Peranan Strategi Marketing Funding dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Funding di BSI KCP Bojonegoro Suropati

Suci Lestari, Slamet Mamik, Muhammad Husaini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Marketing Funding di BSI KCP Bojonegoro Suropati. Selanjutnya untuk mengetahui dan mendeskripsikan analisis strategi marketing dalam meningkatkan jumlah nasabah funding di BSI KCP Bojonegoro Suropati. Variabel dalam penelitian ini adalah strategi marketing dan jumlah nasabah. Metode penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) data serta pengumpulan datanya dilakukan ditempat terjadinya fenomena atau kasus tertentu terjadi. Penelitian ini di lakukan di BSI KCP Bojonegoro Suropati. Hasil penelitian dalam menentukan target pasar, BSI KCP Bojonegoro Suropati dibagi menjadi dua, yaitu dalam produk tabungan, menargetkan pada individu dan non-individu yang sudah memiliki KTP atau NPWP, sedangkan dalam produk deposito dan giro, ditargetkan pada badan perusahaan, sekolah-sekolah ataupun masjid. Hasil analisis Strategi yang digunakan BSI KCP Bojonegoro Suropati yaitu marketing mix 7p dan STP Marketing, yang dilakukan oleh Funding Officer mulai dari memasarkan produk, memanfaatkan lokasi sekitar BSI dan sekitarmya, promosi yang dilakukan secara offline maupun online, meningkatkan kualitas diri sebagai Funding Officer, dan membantu memudahkan nasabah dengan melayani nasabah dengan fasilitas yang diberikan oleh BSI KCP Bojonegoro Suropati.

Keywords


Marketing Funding, Strategi Marketing, BSI, Jumlah Nasabah

Full Text:

PDF

References


Afifuddin dan Beni Ahmad, Metodologi Penelitian, (Bandung; Pustaka Setia,2009)

Departemen Agama RI, Al Quran dan Terjemahnya, (Surabaya; UD Mekar Surabaya, 2000)

Haryono, E. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. An-Nuur, 13(2).

Haryono, Eko, et al. STATISTIKA SPSS 28. Edited by Rismawati, N. CV WIDINA MEDIA UTAMA, 2023.

Husaini, M., & Nadifah, N. A. N. N. A. (2023). KONSEP EKONOMI DAN PERBANDINGANNYA ANTARA KAPITALIS, SOSIALIS DAN ISLAM. Al Fattah Ejournal Sma Al Muhammad Cepu, 2(02), 36-56.

HARYONO, E. (2023). ANALISIS PENGARUH BEASISWA KIP TERHADAP PRESTASI MAHASISWA IAI AL MUHAMMAD CEPU DENGAN PENDEKATAN VARIABEL DUMMY. Riemann : Research of Mathematics and Mathematics Education, 5(2), 35–43. https://doi.org/10.38114/riemann.v5i2.5

Malayu Hasibuan, Dasar-dasar Perbankan, (Jakarta: Bumi Aksara, 2004).

Ni’matus Sa’adah, U. (2018). Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas dan Firm Sizeterhadap Nilai Perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Indeks (JII) Periode 2011-2015. IQTISHADUNA, 9(1), 80–88. https://doi.org/10.20414/iqtishaduna.v9i1.688

Shimp, Periklanan Promosi, (Jakasrta; Erlangga, 2014)

Ismawati, Peran Dan Strategi Marketing Funding Dalam Meingkatkan Jumlah Nasabah Penabung Pada Bank Syariah Mandiri KCP Panakkukang Kota Makassa”, (skripsi, UIN Alauddin Makassar), 2019.

Wahyudin, M., Susianti, N., & Fakhiro, S. H. (2022). PERANAN PEMBIAYAAN BANK SYARIAH DALAM MENINGKATKAN USAHA MIKRO DAN MENENGAH (STUDI KASUS BSI KCP PATI TAHUN 2022). Al Iqtishadiyah: Journal of Islamic Economics and Finance, 1(1).

Sa’adah, U. N. M., & Indana, R. (2023). Analysis of Capital Structure and Profitability on Firm Value of Companies Listed on the Sharia Stock List. Journal of Accounting Inquiry, 2(2), 096-104.

Widayanti, A., & Candrasari, R. (2021). Pengaruh Badan Usaha Miliki Desa terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta. Nomicpedia: Journal of Economics and Business Innovation, 1(1), 52-66.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Link to:

                                                              

 

Economy, Business, and Financial Journal :

            Â