KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MANAJEMEN KURIKULUM DI MTs Al YAKIN KALITIDU BOJONEGORO

Anas Anas, imam muchlisin

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh studi pendahuluan di MTs Al Yakin Kalitidu Bojonegoro, diperoleh informasi bahwa madrasah tersebut merupakan salah satu sekolah Madrasah Tsanawiyah Swasta yang ber Akreditasi A di Kalitidu Bojonegoro. Sistem madrasah tersebut cukup terstruktur , sarana prasarana pun sudah cukup memadai sesuai dengan dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kepemimpinan kepala madrasah dalam manajemen kurikulum di MTs Al Yakin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa upaya kepala madrasah sebagai pemimpin dalam  pengelolaan kurikulum di madrasah yaitu membimbing para guru agar meneliti dan memilih bahan mengajar dan metode mengajar yang sesuai dengan perkembangan anak dan tuntutan kehidupan masyarakat, menyelenggarakan rapat-rapat dewan guru secara periodik maupun insidental yang khusus untuk membicarakan kurikulum dan hal yang berkaitan dengan kurikulum, Setiap permulaan tahun ajaran guru diwajibkan menyusun  perangkat pembelajaran dengan berpedoman kurikulum yang berlaku di Madrasah, Setiap akhir tahun diadakan evaluasi terkait penilaian cara dan hasil kerja guru dan selanjutnya diadakan  perbaikan pada tahun ajaran berikutnya

Keywords


Kepemimpinan, manajemen kurikulum

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman Fathoni, Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi, Jakarta: Rineka Cipta, 2011.

Abu Ahmadi, Metodik Khusus Pendidikan Agama (MKPA), Bandung: CV Arrmico, 1986.

DEPDIKNAS, Panduan Pengembangan Bahan Ajar, Jakarta: DEPDIKNAS, 2008.

DEPDIKNAS, Seri Pembelajaran, Diklat/ BIMTEK KTSP DIT.Pembinaan SMA: DEPDIKNAS, 2009.

Ika Lestari, Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi, Padang: Akademia Permata, 2013.

Marno, Tri Suprayitno, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam, (Bandung: PT Refika Aditama, 2013).

Moh Rifa’i, Administrasi Pendidikan, Bandung : Jamimarrs, 1986.

Oemar Hamalik, Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung: PT.Remaja Rosda Karya, 2007.

PMA Nomor 184 Tahun 2019 Tentang Implementasi .... https://dki.kemenag.go.id/media/laws/3-191031102732-5dba54a4415ce.pdf. Diakses pada 5 Des. 2022.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Taahun 2003...." https://pusdiklat.perpusnas.go.id/regulasi/download/6. Diakses pada 26 Nov. 2022.

Sugiono, metode penelitian pendidikan pendekatan kualitatif, kuantitatif dan R& D, Bandung: Alfabeta 2007.

Suryo Subroto. B, Manajemen Pendidikan di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Syaiful Sagala, Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan, Bandung: Alfabeta, 2009.

Syaiful Sagala, Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung : Alfabeta, 2010.

Syharsono dan Ana Retnoningsih, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Semarang: Widya Karya, 2009.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.