Cipta, 2004.

Antonio M. Syafi’I dan Atmadja Karnaen A. Perwatan, Apa dan Bagaimana Bank Islam,Yogyakarta : Dana Bhakti Wakaf, 2010.

Arviyan dan Rivai Veithzal dan, Islamic Banking : Sebuah Teori, Konsep dan Aplikasi,, Jakarta : PT Bumi Aksara, 2010.

Assauri Sofjan, Manajemen Pemasaran (Dasar, Konsep dan Strategi), Jakarta :RajaGrafindo, 2014.

Bungin Burhan, Metodologi Penelitian Sosial : Format-Format Kuantitatif danKualitatif , Surabaya : Airlangga University Press, 2001.

Djakfar Muhammad, Etika Bisnis Islam Tataran Teoritis dan Praktis, Jakarta 2002.

Eko Haryono. (2023). Pemberdayaan Ekonomi Islam Melalui Optimalisasi Zakat. Al Fattahejournalsmaalmuhammadcepu, 1(01), 17–30. https://www.ejournal.smaamc.sch.id/index.php/belajar/article/view/21.

Hamali Yusuf, Arif Pemahaman Strategi Bisnis & Kewirausahaan, Jakarta : PT Kharisma Putra Utama, 2016.

Ismail, Perbankan Syariah Jakarta : Kencana Prenadamedia Group, 2011.

Kasmir, Manajemen Dana Bank Syariah, Jakarta: Rajawali Pers, 2014.

-------, Perbankan, Jakarta : PT RajaGrafindo, 2015.

Keller Lane Kevin dan Kotler Phillip, Manajemen Pemasaran, Jakarta : Erlangga.

Komarudin Ade, Politik Hukum Integratif UMKM. Kebijakan Negara Membuat UMKM Maju dan Berdaya Saing, Jakarta : RMBOOKS, 2014.

Laksana Fajar, Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis, Yogyakarta : Graha Ilmu, 2008.

Muhammad, Tekhnik Perhitungan Bagi Hasil dan Profit Margin pada Bank Syariah, Yogyakarta : UII Press Ypgyakarta, 2001.

Nawawi Hadari, Manajemen Strategi Organisasi Non Profit Bidang PemerintahDengan Ilustrasi di Bidang Pendidikan , Yogyakarta : Gajah Mada Universitas Press, 2006.

Nazir Muhammad, Metode Penelitian, Cet. 3, Jakarta: Ghalia Indonesia 1988.

Sjahdeini Remy Sutan, Perbankan Syariah Produk-Produk dan Aspek Hukumnya, Jakarta : Kencana Prenamedia, 2014.

-------, Perbankan Islam dan Kedudukannya dalam Tata Hukum Perbankan, Jakarta : Pustaka Utama Grafitri, 2010.

Sudarsono Heri, Bank dan Lembaga Keungan Syariah Deskripsi dan Ilustrasi Yogyakarta : Ekonisia, 2008.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Link to:

                                                              

 

Economy, Business, and Financial Journal :

            Â