UPAYA MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR SISWA DENGAN METODE BCM (BERMAIN, CERITA, MENYANYI) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI MI ASSALAM 5 GONDEL, KECAMATAN KEDUNGTUBAN KABUPATEN BLORA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Afni Firdausia, Isnun Marfu'ah

Abstract


Matematika merupakan pelajaran yang dianggap sulit oleh kebanyakan orang, sehingga motivasi dan penggunaan metode yang tepat sangat mempengaruhi semangat belajar serta hasil belajar siswa. Dalam pembelajaran matematika, sebaiknya menggunakan metode belajar yang dapat menumbuhkan rasa nyaman dan menarik perhatian sehingga anak mudah menyerap pelajaran dengan baik. Materi pelajaran yang dipelajari dengan cara yang menyenangkan akan mudah diingat dibanding dengan materi pelajaran yang dipelajari dengan cara yang mereka tidak sukai. Dengan metode BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi) ini akan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehingga dapat menumbuhkan semangat belajar. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui peningkatan semangat belajar siswa saat menggunakan metode BCM (Bermain Cerita Menyayi) pada Mata Pelajaran Matematika di MI Assalam 5 Gondel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya Metode BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi) memberikan peningkatan semangat belajar siswa yang luar biasa terhadap siswa siswi MI Assalam 5 Gondel dengan dibukti dari perolehan penilaian harian 1 pra BCM dengan perolehan rata-rata 71.86, penilaian harian 2 sesudah BCM menjadi 80.06.


Keywords


Semangat Belajar Siswa, Metode BCM

Full Text:

PDF

References


Burhan Bungin, Penelitian Kualitatif; Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu sosial Lainnya, Jakarta, Kencana, 2007.

Lexy J Moloeng, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya, 2006.

Mohammad Fauziddin, Pembelajaran PAUD Bermain,Cerita, dan Menyanyi Secara Islami, Bandung, PT Remaja Rosdakarya, 2017.

S. Nasution, Metodologi Penelitian Natualistik Kualitatif, Bandung, Remaja Rosdyakarya, 1999.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung, Alfabeta, 2009.

Suharsimi Arikunto, Prosedur penelitian suatu Pendekatan Praktik, Jakarta, Rineka Cipta, 2010.

Syaiful Bahri Djamarah & Aswan Zain, Strategi Belajar-Mengajar, Cetakan III, Jakarta, PT Renika Cipta, 2006.

Zainal Aqib, Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif), Bandung, Yrama Widya, 2013.

Zainal Aqib & Elham Rohmanto, Membangun Profesionalisme Guru dan Pengawas Sekolah, Bandung, CV Yrama Widya, 2007.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.