MANAJEMEN KESISWAAN TERHADAP HASIL BELAJAR

Rohim Habibi, imam muchlisin, ibnu hakim, moch santoso

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak manajemen kesiswaan terhadap prestasi akademik siswa. Fokus utama manajemen kesiswaan adalah membentuk strategi bimbingan yang mendukung proses belajar siswa. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kajian pustaka dan mengulas berbagai artikel untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kesiswaan memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa, mengawali dari proses pendaftaran hingga kelulusan. Kualitas manajemen kesiswaan berkontribusi pada arah yang jelas dalam proses pembelajaran, yang pada gilirannya meningkatkan prestasi siswa. Meskipun tanggung jawab utama terhadap keberhasilan belajar siswa ada pada sekolah, keterlibatan orang tua sangat penting. Tanpa bimbingan atau perhatian dari orang tua, tujuan pencapaian keberhasilan belajar siswa mungkin tidak tercapai secara optimal

Keywords


Manajemen Kesiswaan Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Imron, A., & Burhanudin. (2003). Manajemen Peserta Didik. Malang: Universitas Negeri Malang. Imron. (2011). Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mølstad, C. E., & Karseth, B. (2016). National curricula in Norway and Finland: The role of learning outcomes. European Educational Research Journal, 15(3), 329-344.

Nasihin, Sukarti dan Sururi. (2011). Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal pendidikan manajemen perkantoran, 1(1), 135-142.

Popenici, S., & Millar, V. (2015). Writing Learning Outcomes. A practical guide for academics. University of Melbourne, Australia.

Purnomo, S. (2017). Program studi manajemen pendidikan islam pascasarjana institut agama islam negeri purwokerto 2017.

Suharsimi Arikunto, Manajemen Pendidikan, Yogyakarta: aditya Media, 2008 Sjukur, Sulihin B. "Pengaruh blended learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa di tingkat SMK." Jurnal pendidikan vokasi 2.3 (2012).

Runtu, P. S., & Kalalo, R. R. (2021). Kompetensi Guru dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Penerbit NEM.

Melianti, E. O., Giatman, M., & Ernawati, E. (2023). Pengaruh Manajemen Kesiswaan terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Education Research, 4(3), 1007-1013.

Yasir, M., Widodo, J., & Ashar, A. (2021). Islamic Law and National Law (Comparative Study of Islamic Criminal Law and Indonesian Criminal Law). Al Hurriyah: Jurnal Hukum Islam, 6(2), 167-181.

Kusairi, K., Zainudin, Z., & Ashar, A. (2023). MANAJEMEN PESERTA DIDIK DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TAHFIDZ DI SMP AL MUHAMMAD. Al Fattah Ejournal Sma Al Muhammad Cepu, 3(03), 16-27.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.