EFEKTIVITAS MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SKI DI KELAS X MADRASAH ALIYAH (MA) BOJONEGORO

Hartoyo Hartoyo, Rohim Habibi

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi karena kegiatan belajar mengajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Madrasah Aliyah Islahiyah Bojonegoro yang cenderung pasif. Dokumen rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) guru selalu menggunakan metode ceramah dan kurangnya dalam penggunaan media yang menyebabkan siswa tidak menyukai pelajaran sejarah kebudayaan Islam. Permasalahan yang sering terjadi dalam pelajaran sejarah kebudayaan Islam ialah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi media audio visual dalam meningkatkan hasil belajar sejarah kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Islahiyah Bojonegoro. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif-kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara partisipatif, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah triangulasi data. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa efektivitas pembelajaran sejarah kebudayaan Islam dimulai dengan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran, pementuan metode dan media pembelajaran serta strategi pembelajaran. Efektivitas penggunaan media audio visual dalam meningkatkan hasil belajar dilihat dari indicator kemampuan siswa menjawab pertanyaan melalui diskusi kelompok serta asesmen formatif dan sumatif secara terstruktur. Penggunaan media audio visual yang dilakukan berdampak positif pada hasil belajar sejarah kebudayaan Islam peserta didik.

Keywords


Efektivitas, Media Audio Visual, Hasil Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam

Full Text:

PDF

References


Ali, Muhammad, (2007). Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Amin, M. N. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran SKI MI. Awwaliyah: Jurnal PGMI, 2(2): 115-127.

Dewi, B. F., Nurhayati, I., Handayani, H., Purwanto, P., & Habibi, R. (2022). Penggunaan Media Video Untuk Peningkatan Motivasi Belajar PAI Materi SKI Siswa Sekolah Dasar. Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 54-62.

Djamarah dan Zain. (2006).Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ikhsan, N. I., dkk. (2022). Efektivitas Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam terhadap Hasil Belajar Siswa di MTs Badru Tamam. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Jurnal, 4(4): 899-917.

Lubis, S. A. (2019). Skripsi: Penerapan Metode Kisah dengan Media Audiovisual dalam Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas X MAN 1 Padangsidimpuan. Padangsimpuan: IAIN Padangsimpuan.

Manshur, U. & Ramdlani, M. (2019). Media Audio Visual Dalam Pembelajaran PAI. AL MURABBI: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1): 1-8.

Mursyid, A. (2020). Skripsi. Penggunaan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Jambi. Jambi: Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Syaifuddin).

Rohmah, S. & Syifa, M. (2021). Penerapan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Sejarah Kebudayaan Islam. Al-Fikri: Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam, 04(02): 127 - 141.

Setyawan, D. & Arumsari, A. D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). EDUCULTURAL: International Journal of Education, Culture, and Humanities, 1(2): 01-10.

Suryani, Nunuk dan Agung, Leo, (2012). Strategi Belajar Mengajar, Yogyakarta: CV. Ombak.

Winkel, W.S. S.J, (2014). Psikologi Pengajaran. Yokyakarta: SKETSA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.