RANCANGAN DASAR KARAKTERISTIK LEADERSHIP DALAM PENDIDIKAN ISLAM

Ali Ashar, Faiz Rahmawati, Hidayatul Mustofa

Abstract


Leadership Pendidikan Islamn adalah suatu cara bagi pemimpin untuk mempengaruhi, memotivasi, memotivasi dan membimbing orang-orang di lembaga pendidikan, serta melaksanakan pendidikan dalam mencapai tujuan pendidikan yang dikembangkan dan dilaksanakan sesuai dengan prinsip-prinsip Islam akan lebih efektif dan efisien.Pemimpin pendidikan perlu memiliki beberapa kualitas yang secara pribadi, sosial dan moral terintegrasi ke dalam dirinya. Oleh karena itu, sifat-sifat tersebut dapat mempengaruhi sikap dan kebijakan yang akan diambil, yang berimplikasi positif. Kualitas yang harus dimiliki pemimpin pendidikan Islam juga mengacu pada karakteristik Nabi Muhammad SAW. Sebagai pemimpin teladan untuk menjadi panutan pemimpin yang ideal, Nabi Muhammad diberkahi dengan empat karakteristik utama: Sidik, Amana, Tabrich, dan Fatana. Sidik berarti kejujuran dalam kata-kata, dan Amana sebenarnya berarti amanah untuk menjaga tanggung jawab. Tabligh artinya menyampaikan segala macam kebaikan kepada umatnya. Fasana artinya cerdas dalam pengelolaan masyarakat. Karena sifat-sifat Nabi Muhammad, Leadership pendidikan Islam secara otomatis dijalankan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

Full Text:

PDF

References


Bajar,Abu. Ilmu Manajemen. Cet. I; Makassar: Alauddin University Press, 2016.Saefuddin, dkk. Desekularisasi Pemikiran: Landasan Islamisasi. Cet. IV; Bandung: Mizan, 2003.

Departamen Agama RI.. Al-Qur’an dan Tafsirnya. Jilid II. Cet. III; Jakarta: Lembaga Percetakan al-Qur’an Departemen Agama, 2009.

Departamen Agama RI.. Al-Qur’an dan Tafsirnya. Jilid VI. Cet. III;

Jakarta: Lembaga Percetakan al- Qur’an Departemen Agama, 2009.

Departamen Agama RI.. Al-Qur’an dan Tafsirnya. Jilid VIII. Cet. III; Jakarta: Lembaga Percetakan al- Qur’an Departemen Agama, 2009.

Departemen Agama RI, Undang-Undang dan peraturan pemerintah RI Tentang Pendidikan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI,2006.

Irham, Muhammad dan Novan Ardy Wiyani. Psikologi Pendidikan. Cet. III; Yogyakarta: Ar-Ruzz Media,2016.

Muhaimin, dkk.. Manajemen Pendidikan. Cet. V; Jakarta: Kencana, 2012. Purwanto, M. Ngalim. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Cet. X; Bandung: Remaja Karya, 2001.

Qomar, Mujamil. Manajemen Pendidikan Islam. Cet. I; Jakarta: Erlangga,2007. Ramayulis. Dasar-dasar Kependidikan. Cet. I; Jakarta: Kalam Mulia, 2015.

Rivai, Veithza. Kiat Memimpin Abad 21. Cet. I; Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2004.

Sagala, Syaiful. Administrasi Pendidikan Kontemporer. Cet. VI; Bandung: Alfabeta, 2012.

Sakdiah, “Karakteristik Leadership dalam Islam (Kajian Historis Filosofis) Sifat-Sifat Rasulullahâ€,Jurnal Al-Bayan 22, no. 33 (2016): h. 52-61.

Sholeh, Abdul Rahman. Pendidikan Agama dan Pengembangn untuk Bangsa. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2005.

Supardi. Sekolah Efektif. Cet. I; Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2013.

Wibowo, Tri. Leadersihips. Cet. III; Jakarta: Prenada, 2009.

Yukl, Gary. Leadership in Organization. Singapura: Prentice Hall International, 2010.




DOI: https://doi.org/10.58403/annuur.v11i2.49

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

An-Nuur publised by Institut Agama Islam Al Muhammad Cepu

Gambar terkait