Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Bojonegoro Panglima Sudirman

Nurul Faizah, Agnisa Widayanti, Salma Khoirotunnisa Aribaat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan kualitas layanan dan kepuasan nasabah di BSI KC Bojonegoro Panglima Sudirman dan (2) untuk mengetahui dan mendiskripsikan pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah di BSI KC Bojonegoro Panglima Sudirman. Variabel dalam penelitian ini adalah berupa variabel dependent yaitu kualitas layanan(X)  dan variabel independent yaitu kepuasan nasabah (Y).  Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif yaitu dengan analisis regresi linier sederhana yang memaparkan pengaruh variabel yang mempengaruhi keadaan tanpa memanipulasi variabel tersebut. Penelitian ini dilakukan di BSI KC Bojonegoro Panglima Sudirman.

Hasil penelitian yang telah dilakukan dari secara teori dan hasil statistik diketahui bahwa kualitas layanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah pada BSI KC Bojonegoro Panglima Sudirman. Dengan adanya peningkatan kualitas pelayanan dari BSI maka hal tersebut dapat mempengaruhi kepuasan nasabah sehingga nasabah akan semakin merasa senang dan puas terhadap layanan yang diberikan BSI KC Bojonegoro Panglima Sudirman.

Keywords


Kualitas Layanan, Kepuasan Nasabah, BSI,

Full Text:

PDF

References


Ahmad Wajdi Mubarok, Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah pada BNI Fatmawati, Skripsi Universitas Muhammaddiyah Jakarta 2019, diakses pada tanggal 28-10-2022, jam: 22.00 wib

Agus, pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah pt bank mandiri persero tbk cabang pinrang, (Makassar: Universitas Alauddin Makassar,2018), diakses pada tanggal 11-10-2022, jam: 20.33 wib

Aryani, Dwi &Febrina Rosinta. Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Bisnis & Birokrasi, Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi, Mei-Agus 2010 Volume 17 Nomor 2, hlm. 114-126, ISSN 0854-3844.

Al Arif, M. Nur Rianto. Dasar-dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung : ALFABETA,CV 2012.

Apriani, Munica.Skripsi.Analisis Pengaruh Fasilitas, Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Mereferensikan (Studi Kasus Pada Konsumen Jasa Pelayanan Cuci Sepeda Motor dan Mobil Star Clean di Semarang). Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.2011.

Bayhaqi, Yuzza.Tesis.Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, dan Keunggulan Produk terhadap Kepuasan Pelanggan dan Dampaknya Pada Minat Membeli Ulang (Studi Kasus: Pada Auto Bridal Semarang.Magister Manajemen.Program Pascasarjana Universitas Diponegoro Semarang.2006.

Duwi, Priyatno.Spss 22: Pengolahan Data Terpraktis, Yogyakarta : C.V Andi Offset.2014.

Dewi Yanti Sudirman, Pengaruh Kualitas layanan terhadap kepuasan Nasabah produk tabungan britama pada pt. Bank Rakyat Indonesia (persero) tbk cabang a. yani. (Makassar : Universitas Hasanudin Makassar, 2011), diakses pada tanggal 11-10-2022 ,jam 00.23 WIB

Dr.Meithiana Indrasari , Pemasaran dan kepusan pelanggan, (Surabaya:Unitomo Press 2019), Ed. 1,Cet. -1, h.54

Exmawati, Septiana Dwi.Skripsi.Pengaruh Pelayanan dan Keunggulan Produk terhadap Kepuasan Nasabah di Bank Muamalat Tulungagung.Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Tulungagung. 2014.

Fidiyanti, Irma.Skripsi.Pengaruh Kualitas Layanan Atm Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Syariah Mandiri Kcp Perak Surabaya. Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel.Surabaya.2013.

Ghazali, Imam.Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif.Yogyakarta: Graha Ilmu. 2006.

Haryono, Eko, et al. STATISTIKA SPSS 28. Edited by Rismawati, N. CV WIDINA MEDIA UTAMA, 2023.

Haryono, E. (2023). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF DI PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM. An-Nuur, 13(2).

Husaini, M., & Apriliani, J. (2022). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN MELALUI PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH DI BSI KANTOR CABANG PEMBANTU BOJONEGORO SUROPATI. Al Iqtishadiyah: Journal of Islamic Economics and Finance, 1(1).

Hidayat, Rachmad.Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk dan Nilai Nasabah Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank Mandiri. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, Vol.11, No. 1, Maret 2009: 59-72

Kasmir, Etika Customer service, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2022), Ed. 1,Cet. -4, h.15-16

Muhammad, Manajemen Bank Syariah, (Yogyajarta: (UPP) AMP YKPN, 2002), hlm 15 diakses pada tanggal 10-10-2022, jam 22.30 WIB.

M. Zainu Wathani1a, Afiati Kurniasih2, Konsep Excellence Perbankan Syariah Berdasarkan Al-Qur’an, Vol.1 No.1, 2015 hlm.3 diakses pada tanggal 11-10-2022, jam 21.00 WIB

Sa’adah, U. N. M. (2018). Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas dan Firm Sizeterhadap Nilai Perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Indeks (JII) Periode 2011-2015. IQTISHADUNA, 9(1), 80-88.

Sa’adah, U. N. M., & Indana, R. (2023). Analysis of Capital Structure and Profitability on Firm Value of Companies Listed on the Sharia Stock List. Journal of Accounting Inquiry, 2(2), 096-104.

Sa'adah, U. N. M., Naimah, I. J., & Yunitasari, D. (2021). Analisis Stuktur Modal Dan Profitabilitas Nilai Perusahaan Yang Terdaftar Di Daftar Efek Syariah. An-Nuur, 11(2).

Sa'adah, U. N. M., Wahyudin, M., & Husaini, M. (2022). STRUKTUR MODAL DALAM KEUANGAN SYARIAH. An-Nuur, 12(2).

Sangadji,Etta Mamang dan Sopiah.Perilaku Konsumen. Yogyakarta : Andi Offset, 2013, hal 100 diakses pada tanggal 2-12-202, jam 09.24 WIB.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, .Bandung: ALFABETAA.2022, h.99

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: ALFABETAA.2016, h. 8

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: ALFABETA.2016, H.81

Widayanti, A., & Candrasari, R. (2021). Pengaruh Badan Usaha Miliki Desa terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta. Nomicpedia: Journal of Economics and Business Innovation, 1(1), 52-66.

https://coachfianda.com/2019/05/28/5-elemen-excellent-service/, diakses pada tanggal 17-10-2022, jam: 01.04 wib

https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/1082-Full_Text.pdf, diakses pada tanggal 10-10-2022, jam: 23.00 wib

https://repository.ump.ac.id/9757/3/Lutfian%20Prisnandika_BAB%20II.pdf, diakses pada tangal 17-10-2022, jam: 21.21 wib

https://repository.uin.suska.ac.id/19914/7/7.%20BAB%20II%20%281%29.pdf, diakses pada tanggal 17-10-22, jam 00.11 wib

http://repository.syekhnurjati.ac.id/282/1/CUCU%20SETIADI_07320087___ok.pdf, diakses pada tanggal 21-10-2022, jam: 23.43 wib

https://sc.syekhnurjati.ac.id/esscamp/risetmhs/BAB21410220118.pdf, diakses pada tanggal 12-10-2022, jam: 00.36 wib

http://scholar.google.com diakses pada tanggal 23-10-2022, jam: 20.40 WIB.

http://www.labora.ac.id/sjurnal/D-JURNAL-6-MKT-AW.PDF, diakses pada tanggal 16-10-2022, jam: 22.23 wib

https://www.qiscus.com/id/blog/elemen-service-quality-dan-pentingnya-untuk-kepuasan-pelanggan/, diakses pada tanggal 16-10-2022, jam: 21.49 wib

https://www.kajianpustaka.com/2021/01/kepuasan-konsumen.html, diakses pada tanggal 21-10-2022, jam: 20.34 wib


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Link to:

                                                              

 

Economy, Business, and Financial Journal :

            Â