Pengaruh Kualitas Produk Simpanan Mudharabah Terhadap Kepuasan Anggota di Koppontren Baitul Muamalat Al Hikmah (BMA) Cabang Jepon

Rumiyati Rumiyati, Agnisa Widayanti, Kusairi Kusairi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kualitas produk simpanan mudharabah di BMA Cabang Jepon, (2) kepuasan anggota di BMA Cabang Jepon, (3) pengaruh kualitas produk simpanan mudharabah terhadap kepuasan anggota di BMA Cabang Jepon.

Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif, dan sampel dalam penelitian ini adalah anggota simpanan mudharabah, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, dengan menyebarkan kuesioner kepada 60 responden. Hasil penelitiannya adalah (1)Kualitas produk simpanan mudharabah di BMA Cabang Jepon tergolong baik, hal ini ditunjukan dengan rata-rata distribusi jawaban responden sebesar 4,23 dengan nilai presentase jawaban sebesar 85%, nilai ini berada diantara 81%-100% yang artinya sangat baik. (2) Kepuasan anggota di BMA Cabang Jepon tergolong baik, hal ini ditunjukan dengan rata-rata distribusi jawaban responden sebesar  4,21 dengan nilai presentase jawaban sebesar 86% dimana nilai ini berada diantara 81%-100%, yang berarti sangat baik. (3)   Kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan anggota, hal ini ditunjukkan dengan hasil pengujian hipotesis bahwa nilai thitung > ttabel atau 3,299 > 2,002 dengan nilai signifikansi < taraf signifikansi 5% yaitu 0,002 < 0,05, maka h0 ditolak dan ha diterima, yang artinya terdapat pegaruh secara signifikan antara kualitas produk terhadap kepuasan anggota.

Keywords


Kualitas Produk, Kepuasan Anggota, BMA

Full Text:

PDF

References


Ajija, Shochrul Romatul dkk. 2018. Koperasi BMT: Teori, Aplikasi dan Inovasi. Karanganyar. Tersedia dalam Google Books

Candrianto. 2021. Kepuasan Pelanggan Suatu Pengantar. Malang: Literasi Nusantara.

Daryanto, Setyabudi Ismanto. 2014. Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Penerbit Gaya Media.

Edyansyah, T. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk (Studi Kasus Pada Bank Manciri Cabang Lhokseumawe Pendopo). In Prosidin Seminar Nasional Ekonomi 2014 “Kesiapan Daerah Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015”. Fakultas Ekonomi- Universitas Malikussaleh.

Firmansyah, Anang. 2019. Pemasaran Produk dan Merek: Planing dan Strategy. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Haryono, E. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. An-Nuur, 13(2).

Haryono, Eko, et al. STATISTIKA SPSS 28. Edited by Rismawati, N. CV WIDINA MEDIA UTAMA, 2023.

Husaini, M., & Nadifah, N. A. N. N. A. (2023). KONSEP EKONOMI DAN PERBANDINGANNYA ANTARA KAPITALIS, SOSIALIS DAN ISLAM. Al Fattah Ejournal Sma Al Muhammad Cepu, 2(02), 36-56.

HARYONO, E. (2023). ANALISIS PENGARUH BEASISWA KIP TERHADAP PRESTASI MAHASISWA IAI AL MUHAMMAD CEPU DENGAN PENDEKATAN VARIABEL DUMMY. Riemann : Research of Mathematics and Mathematics Education, 5(2), 35–43. https://doi.org/10.38114/riemann.v5i2.5

Ibrahim, M., & Thawil, S. M. 2019. Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1): 175-182.

Indrasari, Meithiana. 2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Utomo Press.

Kamelta, Edno. 2013. Pemanfaatan Internet Oleh Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Jurnal Teknik Sipil, 1(2).

Kementrian Agama RI. 2010. Ar-rahim Al-Qur’an dan Terjemahan, Bandung: CV Mikhraj Khazanah Ilmu.

Maruta, H. 2016. Akad Mudharabah, Musyarakah, dan Murabahah Serta Aplikasinya Dalam Masyarakat. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 5(2).

Maulana, Ade Syarif. 2016. Pengeruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. TOI. Jurnal Ekonomi Universitas Esa Unggul, 7(2).

Nuralam, Inggang Perwangsa. 2017. Etika Pemasar dan Kepuasan Konsumen Dalam Pemasaran Perbankan Syariah. Malang: UB Press.

Pangastuti, R. L. 2017. The Influence of Experiential Marketing And Service Quality For Being Reasonability of Customers Loyality Farming (Case Study of Beauty Saloon of London Beauty Center “LBC”). Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 2(2).

Permana, M. V. 2013. Peningkatan Kepuasan Pelanggan melalui Kualitas Produk dan Kualitas Layanan. JDM (Jurnal Dinamika Manajemen), 4(2).

Rahmayanti, Nina. 2010. Manajemen Pelayanan Prima. Yogyakarta: Graha Media.

Sa’adah, U. N. M., & Indana, R. (2023). Analysis of Capital Structure and Profitability on Firm Value of Companies Listed on the Sharia Stock List. Journal of Accounting Inquiry, 2(2), 096-104.

S, Burhanudin. 2010. Lembaga Perbankan Syariah. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sigit, K. N., & Soliha, E. 2017. Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah. Jurnal Keuangan dan Perbankan, 21(1).

Soemitra, Andi. 2018. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah, Edisi Kedua. Jakarta: KENCANA

Sofiana, T. 2014. Konstruksi Norma Hukum Koperasi Syariah dalam Kerangka Sistem Hukum Koperasi Nasional. Jurnal Hukum Islam.

Suryani dan Hendryadi. 2015. Metode Riset Kuantitatif: Teori dan Aplikasi pada Pnelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Edisi pertama. Jakarta: Prenadamedia Group.

UNIBA, F. H., & Nourma Dewi. 2017. Regulasi Keberadaan Baitul Maal Wat Tamwil (bmt) dalam Sistem Perekonomian di Indonesia. Serambi Hukum, 11(01).

Ni’matus Sa’adah, U. (2018). Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas dan Firm Sizeterhadap Nilai Perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Indeks (JII) Periode 2011-2015. IQTISHADUNA, 9(1), 80–88. https://doi.org/10.20414/iqtishaduna.v9i1.688

Wahyudin, M., Susianti, N., & Fakhiro, S. H. (2022). PERANAN PEMBIAYAAN BANK SYARIAH DALAM MENINGKATKAN USAHA MIKRO DAN MENENGAH (STUDI KASUS BSI KCP PATI TAHUN 2022). Al Iqtishadiyah: Journal of Islamic Economics and Finance, 1(1).

Widayanti, A., & Candrasari, R. (2021). Pengaruh Badan Usaha Miliki Desa terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta. Nomicpedia: Journal of Economics and Business Innovation, 1(1), 52-66.

Wulandari, N., & Mudiantono, M. 2013. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Konsumen Kopikita Semarang). Doctoral Dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

Yusuf, Yusfita dkk. 2020. Pengantar Dasar Statistika Berbasis Masalah. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Link to:

                                                              

 

Economy, Business, and Financial Journal :

            Â