TANTANGAN GURU PAI DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI ERA GLOBALISASI

Endang Rukmiati, Zainudin Zainudin

Abstract


Tulisan ini menyajikan analisis tinjauan peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter siswa di era globalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tantangan guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter siswa di era globlalisasi. Latar belakang penelitian berangkat dari kenyataan bahwa karakter adalah modal utama dan sangat penting, bagi kemajuan individu maupun bangsa. Jika kita bergeser maka era saat ini, permasalahan - permasalahan semakin kompleks. Dengan adanya kemajuan teknologi, maka yang terjadi adalah adanya perubahan peranan dan cara pandang dari manusia di dalam menjalani kehidupan sebagai makhluk sosial. Seiring dengan fenomena tersebut degradasi moral pun semakin marak. Pendidikan karakter di sekolah maupun madrasah merupakan pondasi awal untuk membentuk individu yang berkepribadian baik, bermutu, sehingga menjadikan anak-anak sebagai aset bangsa yang beradab dan maju. Fokus penelitian adalah apa saja tantangan guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter siswa di era globalisasi. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif jenis library research, dengan teknik pengumpulan data melalui pengumpulan bahan-bahan pustaka yang koheren dengan pembahasan yang dimaksud untuk menganalisis,

 

menjelaskan secara kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Pendidikan Agama Islam sangat berperan penting dan memiliki tantangan dalam membentuk karakter siswa di era globalisasi, diantaranya melalui pemberdayaan, keteladanan, intervensi terintegrasi, dan pembiasaan, untuk mendidik siswa agar menjadi manusia yang ihsani, yang berbuat baik dengan tindakan yang baik berdasarkan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Keywords


tantangan guru Pendidikan Agama Islam, karakter siswa, dan era globalisasi

Full Text:

PDF

References


Omari, Nopan (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Manajer Pendidikan.Vol 9 no. 3.

Baharun, H., di Maryam, S. (2019). Building Character Education Using Three Matra of Hasan al-Banna’s Perspective in Pesantren. Jurnal Pendidikan Islam 4,4(2), 51-62. https://doi.org/10.15575/jpi.v4i2.2422.

Haryono, E., Slamet, M., & Septian, D. (2023). STATISTIKA SPSS 28.

Haryono, Eko, et al. STATISTIKA SPSS 28. Edited by Rismawati, N. CV WIDINA MEDIA UTAMA, 2023.

Saptono, (2011). Dimensi-dimensi Pendidikan Karakter, Jakarta: Erlangga

Arikunto, Suharsini, (1990). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Jakarta: Rineka Cipta.

Chreswell, John W. (2010). Research Design: Qualitative, Quantitaive, and Mixed Methods Approaches. Terjh. Ahmad Fawaid. Yogyakarta

KartiniKartono, PatologiSosial 2, Kenakalan Remaja (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013). hlm3-5.

Wibowo, Agus, (2013). Pendidikan Karakter Berbasis Sastra: Internalisasi Nilai- nilai Karakter Melalui Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Maragustam, (2018). Filsafat Pendidikan Islam Menuju Pembentukan Karakter. Yogyakarta: Pascasarjana FTIK Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Marzuki, (2015). Pendidikan Karakter Islam. Jakarta: Amzah.

Ajat Sudrajat, 2011. “Mengapa Pendidikan Karakter?” Jurnal Pendidikan Karakter.

Subana, M. Sudrajat, 2011. Dasar-dasar Penelitian Ilmiah, Bandung Pustaka Setia.

Fathur Rohman, (2009), Strategi Pembelajaran PAI Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UNISNU JEPARA




DOI: https://doi.org/10.58403/annuur.v14i1.316

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

An-Nuur publised by Institut Agama Islam Al Muhammad Cepu

Gambar terkait