Studi Meta-Analisis Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar SKI di MI

Maulida Fikria Nasol, Eko Haryono

Abstract


Banyak guru yang belum mampu mengembangkan media pembelajaran yang sesuai dan efektif dalam pembelajaran SKI yang berperan sangat penting dalam pembelajaran khususnya Madrasah Ibtidaiyah. Mata pelajaran SKI cenderung dianggap membosankan karna berkaitan dengan sejarah dan perkembangan kebudayaan dari waktu ke waktu. Sehingga sangat perlu dilakukan analisis artikel, jurnal, karya ilmiah dari penelitian-penelitian terdahulu yang sesuai untuk memahami bahwa media pembelajaran mendorong ketertarikan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Meta analisis secara kuantitatif, penelitian ini menggunakan perhitungan dengan teknik analisis besaran pengaruh (effect size). Sampel yang diambil adalah 9 artikel publikasi terkait penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MI. Diperoleh hasil hitung effect size yaitu sebesar 1,6 yaitu termasuk dalam kategori besar. Dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa memiliki pengaruh yang besar pada mata pelajaran SKI pada siswa Madrasah Ibtidaiyah.


Keywords


Media pembelajaran, SKI, Madrasah ibtidaiyah

Full Text:

(1-8) PDF

References


Dhani, Tri Vhirama. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Menggunakan Aplikasi Android Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Sunan Giri Kota Malang. Skripsi PGMI UIN Malang.

Fanani, Rizqy Rizal, dkk. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Tadarus: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 10, No. 01.

Retnowati, Heri, dkk. 2018. Pengantar Analsis Meta. Yogyakarta: Parama Publishing

Irmayanti. 2021. Pengaruh Media Pembelajaran Perbantuan Sparkol Video Scribe Terhadap Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Siswa Kelas V MI Khairussalam Lupak Dalam. Tesis PGMI UIN Antasari Banjarmasin.

Muhaimin, dkk. 2004. Paradigma pendidikan Islam : Upaya mengefektifkan pendidikan agama Islam di sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasrudin, M. Wahid. 2021. Fektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievment Devision (STAD) Berbasis Media Ppembelajaran Komik Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran SKI di Kelas V MIi Miftahul Islamiyah Maindu Montong Tuban. Tesis PGMI UIN Surabaya.

Novitasari, Kharisma. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Scrapbook Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI Kelas V MI Al Hayatul Islamiyah. Skripsi PGMI UIN Malang.

Nurkarima, Nisa. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Webseries Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas III di MI Al-Hikmah Kabupaten Tulungagung. Tesis Pendidikan Agama Islam IAIN Tulungagung.

Nurlatifah, Ai, dkk. 2020. Pengaruh Media Pembelajaran Time Line Chart terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas IV di MI Bojon. Prosiding Pendidikan Agama Islam. Volume. 6 No. 02 UIN Bandung.

Sholihah, Hanik Latifatus. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Video terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Plus Al-Mahmud Bacem Ponggok Blitar. Skripsi PGMI IAIN Tulungagung.

Ulya, Amaliyatul & Arifi, Ahmad. 2021. Media Game Edukasi Quizizz dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Edulab: Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, Vol. 6, No. 1

Haryono, E. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. An-Nuur, 13(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.