PENANAMAN NILAI- NILAI MODERASI BERAGAMA DI TAMAN PENDIDIKAN AL QURAN AL HIDAYAH NGRAHO BLORA

KADARISMANTO KADARISMANTO, Ifa Jumrotun Naimah

Abstract


Lembaga pendidikan memainkan peran strategis dalam memutus siklus kekerasan atas nama agama. Tujuan penelitan untuk bagaimana upaya guru menanamkan nilai -nilai moderasi beragama di TPQ Al Hidayah Ngraho, penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. mengarahkan aktifitas belajar mengajar pada nilai-nilai moderasi beragama. Hasil penelitian ini: penanaman nilai-nilai moderasi beragama adalah Toleransi (tasamuh), keadilan (i`tidal), keseimbangan (tawazzun), kesetaraan, yag terdapat pada kegiatan doa pada saat pembelajaran dan pulang , antri saat pulang, dan berpamitan dengan gurunya saat pulang.

Keywords


Nilai- nilai, Moderasi beragama

Full Text:

PDF

References


Arfa`, F. A. (2015). Metode Studi Islam.

Asy’ari, M. (2017). Islam dan Seni. Hunafa, 4(2), 1–6.

https://core.ac.uk/download/pdf/229979851.pdf

Azis, R. (2019). Ilmu Pendidikan Islam (Baharudin (ed.); Cetakan Ke). Sibuku.

http://repositori.uin-alauddin.ac.id/13856/1/Ilmu Pendidikan Islam.pdf

Baidhawy, Z. (2005). Pendidikan agama berwawasan multikultural. In Erlangga. Eirlangga.

https://www.google.co.id/books/edition/Pendidikan_agama_berwawasan_multikultura/ePu

TmtNts6gC?hl=id&gbpv=1

Dirjen Pendis Kemenag RI. (2018). Ensiklopedia Islam Nusantara. In S. M. M. A. H. Z. S. Pono

(Ed.), Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Issue Edisi Budaya). Dirjen

Pendidikan Islam Kemenag RI.

Haryono, Eko, et al. STATISTIKA SPSS 28. Edited by Rismawati, N. CV WIDINA MEDIA UTAMA, 2023.

Hujair AH, S. (2014). MODUL V. 1–21.

JNM, T. P. (2015). Gerakan Kultural Islam Nusantara (J. FM, A. M. Fansuro, M. Zamzami, F.

M. Faal, A. A. Marom, & Chafidz (eds.); Cetakan I). Panitia Mukmatar NU Ke-33.

https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25395/2/Ridwan dkk - Islam Nusantara.pdf

Lexy J. Moleong. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi (35th ed.). Remaja

Rosdakarya.

Muhaimin.et.al. (2012). PARADIMA PENDIDIKAN ISLAM. PT. REMAJA ROSDAKARYA.

Nisa, Y. F., Hendarmin, L. A., Lubis, D. A., Mubarok, M. Z., Agung, S., Narhetali, E., Rohayati,

T., Maulana, D., Saputra, R. E., Utomo, A. P., Ruswandi, B., & Putra, D. K. (2018). gen Z:

Kegalauan Identitas Keagamaan (I. R. Didin Syafruddin (ed.)).

Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model. In Nizmania Learning Center.

Rozali. (2020). Metodologi Studi Islam Dalam Perspectives Multydisiplin Keilmuan (S. T.

Sumanti (ed.); Cetalan ke). Rajawali Buana Pusaka.

Saebani, B. A., & Akhdhiyat, H. (2009). Ilmu Pendidikan Islam (Ipi).

Shobron, S. E. (2016). Islam dan Ipteks (N. Zuhdi (ed.); Cetakan I). LPIK Universitas

Muhammadiyah Surakarta.

Syafrizal, A. (2015). Islamuna: Jurnal Studi Islam. Islamuna: Jurnal Studi Islam, 2(2), 235–253.

http://www.ejournal.stainpamekasan.ac.id/index.php/islamuna/article/view/664/617

Tamam, A. B. (2016). Penelitian Agama: Sebuah Pengantar. Madinah: Jurnal Studi Islam, 3(1),

–23. httpsejournal.iai-tabah.ac.idindex.phpmadinaharticledownload171138.

Wagiran. (2006). Penelitian Pendidikan. april, 1–9


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.