EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID 19 DALAM ASPEK BAHASA RESEPTIF DENGAN KEGIATAN BERCERITA DI RA ASSALAM WADO KEDUNGTUBAN

Dwi yuitasari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran daring pada masa pandemi covid 19. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 17 anak kelompok A di RA Assalam Wado Kedungtuban Semester I Tahun Pelajaran 2021/2022. Kemampuan bahasa peserta didik mengalami peningkatan di siklus I peserta didik yang berkembang sangat baik (BSB) berjumlah 4 peserta didik, sedangkan disiklus II mengalami peningkatan Berkembang Sangat Baik (BSB) menjadi 12 peserta didik. Adapun di siklus II Peserta didik ada yang Belum Berkembang (BB) 1 Peserta didik, dan Mulai Berkembang (MB) 1 Peserta didik. Kesimpulan dapat ditarik adalah melalui penerapan kegiatan metode bercerita dapat meningkatkan aspek bahasa di RA Assalam Wado Kedungtuban.

Keywords


pembelajaran daring, aspek bahasa, bercerita

References


Ahmad Susanto, Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya, (Jakarta : Kencana Prenadamedia Group, 2014)

Anita Yus, Model Pendidikan Anak Usia Dini, (Jakarta : Kencana, 2015).

At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam Vol. 12 No. 02, Desember 2020

Elyana, L. (2020). Manajemen Parenting Class Melalui Media E-Learning. Sentra Cendekia

Jamaludin, Dindin dkk. 2020. Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi Dan Proyeksi. Karya Tulis Ilmiah LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Kementerian Agama RI, Al Quran Terjemah Tafsir Perkata,(Bekasi : Cipta Bagus Segara, 2014)

Mhd Isman, “Pembelajaran Moda Dalam Jaringan (Moda Daring)â€, (Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan, 2016)

Mhd Isman, “Pembelajaran Moda Dalam Jaringan (Moda Daring)â€, (Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan, 2016)

Mutia, Intan dan Leonard. 2013. Kajian Penerapan E-learning Dalam Proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Faktor Exacta 6(4)

Pangondian, Roman A. 2019. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS)

Putra, Made. 2020. Kurang Efisiennya Pembelajaran Daring/E-Learning

Shobih AW Adnan, 10 Hadist Tentang Pendidikan, oase.id 2020.

Sobron A.N, B. R. 2019. Persepsi Siswa dalam Studi Pengaruh Daring Learning terhadap Minat Belajar IPA. Pendidikan Islam dan Multikulturalisme.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Ar Raudloh publised by Sekolah Tinggi Agama Islam Almuhammad Cepu Prodi Piaud