Pengaruh Content Marketing Dan Influencer Terhadap Minat Menggunakan Layanan Bank Syariah Indonesia Melalui Brand Image Sebagai Intervening (Studi Kasus Generasi Z di Pulau Jawa)

Syahidah Amanina, Rifaatul Indana

Abstract


Perubahan perilaku terhadap kemajuan teknologi dan tingginya penggunaan internet memunculkan sebuah trend baru dalam dunia digital, yaitu penggunaan social media. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat generasi Z menggunakan layanan Bank Syariah Indonesia dari adanya proses penilaian sebuah content, influencer, dan brand image. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kusioner secara online dan diperoleh 195 responden yang memenuhi kriteria. Metode analisis yang digunakan adalah SEM berbasis varian Partial Least Square (PLS) dengan menggunakan software SmartPLS versi 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel content marketing dan influencer berpengaruh positif terhadap brand image. Variabel content marketing dan brand image berpengaruh positif terhadap minat menggunakan, sedangkan variabel influencer tidak berpengaruh terhadap minat menggunakan. Penelitian ini juga membuktikan bahwa variabel brand image dapat memediasi hubungan antara content marketing dan influencer terhadap minat generasi Z menggunakan layanan Bank Syariah Indonesia. 

Kata kunci: Generasi Z, Social Media, Content Marketing, Influencer, Brand Image, Minat 


Keywords


Generasi Z, Social Media, Content Marketing, Influencer, Brand Image, Minat

Full Text:

(42- 65) PDF

References


Abd Rahman, A., Asrarhaghighi, E., & Ab Rahman, S. (2015). Consumers and Halal cosmetic products: Knowledge, religiosity, attitude and intention. Journal of Islamic Marketing._

Abdillah, W., & Jogiyanto Hartono, B. U. (2020). Konsep dan aplikasi: Structural equation modeling berbasis varian dalam penelitian bisnis.

Afandi, A., Samudra, J. P., Sherley, S., Veren, V., & Liang, W. (2021). Pengaruh Endorsement Influencer Instagram Terhadap Keputusan Pembelian pada Generasi Z. Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 5(1), 15–28.

Agustina, W., & Sari, W. P. (2021). Pengaruh Influencer Marketing Tiktok terhadap Brand Image Bittersweet by Najla. Prologia, 5(2), 356–361.

Alinda, D. N., Herman, H., & Hambalah, F. (2021). Pengaruh Sponsorship dan Brand Ambassador terhadap Purchase Intention dengan Brand Image sebagai Variabel Intervening (Studi pada Shopee sebagai Sponsor Utama Liga 1 Indonesia dan Cristiano Ronaldo sebagai Brand Ambassador). EBIS: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(2), 10–18.

Anjani, S., & Irwansyah, I. (2020). Peranan Influencer Dalam Mengkomunikasikan Pesan Di Media Sosial Instagram [the Role of Social Media Influencers in Communicating Messages Using Instagram]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 16(2), 203–229.

Arikunto, S. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta.

Chairunnisa, D. M., & Setyorini, R. (2020). Pengaruh Influencer Terhadap Purchase Intention Produk Pixy Melalui Source Characteristics (studi Pada Beauty Vlogger Tasya Farasya). EProceedings of Management, 7(1).

Fadhilah, F., & Saputra, G. G. (2021). Pengaruh content marketing dan e-wom pada media sosial tiktok terhadap keputusan pembelian generasi z. INOVASI: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Manajemen, 17(3), 505–512.

Fania, F. (2021). Pengaruh konten media sosial terhadap niat beli ulang melalui citra merek pada produk kecantikan innisfree= The effect of social media content on repurchase intention through brand image on innisfree beauty products [PhD Thesis]. Universitas Pelita Harapan.

Hair, J. F., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2011). PLS-SEM: Indeed a silver bullet. Journal of Marketing Theory and Practice, 19(2), 139–152.

Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh influencer marketing sebagai strategi pemasaran digital era moderen (Sebuah studi literatur). Eksekutif, 15(1), 133–146.

Hermanda, A., Sumarwan, U., & Tinaprillia, N. (2019). The effect of social media influencer on brand image, self-concept, and purchase intention. Journal of Consumer Sciences, 4(2), 76–89.

Indrata, S., L., & Susanti, C., E. (2017). Pengaruh Perceived Value dan E-Service Quality terhadap Customer Behavioral Intention Melalui Customer Satisfaction pada Pengguna Gojek di Surabaya. Kajian Ilmiah Mahasiswa Manajemen (KAMMA), 6(2), 131–147. http://journal.wima.ac.id/index.php/KAMMA/

Irianto, D. R. (2021). Pengaruh content marketing dan brand image terhadap minat beli produk mitra Bukalapak: Studi pada konsumen mitra Bukalapak di Kota Malang [PhD Thesis]. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Karanika-Murray, M., Duncan, N., Pontes, H. M., & Griffiths, M. D. (2015). Organizational identification, work engagement, and job satisfaction. Journal of Managerial Psychology.

Kazmi, A., & Mehmood, Q. (2016). The effect of electronic word of mouth communication and brand image on purchase intention: A case of consumer electronics in Haripur, Pakistan. Management Science Letters, 6(7), 499–508.

Keller, K. L., & Swaminathan, V. (2019). Strategic brand management: Building, measuring, and managing brand equity. Pearson London.

Krisdayanti, H., & Arini, E. (2022). Pengaruh Daya Tarik, Citra Merek, Keahlian Dan Selebriti Endorse Terhadap Minat Beli. Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains. Vol, 3(1).

Kusuma, A. H. P., Sudirman, A., Purnomo, A., Aisyah, S., Sahir, S. H., Rumondang, A., Salmiah, S., Halim, F., Wirapraja, A., & Napitupulu, D. (2020). Brand Management: Esensi, Posisi dan Strategi. Yayasan Kita Menulis.

Larasati, P. K. P. (2021). Efektivitas Content Creator Dalam Strategi Promosi Di Era Digital. SANDI: Seminar Nasional Desain, 1, 126–133.

Limandono, J. A. (2017). Pengaruh content marketing dan event marketing terhadap customer engagement dengan sosial media marketing sebagai variabel moderasi di Pakuwon City. Jurnal Strategi Pemasaran, 5(1), 11.

Luvian, K. (2020). Pengaruh Konten Sosial Media Instagram Starbucks Indonesia terhadap Minat Berkunjung dengan Citra Merek sebagai Variabel Mediator [PhD Thesis]. Universitas Multimedia Nusantara.

Mahendra, F. Z. (2021). Pengaruh Content Marketing Terhadap Purchase Intention Pada Fan Apparel Dengan Customer Engagement Sebagai Variable Mediasi (Studi Pada Akun Instagram@ Authenticsid). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 9(2).

Manda, N. A. (2020). Pengaruh Celebrity Endorsment Terhadap Repurchase Intention Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening Pada Produk Luwak White Koffie (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pgri Adi Buana Surabaya) [Phd Thesis]. Universitas Pgri Adi Buana Surabaya.

Martha, H. L. (2021). Pengaruh Content Marketing Dan Ewom Terhadap Purchase Intention Dan Brand Image (Studi Pada Merek Sepatu Di Daerah Istimewa Yogyakarta) [PhD Thesis]. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Maulidiyah, R. N. (2021). Pengaruh brand image, content marketing dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian dengan minat beli sebagai variabel intervening pada produk sabun pemutih gluta collagen soap [PhD Thesis]. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Muzakki, N., & Hidayat, R. (2021). Pengaruh Content Marketing Instagram Terhadap Minat Beli Di Masa Pandemik Covid-19 (Studi Kasus Pada Sarawa. Co)." e-Proceeding of Applied Science. Bandung: Universitas Telkom, 1–9.

Noor, J. (2012). Metodologi penelitian, skripsi, tesis, disertasi dan karya ilmiah.

Pangestu, Q. D. (2022). Pengaruh Content Marketing Instagram Terhadap Brand Image Disney+ Hotstar pada Followers@ disneyplushotstarid di Era Pandemi Covid-19 [PhD Thesis]. UPN Veteran Jawa Timur.

Pertiwi, P. D. (2020). Pengaruh Content Marketing, Social Media Marketing, Dan Event Marketing Terhadap Customer Loyalty Dengan Variabel Mediasi Customer Engagement (Studi Pada Pengunjung ON OFF Festival 2019) [PhD Thesis]. Universitas Brawijaya.

Priatni, S. B., Hutriana, T., & Hindarwati, E. N. (2020). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Purchase Intention dengan Brand Awareness sebagai Variable Intervening pada Martha Tilaar Salon Day Spa. Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Perbankan (Journal of Economics, Management and Banking), 5(3), 145–155.

Purwanto, Y., & Sahetapy, W. L. (2022). Pengaruh Content Marketing Dan Influencer Endorser Terhadap Purchase Intention Pada Brand Skincare Somethinc. Agora, 10(1).

Putri, E. R., & Trenggana, A. F. M. (2021). The Impact of Social Media Influencer on Purchase Decisions Mediated by Brand Image Variable on MATOA Watch Product. CAMPUS DIRECTOR’S FOREWORD, 36.

Rachmy, F. S. (2018). Pengaruh Social Media Influencer terhadap Purchase Intention pada merek kosmetik Wardah dengan Brand Image sebagai Variabel Medias [PhD Thesis]. Universitas Brawijaya.

Rastati, R. (2018). Media literasi bagi digital natives: Perspektif generasi Z di Jakarta. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(1), 60–73.

Riama, C. O. (2021). Peran influencer dalam proses electronic word of mouth untuk meningkatkan persepsi merek. Jurnal Manajemen Komunikasi, 5(2), 156–175.

Sarwono, J., & Narimawati, U. (2015). Membuat skripsi, tesis, dan disertasi dengan partial least square sem (pls-sem). Yogyakarta: ANDI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Link to:

                                                              

 

Economy, Business, and Financial Journal :

            Â