Pelaksanaan Pembelajaran PAI Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Menengah Pertama Inklusif

rohim habibi, Anisa Nur Hasanah, Hakiman Hakiman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) bagi siswa berkebutuhan khusus pada masa pandemi covid-19 di sekolah menengah pertama inklusif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukaa melalui wawancara, dokumentasi, observasi dan forum grup diskusi. Data dianalisis melalui analisis interaktif yaitu pengumpulan data, reduksi data, verifikasi dan pengambilan kesimpulan. Keabsahan melalui trianggulasi sumber, metode dan teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) bagi siswa berkebutuhan khusus tunagrahita, retardasi mental dan borderline menggunakan kurikulum reguler. Pembelajaran dilaksanakan secara inklusif dengan melibatkan guru kelas dan guru pendamping khusus dengan menggunakan perencanaan pembelajaran individual yang dibuat tanpa modifikasi. Pembelajaran bagi siswa kebutuhan autis menggunakan kurikulum modifikasi, praktik pembelajarannya dilaksanakan secara pull out dengan didampingi oleh guru pendamping khusus. Perencanaan pembelajaran disusun melalui perencanaan pembelajaran individual yang dimodifikasi sesuai kemampuan siswa autis. Pembelajaran anak berkebutuhan khsusu juga dudukung oleh rencana pembelajaran individual terfokus atau smart plan.

Keywords


pembelajaran PAI, tunagrahita, autis, retardasi mental, borderline, pandemi covid-19

Full Text:

PDF

References


Abdul Latip, Peran Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19, EduTeach : Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran 1(2), 2020.

Ardhi Wijaya, Teknik Mengajar Siswa Tunagrahita (Disabilitas Inteligesi - Gangguan Intelektual), Yogyakarta, Kyta, 2013.

Budiyanto, Pengantar Pendidikan Inklusif Berbasis Budaya Lokal, Jakarta, Prenadamedia Group, 2017.

Dadang Garnida, Pengantar Pendidikan Inklusif, Bandung, PT Refika Aditama, 2015.

Farah Arriani dkk, Panduan Pelaksanaan Pendidikan Inklusif, Jakarta, Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, 2021.

Hakiman dkk, Religious Instruction for Students with Autism in an Inclusive Primary School, International Journal of Learning, Teaching and Educational Research 20 (12), 2021.

Hakiman dkk, Worship Learning for Students with Autism in Inclusive Primary School, Specialusis Ugdymas / Special Education 1(43), 2022.

Kemis dan Ati Rosnawati, Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita, Jakarta Timur, PT Luxima Metro Media, 2013.

Mieghem dkk, An analysis of research on inclusive education: a systematic search and meta review, International Journal of Inclusive Education 24(6), 2020.

Nani Triani dan Amir, Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Lamba Belajar Slow Learner, Jakarta Timur, PT Luxima Metro Media, 2013.

Nunung Apriyanto, Seluk - Beluk Tunagrahita dan Strategi Pembelajarannya Jogjakarta, Javalitera, 2012.

Nur Kholis Reefani, Panduan Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus, Yogyakarta, KYTA, 2016

Raden Satmoko, Buku Pintar Sekolah Alternatif, Yogyakarta, Hikam Pustaka, 2017.

Rasmitadilla, Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif, Depok, Rajawali Pers, 2020.

Rini Hildayani dkk, Materi Pokok Penanganan Anak Berkelainan, Tangerang Selatan, Universitas Terbuka, 2014.

Sri Minarti, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta, Amzah, 2013.

Sri Rahayu dan Firman Rahman, Pembelajaran Online ditengah Pandemi Covid-19, Indonesian Journal of Educational Science 2(2), 2020.

Stella Olivia, Pendidikan Inklusi untuk Anak - anak Berkebutuhan Khusus - Diintegrasikan Belajar di Sekolah Umum, Yogyakarta, Andi, 2017.

Sukadari, Model Pendidikan Inklusi dalam Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus, Yogyakarta, Kanwa Publisher, 2019.

Tim Familia, UUD 1945 dan Kabinet indonesia Bersatu II, Yogyakarta, Tim Familia, 2015.

Yanuar Reza Gufroni, Hakikat Pendidikan Islam Dalam Perspektif Ibnu Sina. Jurnal Tawadhu 4(2), 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.