NILAI – NILAI FILOSOFI MAUZUN WAZAN FIIL TSULASI MUJARROD DALAM KEHIDUPAN MANUSIA

Muhammad Ruslan, Umi Hanik Ulfiah

Abstract


Abstraks

Dalam memahami  sesuatu yang tidak selalu tampak seperti apa adanya, mengerti tentang diri kita sendiri dan dunia kita,bagaimana kita bergulat dengan pertanyaan-pertanyaan mendasar,membuat kita lebih kritis,maka tentunnya sangat membutuhkan filsafat.

Filosofi kehidupan sendiri merupakan setiap sikap atau pandangan seseorang yang berkaitan dengan kebermaknaan akan kehidupan atau tentang bagaimana menjalani hidup seharusnya, juga memeriksa secara kritis hal yang dapat dijadikan landasan dari suatu sikap dan keyakinan.

Dalam Ilmu shorof jika kita renungkan dan ekplorasi lebih mendalam,banyak hikmah yang terkandung dalam istilah-istilah dan pembahasan-pembahasannya. Maka kita senantiasa disuguhkan dengan sebuah renungan yang unik dan menarik.

Filosofis hidup yang terkandung di dalam ilmu shorof tidak jauh bedanya dengan sebuah nilai filosofis hidup yang dihasilkan setelah kita mentafakuri kehidupan manusia. ada sebuah nilai kerja sama, keuletan dan sebagainya. tetapi, nilai-nilai filosofis apakah yang terkandung di dalam imu shorof.. ??.terutama filosofis hidup yang di gali dari istilah-istilah dan pembahasan-pembahasan dalam kajian fiil tsulatsi mujarrad.

Fiil mujarrod yaitu kalimat fiil yang terdiri dari 3 huruf pokok tanpa tambahan huruf lain. Dan di dalam bab ini, terdapat 6 wazan yang berbeda-beda. Fi’il tsulasi mujarrod adalah kalimat fi’il yang terdiri dari tiga huruf pokok tanpa tambahan huruf lain.Dalam bab ini terdapat enam wazan yang berbeda – beda ,dan tipe kalimatnya dijelaskan fase – fase perubahannya serta dibalik itu ternyata menyimpan filosofi.

 

Kata kunci : filosofi, wazan fiil tsulasi mujarrod


Full Text:

PDF

References


Daftar pustaka

Abul Husain Muslim bin al-Hajjaj al-Naisaburi, Shahih Muslim, Penerbit: Addarul Alamiyyah, Mesir

Departemen Agama RI,Al Qur’anul Karim dan terjemahannya,Kudus;Menara Kudus,2006

Drs. H. Agus Thoha, M.Si.,Buku Ajar Filsafat Ilmu , Cetakan Pertama , Penerbit Buku Deepublish, 2020

Imam al-Zarnûji, Ta’lîm al-Muta’allim Tharîq at-Ta’allum, Beirut: al-Maktab al-Islami, cetakan pertama, 1981

KH. Ma'shum bin Ali , Al-Amtsilah At-Tashrifiyyah,Surabaya,Maktabah Salim bin sa’d Nabhan.

KH. Misbah Mustofa ,As Shorful Wadlih,Percetakan Muallif,Bangilan Tuban

Muhammad bin Umar bin al-Husain bin Ali at-Taimi al-Bakri at-Thabari , Tafsir al-Fakhrurrazi Tafsir al-Kabir wa Mafatih al-Ghaib, Dar Al-Kutub Al-Ilmiyyah , 1411

Sunan Ibnu Majah / pengarang, Abu Abdullah Muhammad bin Yazid al-Qazwani ; penrjemah, Abdul Hayyie al-Kattani, Muhammad Mukhlisin, Andri Wijaya ; penyunting, Jajang Husni Hidayat, Jakarta : Gema Insani, 2016,Cetakan Pertama.




DOI: https://doi.org/10.58403/annuur.v13i2.297

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

An-Nuur publised by Institut Agama Islam Al Muhammad Cepu

Gambar terkait