Penggunaan Media Video Untuk Peningkatan Motivasi Belajar PAI Materi SKI Siswa Sekolah Dasar
Keywords:
Penelitian Tindakan Kelas, Motivasi Belajar, Media Video, Materi SKI, SDN Karanganyar 03Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas media video dalam peningkatan motivasi belajar PAI Materi SKI Siswa SDN Karanganyar 03. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilatarbelakangi adanya dorongan dan kebutuhan siswa dalam belajar masih rendah, hal ini terbukti pada pembelajaran tidak semua siswa menyelesaikan tugas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar PAI pada materi SKI dengan menggunakan media video. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Karanganyar 03 kelas IV tahun pelajaran 2021/2022 dengan jumlah siswa 10 anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dengan 3 RPP yang berbeda. Data penelitian ini dikumpulkan menggunakan lembar observasi dengan 6 indikator motivasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1 hasil prosentase 70,27% dengan kategori motivasi sedang, siklus II hasil prosentase 80,00% dengan kategori motivasi sedang, dan siklus III menghasilkan prosentase 86,38% dengan kategori motivasi tinggi. Hal tersebut menunjukkan kesimpulan bahwa penggunaan media video pada pelajaran PAI materi SKI dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.References
Falah, A., Ashar, A., & Mustofa, H. (2022). Peran Takmir Masjid dalam Pelaksanaan Pendidikan Islam di Masjid An-Nur Pojokwatu. An-Nuur, 12(2).
Arikunto dan Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2016). Pemanfaatan Video sebagai Media Pembelajaran Matematika SD/MI. Muallimuna, 2(1), 47–66.
Dewi, S. (2019). Pendekatan Saintifik dalam Peningkatan Keaktifan Siswa pada Pembelajaran Agama Islam di SMA. DAYAH: Journal of Islamic Education, 2(2), 212. https://doi.org/10.22373/jie.v2i2.4181
Djiwandono, Sri Esti Wuryani. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Eva Susanti, Endang Sutedja, Tita Husnitawati Madjid, Farid Husin, Elsa Pudji Setiawati, P. S. I. (2015). Perbandingan penggunaan Media
Habibi, R. (2020). INTEGRASI AGAMA, ALAM, DAN POTENSI LOKAL DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN LINGKUNGAN PADA ANAK DI SDIT ALAM QUWWATUL UMMAH BLORA (Doctoral dissertation, IAIN SALATIGA).
Video dan Metode Ceramah Dampak Perilaku Seksual Pranikah Terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja di Kabupaten Rejang Lebong. IJEMC, 3.
Haryono, E., Anwari, M. S., & Hakim, I. (2021). MODEL AUTOMATIC CLUSTERING-FUZZY TIME SERIES-MARKOV CHAIN DALAM MEMPREDIKSI DATA HISTORIS JUMLAH MAHASISWA DI STAI AL MUHAMMAD CEPU 2020. An-Nuur, 11(2).
Habibi, R., & Nugroho, W. A. (2020). Pendidikan Etika Lingkungan dalam Kultur Sekolah Dasar Berbasis Agama dan Alam. Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 5(2), 254-268.Hadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media
Pembelajaran Untuk Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Dan Pendidikan Dasar 2017, 96–102.
Hasanah, U. (2018). Media Dan Sumber Belajar Ips Bagi Anak Usia Sd / Mi. Ijtimaiya, 2(1), 162–185.
Muhammad, M. (2017). Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 87. https://doi.org/10.22373/lj.v4i2.1881
Nabila, Jihan. 2015. Strategi Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Diandra Creative.
Sidik, Zafar, A. Soebandi. 2018. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Kemampuan Komunikasi Interpersonal Guru. Jurnal Pendididikan Manajemen Perkantoran Vol. 3 No. 2.
Oka, Gde Putu Arya. 2017. Media dan Multimedia Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Parlindungan, D. P., Mahardika, G. P., & Yulinar, D. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Pembelajaran dalam Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ) di SD Islam An-Nuriyah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1–8.
Syahidin. 2009. Menelusuri Metode Pendidikan dalam Al-Qur’an. Bandung : Nuansa Alfabeta.
Walgito, Bimo. 2004. Pengantar Psikologi Umum, Yogyakarta: Andi Offset.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.