Pembuatan Buku Pop Up untuk Meningkatkan Kemahiran Berbicara di MTs Mujahidin Kendilan Sambong Blora

Umi Hanik Ulfiah

Abstract


ABSTRAK Para siswa Mts Mujahidin mengalami beberapa masalah dalam mempelajari bahasa Arab, di antaranya: 1) para siswa masih banyak yang kurang bisa membaca dan menulis huruf Arab. 2) kurangnya minat terhadap pembelajaran bahasa Arab. Dan penulis mencoba memecahkan masalah ini dengan buku pop up untuk peningkatan kemahiran berbicara. Karena jika para siswa menguasai materi dari awal secara verbal (berbicara), maka mereka akan belajar dengan semangat. Dengan kemahiran berbicara maka akan mendukung kemahiran membaca dan kemudian juga akan mengembangkan kemahiran menulis. Dan buku pop up merupakan media menarik yang akan meningkatkan minat belajar mereka.Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mendiskripsikan cara pembuatan buku Pop Up kemahiran berbicara bahasa Arab. 2) Untuk mengukur sejauh mana efektifitas buku Pop Up kemahiran berbicara bahasa Arab.Dalam penulisan tesis ini peneliti menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Yaitu, sebuah metode yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan uji efektifitas. Dan untuk menyelesaikan penelitian ini peneliti menggunakan langkah-langkah penelitian dan pengembangan dari Borg dan Gall.Dan hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Penelitian ini terselesaikan dengan langkah-langkah berikut: analisis kebutuhan dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi ahli, revisi produk, uji produk kelompok kecil, revisi produk, uji efektifitas dan penyempurnaan produk akhir. 2) Adapun hasil dari uji efektifitas adalah produk ini sangat efektif dengan nilai 9, 26 yang artinya buku pop up yang dibuat memiliki pengaruh yang sangat besar (signifikan) atau sangat efektif untuk keberhasilan pembelajaran kemahiran berbicara bahasa Arab.Kata Kunci : Pembuatan buku Pop Up , Kemahiran Berbicara 

Full Text:

PDF

References


‌أ. المراجع اللغة العربية

أستينا خيراني. إعداد المواد التعليمية لمهارة الكلام لطلبة أكاديمية التمريض بحث تطويري و تجريبي بأكاديمية نبيلة للتمريض بمدينة بادنج بانجانج. جامعة مولانا مالك إبراهيم الإسلاميّة الحكوميّة بمالانج. 2012

بحر الدين، أوريل. تطوير منهج تعليم اللغة العربية. : UIN Maliki Pressمالانج، 2010م.

صينى، محبوب إسماعيل وعمر الصديق عبدالله. المعينات البصرية ÙÙŠ تعليم اللغة، Ø·. 1. الرياض: جامعة الملك سعود، 1984.

طعيمة، رشدي أحمد. المرجع ÙÙŠ تعليم اللغة العربية للناطقين بلغات أخرى. مكة: جامعة أم القرى، د.س.

العقلى، عبد العزيز محمد. تقنيات التعليم والإتصال. جميع حقوق الطبع محÙوظة: الرياض، 1419هـ.

كاظم، أحمد خيرى و جابر عبد الحميد جابر. الوسائل التعليمية والمنهج. القاهرة: دار النهضة العربية، 1997م.

معلوÙØŒ لوبس. المنجد ÙÙŠ اللغة والإعلام. بيروت: دار المشرÙØŒ 1986Ù….

منصور، عبد المجيد سيد أحمد. سيكولوجية الوسائل التعليمية ووسائل تدريس اللغة العربية، Ø·. 1. القاهرة: دار المعارÙØŒ 1983.

يونس، Ùتحي علي وآخرون. المرجع ÙÙŠ تعليم اللغة العربي للأجانب " من النظرية إلى التطبيق". القاهرة: مكتبة وهبة، 1423Ù‡/2003Ù….

‌ب. المراجع الأجنبية

Al-Ghali, Abdullah dan Abdul Hamid Abdullah. 2012.Terj. Sudi Yahya Husain dan teman-teman. Menyusun Buku Ajar Bahasa Arab. Padang: Akademia Permata.

Djijar, Canggih Devi. 2015. “Efektivitas Media Pop-Up Book dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Cerita Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas I SD Brawijaya Smart School Malangâ€. Skripsi. Universitas Negeri Malang.

Fitriati, Rofiatun Indah dan kawan-kawan. 2015. “Menumbuhkan Karakter Cinta Budaya Daerah pada Anak dengan Buku Cerita Rakyat Pop Up Berbahasa Jawaâ€. Proposal PKM Penelitian. Uneversitas Negeri Semarang.

https://en.wikipedia.org/wiki/Pop-up_book#History

Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mujib, Fathul dan Nailur Rahmawati. 2011.Metode Permainan-Permainan Edukatif Dalam Belajar Bahasa Arab. Yogjakarta: Diva Press.

Pramesti, Jatu. 2015. “Pengembangan Media Pop Up Book Tema Peristiwa untuk Kelas III SD Negeri Pakem 1â€. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Setyawa, Desta dan Dosen. 2013. “Penerapan Pop Up Book untuk Meningkatkan Ketrampilan Berbicaraâ€. Jurnal Penelitian Kolaboratif. PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret.

Setyosari, Punaji. 2010.Metode penelitian Pendidikan dan pengembangan. Jakarta: Kencana.

Sugiono. 2007.Metode Penelitian Kuantitatif-Kualitatif R dan D. Bandung: Alfabeta.

Suyanto, Kasihani. 2007.English for Young Leaner. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.58403/annuur.v13i1.258

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

An-Nuur publised by Institut Agama Islam Al Muhammad Cepu

Gambar terkait