Pengaruh Pemasaran Produk Syariah terhadap Peningakatan Dana Pihak Ketiga pada Bank Syariah Indonesia Bojonegoro
Keywords:
Dana Pihak Ketiga, Produk Perbankan SyariahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendskripsikan (1) pemasaran produk syariah di Bank Syariah Indonesia KC Bojonegoro, (2) dana pihak ketiga di Syariah Indonesia KC Bojonegoro, (3) Pengaruh pemasaran produk syariah terhadap peningkatan dana pihak ketiga di Syariah Indonesia KC Bojonegoro. Dalam penelitian ini pemasaran produk syariah sebagai variabel independent, sedangkan peningkatan dana pihak ketiga sebagai variabel dependen. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sedangkan metode pengumpulan datanya menggunakan wawancara, dokumentasi dan kuisioner. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil bahwa (1) pemasaran produk syariah di Bank Syariah Indonesia KC Bojonegoro tergolong sangat baik hal ini ditunjukkan dengan rata-rata sebesar 46,8 dengan nilai presentase jawaban sebesar 85% yang dimana nilai ini berada diantara 81%-100% sehingga dapat disimpulkan bahwa pemasaran produk syariah di Bank Syariah Indonesia KC Bojonegoro tergolong sangat baik, (2) dana pihak ketiga di Syariah Indonesia KC Bojonegoro tergolong sangat baik hal ini ditunjukkan dengan rata-rata sebesar 25,9 dengan nilai presentase jawaban sebesar 86% yang dimana nilai ini berada diantara 81%-100% sehingga dapat disimpulkan bahwa pemasaran produk syariah di Bank Syariah Indonesia KC Bojonegoro tergolong sangat baik, (3) Pengaruh pemasaran produk syariah terhadap peningkatan dana pihak ketiga di Syariah Indonesia KC Bojonegoro berpengaruh positif, hal ini ditunjukkan dengan hasil pengujian hipotesis bahwa nilai thitung > ttabel atau 3,299 > 2,002 dengan nilai signifikasi < taraf signifikasi 5% atau 0,002 < 0,05, H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat pengaruh secara signifikan antara pemasaran produk syariah terhadap peningkatan dana pihak ketiga.References
Amir Mahmud dan Rukmana. 2019. Bank Syariah Teori, Kebijakan dan Studi Empiris di Indonesia. Jakarta: Erlangga
Amirullah dan Sri Budi Cantika. 2000. Manajemen Strategi. Yogyakarta: Graha Ilmu
Amrin, Abdullah. 2007. Strategi Pemasaran Asuransi Syariah. Jakarta: Grasindo
Anggreani, Eka Agus. 2020. Jurnal Evaluasi Teknik Pemasaran Produk Bank Syariah. Bengkulu
Antonio, Muhammad Syafi’i. 2001. Bank Syariah dari Teori ke Praktek. Jakarta: Gema Insani Press
Ayus Ahmad Yusuf dan Abdul Aziz. 2009. Manajemen Operasional Bank Syariah. Cirebon: STAIN Press
Bashu Swastha DH dan Irawan . 1997. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty Yogyakarta
Cholid Narbuko & Abu Achmadi. 2016. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI. 1997. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Dokumen Bank Syariah Indonesia KC Bojonegoro
Efendi, Onong Uchyana. 1992. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Eko Haryono. (2023). Pemberdayaan Ekonomi Islam Melalui Optimalisasi Zakat. Al Fattahejournalsmaalmuhammadcepu, 1(01), 17–30. Retrieved from https://www.ejournal.smaamc.sch.id/index.php/belajar/article/view/21
Gufron, Sofiniyah. 2005. Konsep dan Implementasi Bank Syariah. Jakarta: Renaisan
Haryono, E., Slamet, M., & Septian, D. (2023). STATISTIKA SPSS 28.
Haryono, Eko, et al. STATISTIKA SPSS 28. Edited by Rismawati, N. CV WIDINA MEDIA UTAMA, 2023.
Harahap, Sofyan Syafri. 2004. Akuntansi Islam. Jakarta: Bumi Aksara
Hermawan Kertajaya dan Syakir Sula. 2006. Syariah Marketing. Bandung
https://www.bankbsi.co.id/company-information/tata-kelola/dokumen/anggaran_dasar diakses pada 21 agustus 2022
https://ir.bankbsi.co.id/vision_mission.html diakses pada 21 agustus 2022
https://ir.bankbsi.co.id/vision_mission.html diakses pada 21 agustus 2022
Gozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SSPS 19. Semarang: Universitas Diponegoro
Indonesia dan undang-undang RI nomor 21 tahun 2008 tentang Perbankan Syariah. Bandung: Citra Umbara
Karim, Adiwarman A. 2010. Bank Islam Analisis Fiqih dan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Kasmir. 2015. Menejemen Perbankan, Jakarta: Rajawali Pers
Kementrian Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahan, 2019
Maruta, Heru. 2016. Akad Mudharabah, Musyarakah, dan Murabahah Serta Aplikasinya Dalam Masyarakat. Jurnal Ekonomi Kita
Meilita, Nita. Jurnal Pengaruh Sumber Dana Pihak Ketiga Terhadap Profitabilitas Pada Bank Syariah, Cirebon: 2011
Muhammad. 2016. Sistem Bagi Hasil dan Pricing Bank Syariah. Yogyakarta: UII Press
Muslich, Ahmad Wardi. 2010. Fiqh Muamalat. Jakarta: Amzah
Nuh, M. 2010. Dasar-dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung: Alfabeta
Pengaruh Sumber Dana Pihak Ketiga, 11 Februari 2021, https://core.ac.uk/
Philip Kotler dan Gary Arinstrong. 2004. Dasar-dasar Pemasaran Penerjemah Alexander Doro. Jakarta: PT. Indeks
Siagian, Sondang. 1986. Analisis serta Perumusan Kebijakan dan Strategi Organisasi. Jakarta: Gunung Agung
Siregar, Syofyan. 2010. Statistika Deskriptif untuk Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta
Sujarweni, V. Wiratna. 2019. Metodologi Penelitian Bisnis Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press
Supratikno, Hendrawan. 2003. Advanced Strategic Management; Back to Basic Approach. Jakarta: PT. Gravindo Utama
Taswan. 2010. Manajemen Perbankan, Konsep, Teknik dan Aplikasi. Yogyakarta: UPP STIM YKPN
Umar, Husein. 2000. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Undang-undang RI nomor 6 tahun 2009 tentang Bank Indonesia dan undang-undang RI nomor 21 tahun 2008 tentang Perbankan Syariah. Bandung: Citra Umbara
Undang-undang RI nomor 6 tahun 2009 tentang Bank Indonesia dan undang-undang RI nomor 21 tahun 2008 tentang Perbankan Syariah
Wiyono, Slamet. 2005. Akutansi Perbankan Syariah. Jakarta: PT. Garsindo
Zulkifli, Sunarto. 2003. Perbankan Syariah. Jakarta: Zikrul Hakim
Downloads
Published
Issue
Section
License

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.