Relevansi Konsep Pendidikan Islam Ibnu Khaldun Dengan Pendidikan Modern

Meitia Rosalina Yunita Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemikiran Ibnu Khaldun terhadap pendidikan Islam dan relevansinya terhadap pendidikan modern. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif (library research) kemudian menganalisis sumber sumber data yang diperoleh kedalam karya ilmiah ini. Hasil dari karya ilmiah ini yaitu Dalam pendidikan modern sekarang ini, kita ketahui bahwa ada beberapa hal yang masih relevan dan harus tetap dilaksanakan, yakni dengan konsep al-qurbb al-mu`ayanah yakni pendidikan yang bersifat lemah lembut dan kasih sayang, dan spesialisasi ilmu pengetahuan (profesionalisme), penerapan konsep malakah dan tadrij-nya, serta prioritas pengetahuan sesuai dengan jenjang-jenjang pendidikan tertentu (dengan memperhatikan aspek psikologis peserta didik).


Full Text:

PDF

References


Al-Jumbulati, Ali Penerjemah Arifin, Perbandingan Pendidikan Islam (Dirasatun Muqaaranatun fit-Tarbiyyatil Islamiyyah), Jakarta: PT Rineka Cipta 2002

Arifin, Muzayyin, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2008

Kurniawan, Syamsul dan Erwin Mahrus, Jejak Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam, Yogyakarta : Ar Ruzz Media, 2013

Khaldun, Ibnu, Muqaddimah, Jakarta: Pustaka Firdaus, cet-10, 2011, penj: Ahmadie Thoha

Nizar, Samsul, Filsafat Pendidikan Islam; Pendekatan Historis, Teoristis dan Praktis, Ciputat Pres, 2002

Madjidi, Busyairi, Konsep Kpependidikan Para Filosof Muslim, Yogyakarta: al-Amin Press, 1997

Maragustam, Filsafat Pendidikan Islam Menuju Pembentukan Karakter Menghadapi Arus Global, (Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta, 2010)

Muchsin, Misri, Filsafat Sejarah dalam Islam, Yogyakarta: Ar-Ruzz Press, 2002

Ridha, Muhammad Jawwad, Tiga Aliran Utama Teori Pendidikan Islam, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2002

Sadikin, SULUH Jurnal Pendidikan Islam Vol. 3 No. 3 September-Desember 2010

Suharto, Toto, Filsafat Pendidikan Islam, (Yogjakarta: Ar-Ruzz, 2006

Syahridlo, dan Sutarman, Aliran-Aliran Filsafat, Yogyakarta: Kopertais Wilayah III Daerah Istimewa Yogyakarta, 2011

Thaha, Nasruddin, Tokoh-Tokoh Pendidikan Islam di Zaman Jaya, Jakarta: Mutiara, 1979

Walidin, Warul, Konstelasi Pemikiran Pedagogik Ibnu Khaldun Perspektif Pendidikan Modern, Nadya Foundation, 2003




DOI: https://doi.org/10.58403/annuur.v13i1.159

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

An-Nuur publised by Institut Agama Islam Al Muhammad Cepu

Gambar terkait