Peran Orang Tua Dalam Motivasi Belajar Siswa Di MI Tarbiyatul Islamiyah
Abstract
peran orang tua diperlukan dalam proses pembelajaran. Orang tua dapat memberikan motivasi, perhatian dan juga dukungan untuk anak saat aktivitas belajar. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MI Tarbiyatul Islamiyah. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua dalam memotivasi belajar tampak dari peran sebagai pembimbing, fasilitator dan motivator. Orangtua sebagai fasilitator dengan menyediakan sarana alat belajar seperti tempat belajar,buku-buku pelajaran dan alat-alat tulis dan memberikan fasilitas untuk mengembangkan bakat dan minat anak. Orangtua sebagai motivator dengan memberikan motivasi kepada anak dengan cara memberi penghargaan terhadap prestasi belajar anak dengan memberi hadiah maupun kata-kata pujian. Orangtua sebagai pembimbing dengan mendampingi dan membimbing anaknya dalam belajar serta memberikan bantuan kepada anak ketika mengalami kesulitan dalam kegiatan belajar anak..
Kata kunci: peran orangtua, motivasi belajar, siswa, MI Tarbiyatul Islamiyah
The role of parents is necessary in the learning process. Parents can provide motivation, attention and also support for children during learning activities. This study aims to obtain information about the role of parents in increasing students' learning motivation at MI Tarbiyatul Islamiyah. This type of research is descriptive qualitative research. The results showed that the role of parents in motivating learning was seen from the role as a guide, facilitator and motivator. Parents as facilitators by providing learning tools such as learning places, textbooks and stationery and providing facilities to develop children's talents and interests. Parents as motivators by providing motivation to children by rewarding children's learning achievements by giving gifts or words of praise. Parents as mentors by accompanying and guiding their children in learning and providing assistance to children when experiencing difficulties in children's learning activities.
Keyword : the role of parents, learning motivation, students, of MI Tarbiyatul Islamiyah
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afandi, Rifki, 2015, Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan
Motivasi Belajar Siswa Dan Hasil Belajar IPS Di Sekolah Dasar, Jurnal Inovasi
Pembelajaran, vol 1 (1), hal 77 - 79.
Alamiyah, S. S., Kusuma, A., Juwito, J., & Tranggono, D. (2021). Pergeseran Model Pendampingan
Penggunaan Media Digital oleh Orangtua pada Anak di Masa Pandemi COVID-19
Pendahuluan Pandemi COVID-19 telah menyebabkan perubahan pada berbagai aspek
kehidupan manusia . Untuk mengatasi dan mengurangi dampak resiko pandemi ,.
JCommsci-Journal Of Media and Communication Science, 4(1), 5–12.
https://doi.org/10.29303/jcommsci.v4i2.120.
Arifin, Zaenal. 2014. Penelitian Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Dasopang, M. A., & Montessori, M. (2018). Pengaruh Lingkungan dan Kebiasaan Orangtua Terhadap
Perilaku dan Sikap Moral Anak. Journal of Civic Education, 1(2), 98–107.
https://doi.org/10.24036/jce.v1i2.
Fadlilah, A. N. (2020). Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID?19 melalui Publikasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 373.
https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.548.
Habibi, R., & Nugroho, W. A. (2020). Pendidikan Etika Lingkungan dalam Kultur Sekolah Dasar Berbasis
Agama dan Alam. Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 5(2), 254-
Halawa, E. S. (2021). Penerapan Model Project-Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Anak Usia
Dini Melalui Media Komik Di Ii Sd Negeri 071057 Hiliweto Gido. Jurnal Review
Pendidikan dan Pengajaran, 4(1), 201–208. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.1939.
Handayani, I., Muhsinatin, A., & Asri, A. N. (2021). Peran Guru dan Orangtua Dalam Mengatasi Kesulitan
Belajar Matematika Anak Slow Learner di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pedagogi dan
Pembelajaran, 4(2). https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.36014.
Hangesty, A.H. 2019. Peran Orangtua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Usia 6-12 Tahun (Studi
Kasus Pada Program Home Visit Di Homeschooling Sekolah Dolan Malang). J+ Plus Unesa, 7(3).
Haryono, E. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. An-Nuur,
(2).
Haryono, Eko, et al. STATISTIKA SPSS 28. Edited by Rismawati, N. CV WIDINA MEDIA UTAMA,
Istafia, Rohmi, F., & Aditya, R. S. (2020). Tingkat Stress Orangtua Mempengaruhi Perilaku Adaptif Anak
Tingkat Stress Orangtua Mempengaruhi Perilaku Adaptif Anak Retardasi Mental Di Slb?BC Kepanjen Kab Malang. Jurnal Keperawatan Terapan, March.
https://doi.org/10.31290/jkt.v6i01.1460.
Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi
Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1),
https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.5
Lestari, Sri, 2012, Psikologi Keluarga. Jakarta: Kencana Preanada MediaGroup.
Lilawati, A. (2020). Peran orang tua dalam mendukung kegiatan pembelajaran di rumah pada masa
pandemi. Jurnal obsesi: Jurnal pendidikan anak usia dini, 5(1), 549-558.
Lonanda, S., Yolamalinda, & Stevi. (2015). Pengaruh Kesiapan Belajar, Lingkungan Belajar Dan Peranan
Orangtua Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas Ips Di SMA PGRI 4 Padang.
Journal of Economic and Economic Education, 5(2), 178–190.
https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Marr, C., Breeze, P., & Caton, S. J. (2021). A comparison between parent and grandparent dietary provision,
feeding styles and feeding practices when caring for preschool-aged children. Appetite, 27.
https://doi.org/10.1016/j.appet.2021.105777.
Meilanie, R. S. M. (2020). Survei Kemampuan Guru dan Orangtua dalam Stimulasi Dini Sensori pada Anak
Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 958–964.
https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.741.
Mustofa, H., & Kaswari, H. (2023). STRATEGI MANAJEMEN DAN OPTIMALISASI PERAN MASJID
AN-NUUR DALAM LAYANAN PENDIDIKAN ISLAM: Sebuah Studi Kasus Kualitatif.
An-Nuur, 13(2).
Nengsih, M. S., & Dafit, F. (2022). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Masa Pandemi
Covid-19. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(3), 476-482.
Nisa, K., & Sujarwo, S. (2020). Efektivitas Komunikasi Guru terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini.
Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 229.
https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.534.
Nisa, K., & Sujarwo, S. (2020). Efektivitas Komunikasi Guru terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini.
Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 229.
https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.534.
Rambe, N. M. (2019). Peran Keluarga Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa.
Rosalina, A., Widyasari, Y., Ismi, M., & Hapsari. (2010). Peranan Orangtua Dalam Dongeng Sebelum
Tidur Untuk Optimalisasi Kemampuan Berkomunikasi Anak Usia Dini. Psycho Idea, 8(2).
https://doi.org/10.30595/psychoidea.v8i2.236.
Slamet, S., Kusmanto, A., & Karjo, K. (2021). Analisis Pola Kerja Sama Antara Pengawas Kepala Sekolah
dan Guru dalam Pencapaian Standar Nasional Pendidikan (SNP) di Kabupaten Blora. Jurnal
Pendidikan Tambusai, 5(3), 10242-10261.
Slameto, Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhnya, (Jakarta: Rineka Cipta, 2010),
Sofiani, I. K., Mufika, T., & Mufaro’ah, M. (2020). Bias Gender dalam Pola Asuh Orangtua pada Anak
Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2).
https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.300.
Susanti, M. A. (2021). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orangtua terhadap Kemandirian Siswa Mengerjakan
Tugas Rumah. Educatif Journal of Education Research, 3(1), 162–166.
https://doi.org/10.36653/EDUCATIF.V5I1.138.
Susanti, W. T., & Ain, S. Q. (2022). Peran Orang Tua dan Guru dalam Pendampingan Belajar di Rumah
bagi Siswa Sekolah Dasar Terdampak Covid-19. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 9-16.
Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis Kendala Orangtua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah
Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1).
https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705.
Wulandari, A. P., & Renda, N. T. (2020). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dengan Motivasi Belajar
Matematika Siswa. Mimbar Ilmu, 25(2), 90. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26068.
Xie, J., Wang, M., & Hooshyar, D. (2021). Student , parent , and teacher perceptions towards digital
educational games : How they differ and influence each other. Knowledge Management &
E-Learning, 13(2), 142–160. https://doi.org/10.34105/j.kmel.2021.13.008.
Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam
Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal
Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740.
DOI: https://doi.org/10.58403/annuur.v14i1.339
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
An-Nuur publised by Institut Agama Islam Al Muhammad Cepu