PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PEER-TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA JAWA MATERI AKSARA

Siti Nur Hidayah, Umi Robiatin Musfa’ah

Abstract


Sebuah pembelajaran akan berlangsung secara aktif, efisien, dan memiliki daya tarik, apabila kegiatan pembelajaran yang dipilih sesuai dengan karakteristik materi, karakteristik siswa, situasi dan lingkungan. Oleh sebab itu, diperlukan metode pembelajaran yang baik (hiya ahsan) dalam kegiatan belajar dan mengajar. Hal ini dikarenakan kurang efektifnya metode pembelajaran yang digunakan guru dalam menyampaikan materi aksara Jawa sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 24 Mei 2022 dan siklus II dilaksanakan pada tanggal 27 Mei 2022. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Assalam I Wado dengan jumlah  29 siswa yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran peer-teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Bahasa Jawa materi aksara Jawa di MI Assalam I Wado tahun pelajaran 2022/2023. Peningkatan hasil belajar siswa diketahui dengan hasil tes pada siklus I dan siklus II yang menunjukkan terjadinya peningkatan nilai rata- rata dan persentase ketuntasan secara klasikal. Rata- rata nilai siswa materi aksara Jawa pada kondisi awal (pra-siklus) 40,52 dengan ketuntasan klasikal sebesar 21% (6 siswa) dari 29 siswa yang mencapai nilai ≥ 65 (nilai KKM). Pada siklus I rata-rata nilai siswa sebesar 54,66 dengan ketuntasan klasikal sebesar 55% (16 siswa) yang mencapai nilai ≥ 65 (nilai KKM). Sedangkan pada siklus II rata-rata nilai siswa sebesar 71,38 dengan ketuntasan klasikal 79% (23 siswa) yang mencapai nilai ≥ 65 (nilai KKM)


Keywords


Aksara Jawa, Bahasa Jawa, hasil belajar, peer-teaching

References


Anitah W, S. (2007). Strategi Pembelajaran di SD. Banten: UNIVERSITAS TERBUKA.

Arifin, Z. (2010). METODOLOGI PENELITIAN Pendidikan Filosofi, Teori & Aplikasi. Surabaya: LENTERA CENDIKIA.

Arsyad, A. (2013). MEDIA PEMBELAJARAN. Jakarta: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Daryanto. (1999). KAWRUH Basa Jawa Pepak. Surabaya: Apollo Lestari.

Hidayat, I. (2019). 50 STRATEGI PEMBELAJARAN POLULER. Yogyakarta: DIVA PRESS.

Irham, M., & Wiyani, N. A. (2017). PSIKOLOGI PENDIDIKAN Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Kastolani. (2020, Desember 14). Kumpulan Hadis Mencari Ilmu Beserta Keutamaannya. Retrieved April 20, 2021, from iNewsJateng.id: https://jateng.inews.id/berita/hadis-mencari-ilmu

Kemenag. (2021). Retrieved April 20, 2021, from Qur'an Kemenag: https://quran.kemenag.go.id/

Khanifah, N. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Materi Perjuangan Para Pahlawan dengan Menggunakan Metode Peer Teaching an Media PEta Timbul pada Siswa KElas IV MI Nurul Hikmah Kedungringin Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Salatiga: Institut Agama Islam Negeri.

Kusumawati, N. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Aksara Jawa dengan Menggunakan MEdia Pembelajaran Papan Flanel di Kelas IV Sd Negeri Pakem 1 Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Minhal, A. (n.d.). Untuk Mengenal Kerabat Bukan Sombong dengan Martabat. Retrieved April 20, 2021, from almanhaj: https://almanhaj.or.id/3675-untuk-mengenal-kerabat-bukan-sombong-dengan-martabat.html

Parwati, N. N., Suryawan, I. p., & Apsari, R. A. (2018). BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Rasyad, A. (2003). TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. Jakarta: UHAMKA PRESS.

Rumini, S., Mahmud, M. D., S., S. S., Danuri, Suharno, R., S., N. Y., . . . Ayriza, Y. (2000). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UPP Universitas Negeri Yogyakarta.

Sandhangan Aksara Jawa. (n.d.). Retrieved Juli 2, 2021, from WikiPedia website: https://indo.wiki/content/Aksara%20Jawa/Sandhangan.html

Sani, R. A., & Sudiran. (2017). PENELITIAN TINDAKAN KELAS Pengembangan Profesi Guru. Tangerang: Tira Smart.

Siregar, P. S., & Hatika, R. G. (2019). AYO LATIHAN MENGAJAR, IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR (PEERTEACHING DAN MICROTEACHING). Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Suyadi. (2013). STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Tuasikal, M. A. (2015, November 20). Menuntut Ilmu, Jalan Paling Cepat Menuju Surga. Retrieved April 20, 2021, from Rumasyho.com: https://rumaysho.com/12363-menuntut-ilmu-jalan-paling-cepat-menuju-surga.html

Wardhani, I. G. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Banten: UNIVERSITAS TERBUKA.

Warsitadipura, S. (2010). Wasita Utama 4 Basa Jawa Kanggo Kelas IV SD/MI. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka mandiri.

Winkel, W. S. (2004). PSIKOLOGI PENGAJARAN. Yogyakarta: MEDIA ABADI.

Yusuf, M. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran Peer Tutoring untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII di MTs Wathoniyah Islamiyah Titiwangi Lampung Selatan. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.