Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Bojonegoro Tahun 2021

Muhammad Alwan Aziz, Eko Haryono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Kepememimpinan di Bank Syariah KC. Bojonegoro, Kinerja Karyawan di Banks Syariah Indonesia KC. Bojonegoro, Pengaruh Kepemimpinan terhadap kinerja karyawan di Bank Syariah Indonesia KC. Bojonegoro.      

          Dalam Penelitian ini Kepemimpinan sebagai variabel independen, sedangkan kinerja karyawan sebagai variabel dependen. Jenis Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan. Sedangkan metode pengumpulan data nya menggunakan kuesioner, dokumentasi, dan observasi.

          Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil bahwa dalam penelitian ini adalah bahwa Kepemimpinan di Bank Syariah Iindinesia KC. Bojonegoro adalah kepemimpinan yang menerapkan kepemimpinan Autocratic Leader, karena Seorang pemimpin yang autocratic menganggap bahwa semua kewajiban untuk mengambil keputusan, untuk menjalankan tindakannya dan untuk menggerakkan, serta mengawasi dan memberi motivasi karyawan terpusat ditangannya. Seorang pemimpin autocratic merumuskan bahwa pimpinanlah yang memutuskan dan punya perasaan bawahannya tidak mampu untuk mengarahkan diri mereka sendiri. Kinerja Karyawan di Bank Syariah Indonesia KC, Bojonegoro adalah kinerja yng memperhatikan mengenai kualitas dan kuantitas. Maka dari itu untuk meningkatkan kinerja yang berkualitas membutuhkan kinerja yang efektif dan efisien dalam hal ketepatan waktu, teamwork dan bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan kepada pimpinan Bank Syariah Indonesia. Pengaruh Kepemimpinan terhadap kinerja karyawan di Bank Syariah Indonesia KC. Bojonegoro berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Hal ini dibuktikan dengan thitung variabel kepemimpinan adalah 3,400 dan nilai ttabel 2,048 maka thitung 3,400 > ttabel 2,048 ,dan sedangkan untuk signifikan (0,002 < 0,05). Berdasarkan analisis tersebut maka kepemimpinan dapat berpengaruh langsung terhadap kinerja karyawan.

 

Kata kunci : Kepemimpinan, Kinerja Karyawan, BSI


Keywords


Kepemimpinan, Kinerja Karyawan, BSI

Full Text:

(66 - 76) PDF

References


Aldi, (2014), Analisis Fungsi Kepemimpinan Camat Kubu Kabupaten Rokan Hilir, https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/view/2831/2746

Any Isvandiari & Bagus Al Idris, (2018), Pengaruh Kepemimpinan Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Central Capital Future Cabang Malang, Jurnal JIBEKA

Ellisyah Mindari, (2020), Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Kecamatan Cambai Kota Prabumulih, Integritas Jurnal Manajemen Profesional.

Erdiansyah, (2012), Tipe Kepemimpinan Demokratis Dalam Meningkatkan Efektivitas Kerja Karyawan Pada CV. Patakaran Palembang, Jurnal Media Wahana Ekonomika.

Heni Rohaeni, (2016), Model Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan, Ecodemica.

Kasminto & Sjamsuddin, “Modul : Kepemimpinanâ€, (2007).

Muhammad Najib, (2019). Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Hevea Bumi Sriwijaya, Jurnal Media Wahana Ekonomica.

Nazmi Akbar, (2017), Tipe dan Gaya Kepemimpinan Pendidikan dan Dakwah, Alhiwar Jurnal Ilmu dan Teknik Dakwah.

Puji Lastri T. Sihombing & Maria Ulfa B., (2019), Strategi Peningkatan Kinerja Karyawan Dalam Pencapaian Tujuan Perusahaan Di CV Multi Baja Medan, Jurnal Publik Reform.

Sri Utari & Moh. Mustofa Hadi, (2020) Gaya Kepemimpinan Demokratis Perpustakaan Kota Yogyakarta (Studi Kasus), Jurnal Pustaka Ilmiah.

Sa’adah, U.N.M., 2018. Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas dan Firm Sizeterhadap Nilai Perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Indeks (JII) Periode 2011-2015. IQTISHADUNA, 9(1), pp.80-88.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Link to:

                                                              

 

Economy, Business, and Financial Journal :

            Â