KONSEP DASAR SISTEM EVALUASI PEMBELAJARAN DI SEKOLAH

Authors

  • Liana Sari Institus Agama Islam Al Muhammad Cepu
  • Choerul Huda IAI Al Muhammad Cepu

Keywords:

Konsep Dasar, Evaluasi Pembelajaran, Sekolah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran bagaimana proses evalausi pembelajaran di sekolah. Pendekatan yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini bersifat kualitatif, dengan fokus utama pada evaluasi pembelajaran di kelas. Metode yang digunakan adalah metode studi literatur, yang memanfaatkan topik dari penelitian tertentu untuk mendukung pengidentifikasian pertanyaan penelitian secara spesifik, serta mengolah bahan dari berbagai peneliti dan buku-buku yang relevan. Berdasarkan analisis data, diketahui bahwa evaluasi pembelajaran di kelas merupakan proses penentuan nilai belajar dan efektivitas pembelajaran, yang dilakukan melalui kegiatan penilaian dan pengukuran.

Author Biography

Liana Sari, Institus Agama Islam Al Muhammad Cepu

-

References

Asrul, Abdul Hasan Saragih, Mukhtar. (2022). Evaluasi Pembelajaran. Medan: Perdana Publisher.

Bisri, M. I. H. (n.d.). Penilaian Otentik Dengan Teknik Nontes Disekolah Dasar. Jurnal Sosial Humaniora, 6 (2).

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. CV Kaaffah Learning Center.

Fatzuarni, M. (2022). Pentingnya Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1–10.

Febriana, R. (2019). Evaluasi Pembelajaran. Fitrianti, L. (n.d.). IMPLEMENTASI PRINSIP-PRINSIP EVALUASI DALAM PROSES PENILAIAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 18 PEKANBARU. Journal of the American Chemical Society, 123 (10), 2176–2181. https://shodhganga.inflibnet.ac.in/jspui/handle/10603/7385

Haryanto. (2020). Evaluasi Pembelajaran: Konsep dan Manajemen. Yogyakarta: UNY Press.

Hasim, H., Hasniah, H., & Arsyam, M. (2021). Teknik Dan Bentuk Evaluasi Hasil Belajar. Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI) Kota Makassar, Indonesia.

Idrus. (2019). EVALUASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN. 2, 920–935.

Irawan, I. (2020). Klasifikasi Model Dan Teknik Evaluasi Pembelajaran. Islamika, 12 (1), 31–44. https://doi.org/10.33592/islamika.v12i1.406

Kasman. (2019). Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9 (2), 920–935. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v9i2.427

Magdalena, I., Fauzi, H. N., & Putri, R. (2020). Pentingnya Evaluasi Dalam Pembelajaran Dan Akibat Memanipulasinya. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2 (2), 244–257. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Miftha Huljannah. (2021). Pentingnya Proses Evaluasi Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Educator (Directory of Elementary Education Journal), 2 (2), 164–180. https://doi.org/10.58176/edu.v2i2.157

Muhammad Ilyas Ismail. (2020). Evaluasi Pembelajaran: Konsep Dasar, Prinsip, Teknik Dan Prosedur. Depok: Rajawali Pers.

Nuriyah, N. (2014). Evaluasi Pembelajaran: Suatu Tinjauan Teoritis. Jurnal Edueksos, 3 (1), 73-86. https://doi.org/10.1165/rcmb.2013-0411OC

Sawaluddin, S., & Muhammad, S. (2020). Langkah-Langkah dan Metode Evaluasi Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 6 (1). https://doi.org/10.18592/ptk.v6i1.3793

Suarga, S. (2019). Esensi, Tujuan, Dan Peranan Evaluasi Dalam Pengembangan Pembelajaran. Inspiratif Pendidikan, 8 (1), 327–338. https://doi.org/10.24252/ip.v8i1.7844

Susanti, S., & Habibi, R. (2024). Analisis Perilaku Anak dan Kemandirian Anak di Sekolah Berdasarkan Faktor Ekonomi Keluarga. An-Nuur, 14(1). https://ejournal.iaiamc.ac.id/index.php/annuur/article/view/338

Downloads

Published

2024-09-18