MANAJEMEN PERUBAHAN DALAM PROSES BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI DAN SETELAH PANDEMI COVID-19 PADA PRODI PGMI INSTITUT AGAMA ISLAM AL MUHAMMAD CEPU

Hidayatul Mustofa, Ali Ashar

Abstract


Pandemi Covid-19 membuat sistem pembelajaran di Indonesia mengalami perubahan, yang biasanya berlangsung secara klasikal berubah menjadi pembelajaran dalam jaringan (daring). Tujuan pelitian ini untuk menguraikan secara mendalam tentang manajemen perubahan proses belajar melalui pembelajaran daring di masa pandemi dan setelah pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Institut Agama Islam AL Muhammad Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah Prodi PGMI. Sistem pembelajaran daring merupakan salah satu implementasi dari pendidikan jarak jauh melalui sistem belajar online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keefektifan proses belajar melalui pembelajaran daring di masa pandemi dan setelah pandemi Covid-19 ini dinilai masih kurang efektif dikarenakan adanya beberapa faktor: 1) Infrastruktur dan minimnya akses internet di daerah pelosok yang menyebabkan kurang maksimalnya proses belajar melalui pembelajaran daring; 2) Rendahnya motivasi mahasiswa terhadap pembelajaran daring; 3) Sarana dan prasarana yang kurang memadai; 4) ketiadaan kuota internet dan sinyal internet yang buruk; 5) Kurangnya kesiapan dosen dan mahasiwa untuk melaksanakan pembelajaran daring; 6) Sebagian besar mahasiswa mengeluhkan proses pembelajaran daring yang dinilai menyulitkan dalam memahami materi pembelajaran maupun penugasan yang diberikan oleh dosen selama masa pandemi Covid-19.


Keywords


Manajemen, Pembelajaran daring, Setelah Pandemi Covid-19

Full Text:

PDF

References


Alessandro, B. (2018). Digital Skills and Competence, and Digital and Online Learning. Turin: European Training Foundation.

Crews, J., & Parker, J. (2017). The Cambodian Experience: Exploring University Students’ Perspectives for Online Learning. Issues in Educational Research, 27(4), 697–719.

Daulay, M. Nurhadi dan Nelliwati. (2019). Telaah Manajemen Perubahan Karakter Peserta Didik. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.

Pilkington, O. A. (2018). Active Learning for an Online Composition Classroom : Blogging as an Enhancement of Online Curriculum. Journal of Educational Technology Systems, 47(2), 1–14.

Riaz, A. (2018). Effects of Online Education on Encoding and Decoding Process of Students and Teachers. International Conference E-Learning, 42–48.

Sahu, P. (2020). Closure of Universities Due to Coronavirus Disease 2019 (COVID-19): Impact on Education and Mental Health of Students and Academic Staff. Cureus, 2019(April).

Silviana. W. 2021. Manajemen Perubahan Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik. Satya Widya, Vol 37. No. 2.

Sintema, E. J. (2020). Effect of COVID-19 on the Performance of Grade 12 Students: Implications for STEM Education. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 16(7), 1–6.

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Metods). Bandung : Alfabeta.

United Nations. (2020). Policy Brief : The Impact of on children. USA: United Nations.

Yani. F., Irfan. F., Mila. Z.S. 2020. Motivasi Belajar Mahasiwa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandem Covid-19. Jurnal Kependidikan. Vol. 6. No. 2.

Zhou, G., Chen, S., & Chen, Z. (2020). Back to the Spring of Wuhan: Facts and Hope of COVID-19 Outbreak. Frontiers of Medicine, 14(2), 113–116.

Habibi, R., & Nugroho, W. A. (2020). Pendidikan Etika Lingkungan dalam Kultur Sekolah Dasar Berbasis Agama dan Alam. Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 5(2), 254-268.

Haryono, E. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. An-Nuur, 13(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.