ANALISIS STRATEGI PEMASARAN MELALUI PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH DI BSI KANTOR CABANG PEMBANTU BOJONEGORO SUROPATI

Muhammad Husaini, Juliati Apriliani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pemasaran dan  Produk di BSI KCP Bojonegoro Suropati. Variabel dalam penelitian ini adalah strategi pemasaran dan produk murabahah. Metode penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) data serta pengumpulan datanya dilakukan di tempat terjadinya fenomena atau kasus tertentu terjadi. Penelitian ini dilakukan di BSI KCP Bojonegoro Suropati. Hasil penelitian dalam penentuan segmen ini BSI mempertimbangkan dari segi segmen psikografis dimana membagi segmennya berdasarkan dengan kelas sosial begitu juga mempertimbangkan pada segmen geografis dimana letak lembaga nantinya berpengaruh juga terhadap segmen-segmen apa saja yang akan ditentukan. Produk Pembiayaan Murabahah di BSI KCP Bojonegoro Suropati menggunakan jenis murabahah berdasarkan pesanan. Hasil analisis strategi menggunakan produk pembiayaan murabahah semakin meningkatnya jumlah omzet penjualan pada produk murabahah di BSI KCP Bojonegoro Suropati.


Keywords


Strategi Pemasaran, Pembiayaan Murabahah

Full Text:

(27-33) PDF

References


Amir Abdullah, Strategi Pemasaran Asuransi Syariah Jakarta : Gresindo, 2007.

Amstrong Gary dan Kotler Phillip, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi XII, Jakarta : Erlangga, 2008.

Amsyari Fuad, Strategi Perjuangan Umat Islam Indonesia Bandung :Mizan, 2008.

Anoraga Pandji, Manajemen Bisnis, Jakarta : PT Rineka Cipta, 2004.

Antonio M. Syafi’I dan Atmadja Karnaen A. Perwatan, Apa dan Bagaimana Bank Islam,Yogyakarta : Dana Bhakti Wakaf, 2010.

Arviyan dan Rivai Veithzal dan, Islamic Banking : Sebuah Teori, Konsep dan Aplikasi,, Jakarta : PT Bumi Aksara, 2010.

Assauri Sofjan, Manajemen Pemasaran (Dasar, Konsep dan Strategi), Jakarta :RajaGrafindo, 2014.

Bungin Burhan, Metodologi Penelitian Sosial : Format-Format Kuantitatif danKualitatif , Surabaya : Airlangga University Press, 2001.

Djakfar Muhammad, Etika Bisnis Islam Tataran Teoritis dan Praktis, Jakarta 2002.

Eko Nugroho, Dibalik Sejarah Perekonomian Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka,2002.

Eko Haryono. (2023). Pemberdayaan Ekonomi Islam Melalui Optimalisasi Zakat. Al Fattahejournalsmaalmuhammadcepu, 1(01), 17–30. Retrieved from https://www.ejournal.smaamc.sch.id/index.php/belajar/article/view/21

Hamali Yusuf, Arif Pemahaman Strategi Bisnis & Kewirausahaan, Jakarta : PT Kharisma Putra Utama, 2016.

Ismail, Perbankan Syariah Jakarta : Kencana Prenadamedia Group, 2011.

Kasmir, Manajemen Dana Bank Syariah, Jakarta: Rajawali Pers, 2014.

-------, Perbankan, Jakarta : PT RajaGrafindo, 2015.

Keller Lane Kevin dan Kotler Phillip, Manajemen Pemasaran, Jakarta : Erlangga.

Komarudin Ade, Politik Hukum Integratif UMKM. Kebijakan Negara Membuat UMKM Maju dan Berdaya Saing, Jakarta : RMBOOKS, 2014.

Laksana Fajar, Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis, Yogyakarta : Graha Ilmu, 2008.

Muhammad, Tekhnik Perhitungan Bagi Hasil dan Profit Margin pada Bank Syariah, Yogyakarta : UII Press Ypgyakarta, 2001.

Nawawi Hadari, Manajemen Strategi Organisasi Non Profit Bidang PemerintahDengan Ilustrasi di Bidang Pendidikan , Yogyakarta : Gajah Mada Universitas Press, 2006.

Nazir Muhammad, Metode Penelitian, Cet. 3, Jakarta: Ghalia Indonesia 1988.

Sjahdeini Remy Sutan, Perbankan Syariah Produk-Produk dan Aspek Hukumnya, Jakarta : Kencana Prenamedia, 2014.

-------, Perbankan Islam dan Kedudukannya dalam Tata Hukum Perbankan, Jakarta : Pustaka Utama Grafitri, 2010.

Sudarsono Heri, Bank dan Lembaga Keungan Syariah Deskripsi dan Ilustrasi Yogyakarta : Ekonisia, 2008.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Link to:

                                                              

 

Economy, Business, and Financial Journal :

            Â