PRESPEKTIF PENDIDIKAN AKHLAK DALAM SURAT LUQMAN AYAT 12-19

Ade Falah, Ali Ashar, Hidayatul Mustofa

Abstract


Pendidikan akhlak itu sangat penting. Pendidikan akhlak dibahas dalam banyak buku, artikel, dan risalah. Mereka melihatnya dari sudut yang berbeda. Konsep yang mereka tawarkan juga berbeda. Beberapa konsep terbatas pada materi, beberapa terbatas pada metode. Kajian ini mengkaji tentang konsep pendidikan akhlak dalam Al-Qur'an. Kajian ini berfokus pada Surah Luqman ayat 12-19 dan tujuannya adalah untuk memahami bagaimana konsep pendidikan akhlak dalam Surah Luqman ayat 12-19. Penelitian ini merupakan studi kepustakaan melalui penelusuran, pengumpulan, pembacaan dan analisis sumber-sumber penelitian berupa al-Qur'an dan kitab-kitab tafsir, serta buku-buku yang relevan dengan pertanyaan penelitian. Metode yang digunakan adalah metode tafsir subjek (maudu'i). Dalam menganalisis data, penelitian ini menggunakan analisis isi. Hasil penelitian ini adalah akhlak merupakan bagian dari pendidikan Islam. Banyak konsep pendidikan akhlak yang diberikan, yaitu; tauhid (akhlak terhadap Allah) ayat 13, birul walidain (akhlak terhadap keluarga) ayat 14-15, ibadah (akhlak terhadap diri sendiri) ayat 16-17 dan muamalah (akhlak terhadap orang lain) ayat 18-19

Full Text:

PDF

References


Abduh, Muhammad, (1989), Risalah Tauhid, Cet. 1: Jakarta; Bulan Bintang.

al-Abrasyi, Muhammad Athiyah, (2003), Prinsip-Prinsip Dasar Pendidikan Islam, Bandung; Pustaka Setia.

Al-Maragi, Ahmad Mustafa, (1974) Tafsir al-Maragi, Juz. 21, diterjemahkan oleh Bahrun Abu Bakar, dkk. Mesir: Mustafa al-Babi al-Halabi.

Al-Nahlawi, Abdurrahman, (1999), Usul Al-Tarbiyyah al- Islamiyah wa Asalibuha fi al-Bayt wa al-Madrasat al-Mujtama‟ , Beirut: Dar al-Fikr.

H.M. Arifin, H.M., (2000), Psikologi Dakwah Suatu Pengatar Studi, Jakarta: Bumi Aksara.

Darraz, Muhammad Abdullah, (1973), Dustur al-Akhlaq fi al- Qur‟an, Beirut: Muassasah al-Risalah.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bab II, Dasar Fungsi dan Tujuan, Pasal 3.

Hamka, (1993), Tafsir al-Azhar Jilid 7 , Cet. Ke-2; Singapura: Pustaka Nasional.

Masy‟ari, Anwar, (2007), Akhlak al-Qur‟an, Surabaya: Bina Ilmu.

Nata, Abudin, (2003), Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam, Jakarta; PT RajaGrafindo Persada.

Nata, Abudin, (2011), Metodologi Studi Islam, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Qutub, Sayyid, (2002), Tafsir fi dzilali al-Qur‟an, Juz. 21, Terj. As‟ad Yasin dan Abdul Aziz Salim basyarahil, Di Bawah Naungan Al-Qur‟an, Jakarta; Gema Insani Press.

Shihab,M.Quraish,(1996),Membumikan Al-Qur‟an, Fungsi dan Peran Wahyu Dalam Kehidupan Masyarakat, Bandung: Mizan.

Shihab,M.Quraish,(1996),Membumikan Al-Qur‟an, Fungsi dan Peran Wahyu Dalam (1999), Wawasan Al-Qur‟an, Tafsir Maudhu‟i

Shihab,M.Quraish,(1996),Membumikan Al-Qur‟an, Fungsi dan Peran Wahyu Dalam Persoalan Umat, Bandung; Mizan.

Shihab, M. Quraish, (1996), Membumikan Al-Qur‟an, Fungsi dan Peran Wahyu Dalam, (2002), Tafsir Al-Mishbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur‟an, Vol. 11; Jakarta: Lentera Hati.

Sholihin, M. dkk, (2004), Akhlak Tasawuf, Manusia, Etika, dan Makna Hidup, Bandung; Nuansa.




DOI: https://doi.org/10.58403/annuur.v12i1.134

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

An-Nuur publised by Institut Agama Islam Al Muhammad Cepu

Gambar terkait