PERANAN PEMBIAYAAN BANK SYARIAH DALAM MENINGKATKAN USAHA MIKRO DAN MENENGAH (STUDI KASUS BSI KCP PATI TAHUN 2022)

Muhamad Wahyudin, Nurul Susianti, Siti Himmatul Fakhiro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Bertransaksi Masyarakat Non Muslim Pada Bank Syariah Indonesia. Faktor yang mempengaruhi diantaranya berupa produk dan promosi. Variabel dalam penelitian ini adalah berupa variabel dependent yaitu produk(X1), promosi (X2) dan variabel independent yaitu minat nasabah non muslim(Y).  Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif yaitu dengan analisis regresi linier sederhana yang memaparkan pengaruh variabel yang mempengaruhi keadaan tanpa memanipulasi variabel tersebut. Penelitian ini dilakukan di BSI KCP Pati. Hasil penelitian ini adalah produk berpengaruh positif signifikan terhadap minat nasabah non muslim di BSI KCP Pati. Promosi berpengaruh positif signifikan terhadap minat nasabah non muslim di BSI KCP Pati. Produk dan promosi secara simultan berpengaruh positif terhadap minat nasabah non muslim di BSI KCP Pati.


Keywords


Produk, Promosi dan Minat Nasabah non Muslim

Full Text:

(34-40) PDF

References


Muhammad Ridwan, Manajemen BMT, (Yogyakarta: UII Press,2010), hal.128- 129.

Abdullah, M Faisal. Manajemen Perbankan Teknis Analisis Kinerja Keuangan Bank.Malang: UMM Press, 2003.

al Azmi, Amaliah. “Alasan Nasabah Non Muslim Memilih Pembiayaan Murabahah di Bank Syariah (Studi Kasus Nasabah di BNI Syariah Kc. Rungkut Surabaya)â€. JESTT Vol. 2 No. 1 (Januari 2015)

Alguad, Latifa M. dan Marvyn K. Lewis. Perbankan Syari'ah Prinsip Praktik Prospek. Jakarta: PT. Serambi Ilmu Semesta, 2003.

Amrin, Abdul. Strategi Pemasaran Asuransi Syariah. Jakarta: PT. Grasindo, 2007.

Antonio, M. Syafi’i. Bank Syariah Dari Teori ke Praktik. Jakarta: Gema Insani Press, 2001.

Apriyantini, Marlina Ayu. “Faktor Yang Mempengaruhi Non Muslim Menjadi Nasabah BRI Syariah Cabang Yos Sudarso Yogyakartaâ€. Skripsi. Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta, 2014.

Badan Pusat Statistik Republik Indonesia, Data Sensus Penduduk 2017 http://sp2010.bps.go.id/index.php/site/tabel?tid=321 (26 Oktober 2017).

BI dan UNBRAW. Potensi, Preferensi, dan Perilaku Masyarakat terhadap Bank Syariah: Studi Pada Wilayah Propinsi Jawa Tengahâ€. Executive Summary, 2000.

Dendawijaya, Lukman. Manajemen Perbankan. Bogor: Ghalia Indonesia, 2005.

Djaslin, Saladin. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran Bank. Jakarta: Mandiri Maju,1994.

Dwityanti, Esthi. “Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen terhadap Layanan Internet Banking Mandiri (Studi Kasus pada Karyawan Departemen Pekerjaan Umum Jakarta)â€. Thesis. Semarang: Program Studi Magister Manajemen Universitas Diponogoro Semarang, 2008.

Eko Haryono. (2023). Pemberdayaan Ekonomi Islam Melalui Optimalisasi Zakat. Al Fattahejournalsmaalmuhammadcepu, 1(01), 17–30. Retrieved from https://www.ejournal.smaamc.sch.id/index.php/belajar/article/view/21

Firdaus, Muhammad, dkk. Konsep & Implementasi Bank Syariah. Jakarta: Renaisan, 2005.

Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP, 2006.

Gitosudarmo, Indriyo. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPFE UGM, 2010.

Hamid, Edy. Suandi Sistem Ekonomi Utang Luar Negeri dan Isu-isu Ekonomi Politik Indonesia. Jakarta: UII Press, 2012.

Hapsari, Fithri Tyas & Irfan Syauqi Beik, “Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Nasabah Non-Muslim dalam Menggunakan Jasa Bank Syariah di DKI Jakartaâ€. Jurnal Al-Muzara’ah, Vol. 2, No. 1.

Hirmawan, Muh Risky Adi. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Bertransaksi di Bank Syariah†(Studi Kasus di Bank Jateng Syariah Cabang Surakarta)â€. Naskah Publikasi. Surakarta: Program Studi Akutansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Surakarta, 2015.

Ismail. Perbankan Syariah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011.

Kamsil, dkk. Pokok-pokok pengetahuan Hukum Dagang Indonesia. Jakarta: Sinar Grafika, 2002.

Kartajaya, Hermawan dan Muhammad Syakir Sula. Syari’ah Marketting. Bandung: PT Mizan Pustaka, 2006.

Kasmir. Manajemen Perbankan. Jakrta: PT RajaGrafindo Persada, 2012. Kasmir. Pemasaran Bank. Jakarta: Kencana, 2005.

Kementerian Agama RI. Al-Qur'an dan Terjemahnya. Solo: SYGMA, 2010.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta; Erlanga, 2011.

Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran Jilid 2, Edisi III. Jakarta: Erlangga, 2009.

Kuncoro, Mudrajat. Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi Edisi 3. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2009.

Kurniati. “Analisis Persepsi dan Preferensi Nasabah Muslim dan Nasabah Nonmuslim terhadap Keputusan Memilih Perbankan Syariah di Provinsi DIY (Studi Kasus di Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Yogyakarta dan Bank Pembangunan Daerah (BPD) DIY Syariah)â€. Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, Volume II, No. 2 (Desember 2012).

Laksana, Fajar. Manajemen Pemasaran. Yogyakarga; Graha Ilmu, 2008.

Lupiyoadi, Rambat. Manajemen Pemasaran Jasa Jakarta: Salemba Empat, 2013.

Machmudah, Rifa’atul. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Non Muslim Menjadi Nasabah di Bank Syariah†(Studi Bank CIMB NIaga Syariah Cabang Semarang)â€. Skripsi. Semarang: Jurusan Ekonomi Islam Fakultas Syariah, Semarang, 2009.

Manan, Abdul Hukum Ekonomi syariah dalam Perspektif Kewenangan Peradilan Agama. Jakarta: Kencana, 2012.

Maryani, Iis. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah dalam Memilih Bank Syariah Mandiri (Studi kasus pada nasabah Bank Syari’ah Mandiri Cabang Semarang). Skripsi. Semarang: Skripsi UNDIP, Manajemen, 2005.

Muhamad. Manajemen Bank Syari’ah. Yogyakarta: AMPYKPN, 2002.

Munarofah, Mulia. “Persepsi Komunitas Nonmuslim terhadap Asuransi Syariah di Kelurahan Rawa Mekar Jaya Serpongâ€. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidiyatullah, 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Link to:

                                                              

 

Economy, Business, and Financial Journal :

            Â