Pengaruh Pemasaran Produk Syariah terhadap Peningakatan Dana Pihak Ketiga pada Bank Syariah Indonesia Bojonegoro

Muhammad Husaini, Ita Ariyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendskripsikan (1) pemasaran produk syariah di Bank Syariah Indonesia KC Bojonegoro, (2) dana pihak ketiga di Syariah Indonesia KC Bojonegoro, (3) Pengaruh pemasaran produk syariah terhadap peningkatan dana pihak ketiga di Syariah Indonesia KC Bojonegoro. Dalam penelitian ini pemasaran produk syariah sebagai variabel independent, sedangkan peningkatan dana pihak ketiga sebagai variabel dependen. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sedangkan metode pengumpulan datanya menggunakan wawancara, dokumentasi dan kuisioner. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil bahwa (1) pemasaran produk syariah di Bank Syariah Indonesia KC Bojonegoro tergolong sangat baik hal ini ditunjukkan dengan rata-rata sebesar 46,8 dengan nilai presentase jawaban sebesar 85% yang dimana nilai ini berada diantara 81%-100% sehingga dapat disimpulkan bahwa pemasaran produk syariah di Bank Syariah Indonesia KC Bojonegoro tergolong sangat baik, (2) dana pihak ketiga di Syariah Indonesia KC Bojonegoro tergolong sangat baik hal ini ditunjukkan dengan rata-rata sebesar 25,9 dengan nilai presentase jawaban sebesar 86% yang dimana nilai ini berada diantara 81%-100% sehingga dapat disimpulkan bahwa pemasaran produk syariah di Bank Syariah Indonesia KC Bojonegoro tergolong sangat baik, (3) Pengaruh pemasaran produk syariah terhadap peningkatan dana pihak ketiga di Syariah Indonesia KC Bojonegoro berpengaruh positif, hal ini ditunjukkan dengan hasil pengujian hipotesis bahwa nilai thitung > ttabel atau 3,299 > 2,002 dengan nilai signifikasi < taraf signifikasi 5% atau 0,002 < 0,05, H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat pengaruh secara signifikan antara pemasaran produk syariah terhadap peningkatan dana pihak ketiga.

Keywords


Dana Pihak Ketiga, Produk Perbankan Syariah

Full Text:

(98-102) PDF

References


Amir Mahmud dan Rukmana. 2019. Bank Syariah Teori, Kebijakan dan Studi Empiris di Indonesia. Jakarta: Erlangga

Amirullah dan Sri Budi Cantika. 2000. Manajemen Strategi. Yogyakarta: Graha Ilmu

Amrin, Abdullah. 2007. Strategi Pemasaran Asuransi Syariah. Jakarta: Grasindo

Anggreani, Eka Agus. 2020. Jurnal Evaluasi Teknik Pemasaran Produk Bank Syariah. Bengkulu

Antonio, Muhammad Syafi’i. 2001. Bank Syariah dari Teori ke Praktek. Jakarta: Gema Insani Press

Ayus Ahmad Yusuf dan Abdul Aziz. 2009. Manajemen Operasional Bank Syariah. Cirebon: STAIN Press

Bashu Swastha DH dan Irawan . 1997. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty Yogyakarta

Cholid Narbuko & Abu Achmadi. 2016. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI. 1997. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Dokumen Bank Syariah Indonesia KC Bojonegoro

Efendi, Onong Uchyana. 1992. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Eko Haryono. (2023). Pemberdayaan Ekonomi Islam Melalui Optimalisasi Zakat. Al Fattahejournalsmaalmuhammadcepu, 1(01), 17–30. Retrieved from https://www.ejournal.smaamc.sch.id/index.php/belajar/article/view/21

Gufron, Sofiniyah. 2005. Konsep dan Implementasi Bank Syariah. Jakarta: Renaisan

Haryono, E., Slamet, M., & Septian, D. (2023). STATISTIKA SPSS 28.

Haryono, Eko, et al. STATISTIKA SPSS 28. Edited by Rismawati, N. CV WIDINA MEDIA UTAMA, 2023.

Harahap, Sofyan Syafri. 2004. Akuntansi Islam. Jakarta: Bumi Aksara

Hermawan Kertajaya dan Syakir Sula. 2006. Syariah Marketing. Bandung

https://www.bankbsi.co.id/company-information/tata-kelola/dokumen/anggaran_dasar diakses pada 21 agustus 2022

https://ir.bankbsi.co.id/vision_mission.html diakses pada 21 agustus 2022

https://ir.bankbsi.co.id/vision_mission.html diakses pada 21 agustus 2022

Gozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SSPS 19. Semarang: Universitas Diponegoro

Indonesia dan undang-undang RI nomor 21 tahun 2008 tentang Perbankan Syariah. Bandung: Citra Umbara

Karim, Adiwarman A. 2010. Bank Islam Analisis Fiqih dan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Kasmir. 2015. Menejemen Perbankan, Jakarta: Rajawali Pers

Kementrian Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahan, 2019

Maruta, Heru. 2016. Akad Mudharabah, Musyarakah, dan Murabahah Serta Aplikasinya Dalam Masyarakat. Jurnal Ekonomi Kita

Meilita, Nita. Jurnal Pengaruh Sumber Dana Pihak Ketiga Terhadap Profitabilitas Pada Bank Syariah, Cirebon: 2011

Muhammad. 2016. Sistem Bagi Hasil dan Pricing Bank Syariah. Yogyakarta: UII Press

Muslich, Ahmad Wardi. 2010. Fiqh Muamalat. Jakarta: Amzah

Nuh, M. 2010. Dasar-dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung: Alfabeta

Pengaruh Sumber Dana Pihak Ketiga, 11 Februari 2021, https://core.ac.uk/

Philip Kotler dan Gary Arinstrong. 2004. Dasar-dasar Pemasaran Penerjemah Alexander Doro. Jakarta: PT. Indeks

Siagian, Sondang. 1986. Analisis serta Perumusan Kebijakan dan Strategi Organisasi. Jakarta: Gunung Agung

Siregar, Syofyan. 2010. Statistika Deskriptif untuk Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta

Sujarweni, V. Wiratna. 2019. Metodologi Penelitian Bisnis Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Supratikno, Hendrawan. 2003. Advanced Strategic Management; Back to Basic Approach. Jakarta: PT. Gravindo Utama

Taswan. 2010. Manajemen Perbankan, Konsep, Teknik dan Aplikasi. Yogyakarta: UPP STIM YKPN

Umar, Husein. 2000. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Undang-undang RI nomor 6 tahun 2009 tentang Bank Indonesia dan undang-undang RI nomor 21 tahun 2008 tentang Perbankan Syariah. Bandung: Citra Umbara

Undang-undang RI nomor 6 tahun 2009 tentang Bank Indonesia dan undang-undang RI nomor 21 tahun 2008 tentang Perbankan Syariah

Wiyono, Slamet. 2005. Akutansi Perbankan Syariah. Jakarta: PT. Garsindo

Zulkifli, Sunarto. 2003. Perbankan Syariah. Jakarta: Zikrul Hakim


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Link to:

                                                              

 

Economy, Business, and Financial Journal :

            Â