Analisis Strategi Pemasaran Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dengan Akad Musyarakah Mutanaqishah di BSI 2022

Siti Muvtiana Nur Latifah, Muhamad Wahyudin, Syaihul Anwari

Abstract


Di negara berkembang seperti Indonesia ini, bisnis di sector perumahan ini menjadi investasi yang menjanjikan dan menguntungkan dan juga dapat meningkatkan perekonomian negara. Pemerintah berusaha untuk dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia melalui sector pembangunan perumahan dan kawasan pemukiman. Bank syariah memiliki dua jenis pembiayaan diantaranya pembiayaan produktif dan pembiayaan konsumtif Bank Syariah Indonesia merupakan salah satu lembaga perbankan penyalur KPR tebesar di Indonesia. Tak dipungkiri bahwa layanan KPR BSI cukup diminati masyarakkat dalam memenuhi kebutuhannya akan hunian. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa pada suatu konteks khusus yang alamiah. Metode penelitian kualitatif ini dapat digunankan pada lingkup yang paling kecil yaitu situasi social (single social situation) sampai masyarakat yang luas kompleknya. penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa pada suatu konteks khusus yang alamiah. Metode penelitian kualitatif ini dapat digunankan pada lingkup yang paling kecil yaitu situasi social (single social situation) sampai masyarakat yang luas kompleknya

Keywords


Strategi Pemasaran, KPR, Musyarakah, Mutanaqishah

Full Text:

PDF

References


Ainul Imroh, Musyarakah Mutanaqishah, dalam Al-Intaj, Vol. 4, No. 1, (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, 2018). 35.

DSN MUI Fatwa No. 01/DSN-MUI/X/2013 Tentang Musyarakah Mutanaqishah.

Haryono, E. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. An-Nuur, 13(2).

Haryono, Eko, et al. STATISTIKA SPSS 28. Edited by Rismawati, N. CV WIDINA MEDIA UTAMA, 2023.

Husaini, M., & Nadifah, N. A. N. N. A. (2023). KONSEP EKONOMI DAN PERBANDINGANNYA ANTARA KAPITALIS, SOSIALIS DAN ISLAM. Al Fattah Ejournal Sma Al Muhammad Cepu, 2(02), 36-56.

HARYONO, E. (2023). ANALISIS PENGARUH BEASISWA KIP TERHADAP PRESTASI MAHASISWA IAI AL MUHAMMAD CEPU DENGAN PENDEKATAN VARIABEL DUMMY. Riemann : Research of Mathematics and Mathematics Education, 5(2), 35–43. https://doi.org/10.38114/riemann.v5i2.5

Linda Rahmawati, Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Pembiayaan Produk Griya iB Hasanah Pada Bank BNI Syariah Kantor Cabang Teluk Bitung Lampung, (Skripsi, UIN Raden Intan Lampung, 2018)

Philip Kotler dan Keith Cox, Manajemen dan Strategi Pemasaran (Jakarta: Penerbit Erlangga, 2019), 189.

Ni’matus Sa’adah, U. (2018). Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas dan Firm Sizeterhadap Nilai Perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Indeks (JII) Periode 2011-2015. IQTISHADUNA, 9(1), 80–88. https://doi.org/10.20414/iqtishaduna.v9i1.688

Shimp, Periklanan Promosi, (Jakasrta; Erlangga, 2014)

Ismawati, Peran Dan Strategi Marketing Funding Dalam Meingkatkan Jumlah Nasabah Penabung Pada Bank Syariah Mandiri KCP Panakkukang Kota Makassa”, (skripsi, UIN Alauddin Makassar), 2019.

Wahyudin, M., Susianti, N., & Fakhiro, S. H. (2022). PERANAN PEMBIAYAAN BANK SYARIAH DALAM MENINGKATKAN USAHA MIKRO DAN MENENGAH (STUDI KASUS BSI KCP PATI TAHUN 2022). Al Iqtishadiyah: Journal of Islamic Economics and Finance, 1(1).

Widayanti, A., & Candrasari, R. (2021). Pengaruh Badan Usaha Miliki Desa terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta. Nomicpedia: Journal of Economics and Business Innovation, 1(1), 52-66.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Link to:

                                                              

 

Economy, Business, and Financial Journal :

            Â