PENANAMAN NILAI- NILAI MODERASI BERAGAMA DI TAMAN PENDIDIKAN AL QURAN AL HIDAYAH NGRAHO BLORA
Keywords:
Nilai- nilai, Moderasi beragamaAbstract
Lembaga pendidikan memainkan peran strategis dalam memutus siklus kekerasan atas nama agama. Tujuan penelitan untuk bagaimana upaya guru menanamkan nilai -nilai moderasi beragama di TPQ Al Hidayah Ngraho, penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. mengarahkan aktifitas belajar mengajar pada nilai-nilai moderasi beragama. Hasil penelitian ini: penanaman nilai-nilai moderasi beragama adalah Toleransi (tasamuh), keadilan (i`tidal), keseimbangan (tawazzun), kesetaraan, yag terdapat pada kegiatan doa pada saat pembelajaran dan pulang , antri saat pulang, dan berpamitan dengan gurunya saat pulang.References
Arfa`, F. A. (2015). Metode Studi Islam.
Asy’ari, M. (2017). Islam dan Seni. Hunafa, 4(2), 1–6.
https://core.ac.uk/download/pdf/229979851.pdf
Azis, R. (2019). Ilmu Pendidikan Islam (Baharudin (ed.); Cetakan Ke). Sibuku.
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/13856/1/Ilmu Pendidikan Islam.pdf
Baidhawy, Z. (2005). Pendidikan agama berwawasan multikultural. In Erlangga. Eirlangga.
https://www.google.co.id/books/edition/Pendidikan_agama_berwawasan_multikultura/ePu
TmtNts6gC?hl=id&gbpv=1
Dirjen Pendis Kemenag RI. (2018). Ensiklopedia Islam Nusantara. In S. M. M. A. H. Z. S. Pono
(Ed.), Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Issue Edisi Budaya). Dirjen
Pendidikan Islam Kemenag RI.
Haryono, Eko, et al. STATISTIKA SPSS 28. Edited by Rismawati, N. CV WIDINA MEDIA UTAMA, 2023.
Hujair AH, S. (2014). MODUL V. 1–21.
JNM, T. P. (2015). Gerakan Kultural Islam Nusantara (J. FM, A. M. Fansuro, M. Zamzami, F.
M. Faal, A. A. Marom, & Chafidz (eds.); Cetakan I). Panitia Mukmatar NU Ke-33.
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25395/2/Ridwan dkk - Islam Nusantara.pdf
Lexy J. Moleong. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi (35th ed.). Remaja
Rosdakarya.
Muhaimin.et.al. (2012). PARADIMA PENDIDIKAN ISLAM. PT. REMAJA ROSDAKARYA.
Nisa, Y. F., Hendarmin, L. A., Lubis, D. A., Mubarok, M. Z., Agung, S., Narhetali, E., Rohayati,
T., Maulana, D., Saputra, R. E., Utomo, A. P., Ruswandi, B., & Putra, D. K. (2018). gen Z:
Kegalauan Identitas Keagamaan (I. R. Didin Syafruddin (ed.)).
Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model. In Nizmania Learning Center.
Rozali. (2020). Metodologi Studi Islam Dalam Perspectives Multydisiplin Keilmuan (S. T.
Sumanti (ed.); Cetalan ke). Rajawali Buana Pusaka.
Saebani, B. A., & Akhdhiyat, H. (2009). Ilmu Pendidikan Islam (Ipi).
Shobron, S. E. (2016). Islam dan Ipteks (N. Zuhdi (ed.); Cetakan I). LPIK Universitas
Muhammadiyah Surakarta.
Syafrizal, A. (2015). Islamuna: Jurnal Studi Islam. Islamuna: Jurnal Studi Islam, 2(2), 235–253.
http://www.ejournal.stainpamekasan.ac.id/index.php/islamuna/article/view/664/617
Tamam, A. B. (2016). Penelitian Agama: Sebuah Pengantar. Madinah: Jurnal Studi Islam, 3(1),
–23. httpsejournal.iai-tabah.ac.idindex.phpmadinaharticledownload171138.
Wagiran. (2006). Penelitian Pendidikan. april, 1–9
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.