AL QURAN SEBAGAI SUMBER ILMU PENGETAHUAN

Muhammad Husaini, Imam Fatoni

Abstract


Al Quran merupakan dasar hukum Islam dan sumber syariat Islam yang memiliki manfaat bagi umat manusia. Nabi Muhammad adalah seorang rasul yang dipercaya menerima mukjizat Al Quran yang bertugas untuk menyampaikan, mengamalkan, dan menafsirkan Al Quran. Al Quran membawa manusia kepada Allah melalui ciptaan-Nya dan realitas konkret yang terdapat di bumi dan di langit. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan atau studi literatur bertujuan untuk mengetahui ayat-ayat Al Qur’an yang menjadi sumber ilmu pengetahuan dan ilmu pengetahuan yang terkandung dalam Al-Quran. Allah telah meletakkan garis-garis besar sains dan ilmu pengetahuan dalam Alquran dalam QS. Ar-Rahman ayat 33. Al Quran adalah kitab induk, rujukan utama bagi segala rujukan, sumber dari segala sumber, basis bagi segala sains dan ilmu pengetahuan baik yang berhubungan dengan Allah (hablum minallah) sesama manusia (hablum minannas) dalam QS Al An’am ayat 38. Prinsip-prinsip ketauhidan dalam Al-Qur’an termaktub dalam QS Al-Anbiya’ ayat 25.

Keywords


Quran, Ilmu, Pengetahuan

Full Text:

PDF

References


Anshari, Endang Saifuddin. (1987). Ilmu, Filsafat dan Agama.Surabaya: PT. Bina Ilmu

Arifin. (2016). Ilmu Pendidikan Islam Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Indisipliner. PT. Bumu Aksara. Aziz, Aceng Abdul. 2016. Sejarah, Pemikiran, dan Dinamika NU di Indonesia. Jakarta:LP Ma’arif NU Pusat

Azis, R. (2019). Ilmu Pendidikan Islam (Baharudin (ed.); Cetakan Ke). Sibuku. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/13856/1/Ilmu Pendidikan Islam.pdf

Damanik, N. (2016). Metodologi Studi Islam I. Fak. Ushuluddin dan Studi Islam UIN Sumut. http://okp.uinjkt.ac.id/wp-content/uploads/2019/10/Studi-Islam-di-Tengah-Masyarakat.pdf Daradjat, Zakia, dkk. 2004. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta:Bumi Aksara

Departemen Agama RI. (2006). Al Quran A Karim Terjemah. Menara Kudus.

Haryono, Eko, et al. STATISTIKA SPSS 28. Edited by Rismawati, N. CV WIDINA MEDIA UTAMA, 2023.

Hidayat, Rahmat. 2016. Ilmu Pendidikan Islam “Menuntun Arah Pendidikan Islam Indonesia”. Medan:LPPPI

Iryani, E. (2017). Al Qur’an dan Ilmu Pengetahuan. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 17(3), 42–58. http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/521246

K., O. T., & Al-Mansyur, A. K. (2014). Fiqih 4 Madzab “Kajian Fiqih – Ushul Fiqh.” M. Natsir Nessa, dkk. (2014). Buku Ajar Filsafat. UNHAS Mahfud, Rois. (2011). Al-Islam Pendidikan Agama Islam. Jakarta:Penerbit Erlangga Muslih, Muhammad. (2016). Filsafat Ilmu.Kajian Atas Asumsi Dasar, Paradigma dan Kerangka Teori Ilmu Pengetahuan. Yogyakarta: LESFI

Kadar, M. (2013). Tafsir Tarbawi Pesan -Pesan Al Quran Tentang Pendidikan. PT Amzah.

Rahman, R., Kher, D. F., & Rani, Y. A. (2017). Pendidikan Islam bagi Remaja. Islam Transformasi Journal of Islamic Studies, 1(2), 95–202.

RI, K. (2018). Al Qur’an dan Terjemah. CV Menara.

Rozali. (2020). Metodologi Studi Islam Dalam Perspectives Multydisiplin Keilmuan (S. T. Sumanti (ed.); Cetalan ke). Rajawali Buana Pusaka.

Shobron, S. E. (2016). Islam dan Ipteks (N. Zuhdi (ed.); Cetakan I). LPIK Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sodikin, R. A., & Badruzzaman. (2013). Metodologi Studi Islam (T. Priatna (ed.); Pertama Se). Tunas Nusantara.

Sunarko, A. (2015). Iptek Dalam Perspektif Al- Qur’an. Manarul Qur’an, 1–14.

Surakarta), W. (Dosen F. S. I. (2017). TERM-TERM KEADILAN DALAM PERSPEKTIF AL-QUR`AN. Syariati, Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Hukum, III N.

Yahya, M. (2010). Pendidikan Islam Pluralis Dan Multikultural. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 13(2), 175–191. https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n2a5 Wardani. Jurnal Studia Insania Volume 1 No 1, April 2013. Al-Qur'an sebagai Sumber Teksual Filsafat Islam. ISSN 2088-6306


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.