Disiplin Siswa Perspektif Pendidikan Islam

Ahmad Taufik, Nurul Hidayat

Abstract


Abstrak

Tulisan ini menyajikan analisis tinjauan pendidikan Islam dalam membentuk sikap disiplin siswa. Masih terjadi gejala yang dilakukan oleh siswa sekolah umum dengan meremehkan moralitas, perilaku disiplin, dan sopan santun. Melalui pendidikan Islam agar menjadi metode pendalaman dan penghayatan sesuai arahan ilmu agama Islam. Oleh sebab itu, pendidikan menjadi ajang pusat kajian dalam Islam agar bisa membentuk disiplin siswa dan solusi terbaiknya. Siswa dapat memiliki potensi mereka untuk kesetaraan dan keunggulan dalam hidup. Dalam hal ini bisa dianjurkan mengenai siswa tentang kewajiban mempelajari nilai Islam melalui perluasan dan pengembangan kemampuan fitrah mereka. Metodologi analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif; kumpulan data dan sumber untuk menganalisis, menjelaskan secara kritis, dan memahami secara lebih sistematis Fungsi pendidikan Islam dalam membentuk disiplin siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manfaat pendidikan Islam dapat membentuk disiplin siswa, antara lain memberikan materi agama, bimbingan, nasehat, anjuran, dan panutan bagi pendidik.

Kata Kunci: Disiplin, Sekolah, Siswa.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.58403/annuur.v11i2.62

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

An-Nuur publised by Institut Agama Islam Al Muhammad Cepu

Gambar terkait