Implementasi Pendidikan Inklusif Di Madrasah Sebagai Upaya Mewujudkan Pendidikan Ramah Anak

Juwarmi Juwarmi

Abstract


Abstrak

 

Salah  satu  permasalahan  pendidikan  di  Indonesia  adalah  adanya  diskriminasi pendidikan  untuk  peserta  didik  berkebutuhan  khusus.  Solusi  dari  permasalahan  tersebut adalah  diterapkannya  pendidikan  inklusi  di  madrasah  untuk  mewujudkan  pendidikan  yang ramah  untuk  anak.  Tujuan  dari  implementasi  pendidikan  inklusif  adalah  untuk  menunjang tercapainya  program  wajib  belajar  bagi  anak  berkebutuhan  khusus.  Adapun  metode  dari penelitian  ini  menggunakan  pendekatan  kualitatif  yang  mengungkap  data  deskriptif  dan informan  tentang  upaya  implementasi  pendidikan  inklusif  di  madrasah.  Upaya  yang  dapat dilakukan untuk terwujudnya implementasi pendidikan inklusif untuk mewujudkan pendidikan ramah  anak  diantaranya:  1).  Kerjasama  dari  beberapa  pihak  diantaranya  peserta  didik berkebutuhan khusus, wali kelas, guru mata pelajaran, orangtua peserta didik berkebutuhan khusus, pemerintah dan masyarakat, 2). Adanya tenaga pendidik yang berkompetensi dalam bidang pendidikan khusus, 3) Adanya pendampingan agar dapat menumbuhkan budaya yang inklusif  di  lingkungan  madrasah  tersebut,  dan  4).  Penggunaan  fleksible  curriculum  yang disesuaikan  dengan  kebutuhan  masing-masing  peserta  didik  yang  dibuat  berdasarkan karakteristik  dari  madrasah  penyelenggara  itu  sendiri,  tanpa  mengesampingkan  pedoman yang telah ada. Keywords: pendidikan inklusif, pendidikan ramah anak, anak berkebutuhan khusus.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.58403/annuur.v13i2.267

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

An-Nuur publised by Institut Agama Islam Al Muhammad Cepu

Gambar terkait