STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PRESTASI SISWA DI MA DARUTH THALIBIN SIDODADI BANGILAN TUBAN

Ahmad Muzakki, Khaizun Niam, Umi Hanik Ulfiah

Abstract


AbstrakKenyataan yang terjadi bahwa di MA Daruth Thalibin Sidodadai Bangilan Tuban masih ada guru yang tingkat pendidikan formalnya belum memenuhi standar yang di tentukan oleh aturan pendidikan,, selain itu masih terdapat ketidak disiplinan siswa saat jam masuk sekolah, sehingga menghambat kedisiplinan dalam proses pembelajaran, serta tujuan instruksional yang diharapkan tidak tercapai, tujuan penelitian ini adalah mengetahui sejauh mana peran yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu prestasi siswa, serta mengetahui kendala-kendala yang dihadapi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode diskriptif kualitatif. Subyek penelitian meliputi kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru di MA Daruth Thalibin Sidodadi Bangilan Tuban. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan menujukkan bahwa peran kepala sekolah belum bisa sepenuhnya maksimal. Strategi yang dilakukan kepala sekolah meliputi menjalin komunikasi aktif interaktif, peningkatan kualitas guru, penerapan disiplin yang ketat, namun masih terdapat guru atau siswa yang kurang bertanggung jawab terhadap kedisiplinan yang ada. Kendala yang dihadapi adalah kurangnya warga sekolah atas kedisiplinan, dan keterbatasan tenaga didik yang sesuai dengan standar pendidikan formal.Kata Kunci: Strategi Kepala Sekolah, Meningkatkan Mutu Prestasi  

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.