ANALISIS PERAN PROMOSI TERHADAP PERKEMBANGAN JUMLAH NASABAH DI BANK SYARIAH INDONESIA KC BOJONEGORO TAHUN 2022

Ulfa Ni’matus Sa’adah, Siti Novia Handayani

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan umum dan khusus. Tujuan umum adalah untuk mengetahui strategi promosi, sedangkan tujuan umum adalah  1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan promosi pada  Bank Syari’ah Indonesia  KC Bojonegoro. 2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan perkembangan  jumlah nasabah di Bank Syari’ah Indonesia KC Bojonegoro beberapa  Bulan terakhir.3) Untuk mengetahui  dan mendeskripsikan analisis peran promosi terhadap perkembangan  jumlah nasabah di  Bank Syari’ah Indonesia KC Bojonegoro. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field Research) dengan mengunakan metode kualitatif. Hasil Penelitian ditemukan bahwa (1) Strategi promosi yang digunakan oleh Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Bojonegoro dalam meningkatkan jumlah nasabah selama bulan januari- agustus 2022 adalah memiliki kesamaan yaitu publisitas, promosi penjualan dan periklanan yang paling sering digunakan. Selanjutnya yang jarang digunakan adalah personal selling. (2) Strategi promosi yang lebih efektif dalam meningkatkan jumlah nasabah adalah publisitas. Hal ini karena Bank Syariah KC Bojonegoro ingin lebih mendekatkan kepada masyarakat Bojonegoro, dan pihak bank lebih mengenal strategi ini dengan sebutan silaturahhmi.

 

 


Keywords


Strategi Promosi, Promosi, Periklanan, Promosi Penjualan, Penjualan Pribadi, Publisitas

Full Text:

(11-18) PDF

References


Agustin, Hamdi. 2017. Studi Kelayakan Bisnis Syariah. Depok: PT Raja Grafindo.

Alma, Buchari. 2018. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Anang Firmansyah, M. 2020. Komunikasi Pemasaran. Surabaya: Qiara Media cet.1.

Aprilia, Nia. 2021. Skripsi Pengaruh Promosi Terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah Pada Produk Tabungan Emas Di PT Pegadaian Syariah Unit Cikpuan Pekanbaru ( diakses pada repository.uin-suska.ac.id, tanggal 10 september 2022, jam 08: 45 WIB.

Assauri, Sofjan. 2014. Manajemen Pemasaran, Jakarta: Rajawali Pers.

Departemen Agama RI. 2002. Al Qur’an dan terjemahannya. Jakarta: Darus Sunnah.

Eko Saputro, Herwan. 2018. Skripsi Pengaruh Promosi Terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah Pada BMT Mentari Simbarwaringin( diakses pada repository.metro.ac.id , tanggal 9 September 2022, jam 10:45 WIB

Eko Haryono. (2023). Pemberdayaan Ekonomi Islam Melalui Optimalisasi Zakat. Al Fattahejournalsmaalmuhammadcepu, 1(01), 17–30. https://www.ejournal.smaamc.sch.id/index.php/belajar/article/view/21

Fitriana Sitorus, onny. 2017. Strategi Promosi Pemasaran, Jakarta: universitas Muhammadiyah.

Hadist Shahih Muslim Kitab Zakat, https://www.hadist.id/hadist/muslim/1669, ( Diakses pada tanggal 9 september 2022)

http://repo.unand.ac.id ( Diakses pada tanggal 9 sepember 2022)

http://repository.radenintan.ac.id ( Diakses pada tanggal 30 juli 2022)

https://ejurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/JIPN/article/view/306/203 ( Diakses pada tanggal 16 september 2022)

https://ilmuislam.id/hadist/perawi/1/abu daud( Diakses pada tanggal 9 september 2022)

https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ad/article/download ( Diakses pada tanggal 9 september 2022)

https://kbbi.kemdikbud.go.id/ perkembangan (Diakses pada tanggal 16 september 2022)

https://kbbi.kemdikbud.go.id/jumlah (Diakses pada tanggal 16 september 2022)

https://uin-antasari.ac.id ( Diakses pada tanggal 9 september 2022)

https://uinsgd.ac.id/bersikap-ramah ( Diakses pada tanggal 9 september 2022)

Indaryati. 2021. Skripsi Analisis Pengetahuan Nasabah Terhadap Produk Bmt Najmul Ummah Kecamatan Kasiman Kabupaten Bojonegoro. STAI Al Muhammad Cepu.

Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis Volume 1 No 5 2016 Dalam https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article ( Diakses Pada tanggal 16 september 2022)

jurnal Ramsiah Tasruddin Volume 2 No.1 2015 dalam https://journaluin-alaudin.ac.id/index.php/Al-kitabah/article/view ( Diakses pada tanggal 9 september 2022)

Khusnul Khotimah, Martina. 2017. Skripsi Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah Pada Produk Pembiayaan Griya IB Hasanah Di BNI Syariah Cabang Bengkulu ( Diakses pada repository.iainbengkulu.ac.id, tanggal 10 September 2022, jam 08:30 WIB.

Nur Rianto Al Arif, M. 2019. Dasar- Dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung: Alfabeta.

Putra, Ardhasyah & Dwi Saraswati. 2020. Bank Dan Lembaga Keuangan Lainnya, ( Surabaya: Jakad Media Publishing.

Radhan, Muhammad. 2021. Metode Penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara.

Sarina. 2019. Skripsi Peran Promosi Terhadap Perkembangan Bank Syari’ah Mandiri (diakses pada repository.iainpalopo.ac.id, tanggal 10 september 2022, jam 09:00 WIB.

Sugiyono.2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wawancara dengan Bapak Pamungkas Yudhar Selaku Sharia Funding Executif Bank Syariah Indonesia KC Bojonegoro

Wawancara dengan ibu Ira Selaku Nasabah Bank Syariah Indonesia KC Bojonegoro

Wawancara dengan ibu Rulia Irmawati Selaku Back Office Bank Syariah Indonesia KC Bojonegoro

Wiratna Sujarweni, V. 2015. Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Link to:

                                                              

 

Economy, Business, and Financial Journal :

            Â