PENGARUH MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP GAYA KOMUNIKASI KELAS V MI MUJAHIDIN SAMBONG

Karjo Karjo, Evi Uswatun Khasanah

Abstract


Penelitian ini berjudul, “Pengaruh Media Sosial Tik Tok Terhadap Gaya Komunikasi kelas V MI Mujahidin Sambongâ€. Adapun latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh dunia luar bagi anak-anak seperti media sosial tik tok dalam membangun karakter anak-anak terhadap gaya komunikasinya, kepada orang yang lebih tua darinya dan kepada lingkungan disekitarnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket, observasi, dan dokumentasi dengan siswa kelas V MI Mujahidin Sambong yang berjumlah 21 siswa. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu dengan seringnya anak-anak menggunakan media sosial tik tok maka apa yang dilihat, didengar dan kemudian dipraktekkan tersebut, sangat mengubah perilaku dan gaya komunikasi anak terhadap orang tua dan orang disekitarnya. Mereka tidak dapat membedakan lagi mana yang boleh mereka lakukan dan mana yang tidak boleh mereka lakukan. Tidak adanya pantauan dan pengamatan lebih jauh dari orang tua membuat anak-anak semakin terjerumus dalam media sosial yang seharusnya belum waktunya.


Keywords


media sosial, tik tok, gaya komunikasi, kelas V

Full Text:

PDF

References


Alo, Liliweri. 2011. Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Prenada Media Group.

Djuarsa, Sendjaja. 2007. Pengantar Ilmu Komunikasi. Universitas Terbuka.

Edi, Kusnadi. 2008. Metodologi Penelitian, Ramayana Pers: Jakarta.

Eko, Widoyoko Putra. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Hafied, Cangara. 2016. Pengantar Ilmu Komunikasi. PT. Raja Grafindo Persada.

Marinih, Riska. Pengaruh Media Sosial Tiktok Terhadap Gaya Prestasi Belajar Peserta Didik di SMPN 1 Gunung Sugih Kab, Lampung Tengah.

McQuail, Denis. 1992. Teori Komunikasi Massa Suatu Pengatar. Erlangga: Jakarta.

Muin, Rohmat Fatkhul. Perubahan Perilaku Remaja Akibat Penggunaan Media Sosial Online Di Desa Karangmangu, Kecamatan Sarang, Kabupaten Rembang.

Mulawarman, Aldila Dyas Nurfitri. 2017. Perilaku Pengguna Media Sosial beserta Implikasinya ditinjau dari Perspektif Psikologi Sosial Terapan.

Onong, Effendy Uchjana. 2019. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya Bandung.

Poppy, Ruliana. 2018. Komunukasi Organisasi Teori dan Studi Kasus. PT. RajaGrafindo Persada.

Rulli, Nasrullah. 2016. Media Sosial Tikto., Simbiosa Rekatama Media.

Sugiyono. 2017. Metode Penenlitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Sukmadinata & Nana Syaodih. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Suharsimi, Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Habibi, R., & Nugroho, W. A. (2020). Pendidikan Etika Lingkungan dalam Kultur Sekolah Dasar Berbasis Agama dan Alam. Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 5(2), 254-268.

Haryono, E. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. An-Nuur, 13(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.