INOVASI TEKNOLOGI PENDIDIKAN PADA PEMBELAJARAN PAI DI ERA DIGITAL STUDI DI SMK IT GLOBAL AL-JABBAR PANDEGLANG
Abstract
Perkembangan teknologi digital yang pesat telah membawa transformasi signifikan dalam bidang pendidikan. Jurnal ini membahas berbagai inovasi teknologi pendidikan dan implementasinya dalam proses pembelajaran di era digital. Melalui studi literatur, diidentifikasi bahwa pemanfaatan teknologi seperti platform pembelajaran daring, media interaktif, dan kecerdasan buatan dapat meningkatkan aksesibilitas, interaktivitas, dan personalisasi pembelajaran. Namun, tantangan seperti kesenjangan digital, keterbatasan infrastruktur, dan kebutuhan pelatihan bagi pendidik masih menjadi hambatan dalam optimalisasi teknologi pendidikan. Oleh karena itu, diperlukan strategi komprehensif yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan untuk mengintegrasikan teknologi secara efektif dalam pendidikan, guna meningkatkan kualitas pembelajaran dan kesiapan siswa menghadapi tuntutan di era digital.
References
Dewi, B. F., Nurhayati, I., Handayani, H., Purwanto, P., & Habibi, R. (2024). Penggunaan Media Video Untuk Peningkatan Motivasi Belajar PAI Materi SKI Siswa Sekolah Dasar. Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 54–62. Retrieved from https://ejournal.iaiamc.ac.id/index.php/tarbiyah/article/view/388
Fransori, A., Irwansyah, N., & Parwis, F. Y. (2024). Inovasi Pendidikan dan Penerapan Pembelajaran Interaktif di Era Digital. Jurnal Pendidikan Impola, 1(2), 138–145.
Sari, A. P., & Munir, M. (2024). Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Inovasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Efektivitas Kegiatan di Kelas. Digital Transformation Technology, 4(2), 977-983.
Zikra Al-Fadhilah, N., Fatiha, A., & Gusmaneli. (2024). Peranan TIK dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Digital. Jurnal Multidisiplin Inovatif, 8(9).
Novita M.Alim, I., & Aryani, Z. (2024). Inovasi Pengembangan Kurikulum dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Era Digital. Jurnal Insan Cita Pendidikan, 2(2), 1-4.
Hotimah, H., Arismunandar, A., & Tola, I. (2024). Inovasi Digital dalam Pendidikan: Tren dan Tantangan di Era Pembelajaran Berbasis Teknologi. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(4), 18904–18910.
OECD. (2021). The State of School Education: One Year into the COVID Pandemic. Paris: OECD Publishing.
Radianti, J., Majchrzak, T. A., Fromm, J., & Wohlgenannt, I. (2020). A systematic review of immersive virtual reality applications for higher education: Design elements, lessons learned, and research agenda. Computers & Education, 147, 103778.
UNESCO. (2020). Education in a post-COVID world: Nine ideas for public action. Paris: UNESCO Publishing.
Wahyuni, S., & Suhartono, N. (2022). Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Pembelajaran di Era New Normal. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 5(1), 45-53.
Kusnandar, V. B. (2023). Pengaruh Teknologi Artificial Intelligence terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Teknologi dan Pendidikan, 8(2), 112-121.
Yuliansyah, R., & Musthofa, M. (2021). Kesiapan Guru dalam Menghadapi Transformasi Digital Pendidikan. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1), 78-85.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Nuuron, Rizky Nugroho, Mumu Zaenal Mutaqin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.