OPTIMALISASI TAHFIDZUL QUR'AN UNTUK PENGUATAN KARAKTER RELIGIUS DAN KEMANDIRIAN ANAK DI PANTI ASUHAN MUHAMMADIYAH AJIBARANG

Authors

  • Firdaus Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Muntohar Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Havidz Cahya Pratama Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Mohammad Syaifuddin UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Abstract

Al-Quran adalah firman Allah SWT yang keasliannya selalu terjaga. Salah satu kewajiban utama umat Islam terhadap Al Quran adalah membacanya dan menghafalnya dengan baik. Menghafal Al Quran dapat membentuk karakter religius seseorang. Oleh karena itu, religiusitas menjadi modal utama untuk menyelesaikan permasalahan yang muncul di masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembinaan Tahfidzul Qur'an, menganalisis pembentukan karakter religius melalui Tahfidzul Qur'an dan menemukan faktor pendukung dan penghambat pembentukan karakter religius kader melalui program Tahfidzul Qur'an di Panti Asuhan Muhammadiyah Ajibarang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah pengasuh, 3 musyrif dan 4 kader Panti Asuhan Muhammadiyah Ajibarang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, model pembinaan Tahfidzul Qur'an di Panti Asuhan Muhammadiyah Ajibarang menggunakan model pembinaan pembiasaan, pemberian reward dan pendekatan individual. Kedua, faktor pendorongnya, pengurus memberikan dukungan yang besar dan memberikan tanggung jawab penuh kepada pengasuh dan jajaran asatidz. Sedangkan faktor penghambat, kurangnya tenaga musyrif, masalah waktu antara musyrif dengan kader dan faktor kelelahan kader setelah mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah.

References

Alaudin, S. F., & Firdaus. (2024). Relevansi Pembiasaan Taḥfīẓul Qur’ān dalam Membentuk Karakter Religius pada Kader Muhammadiyah di Panti Asuhan Muhammadiyah Ajibarang Banyumas. Alhamra Jurnal Studi Islam2, 5, No. 1(Februari 2024), 31–40.

Arikunto, S. (2014). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Putra.

Creswell, J. W. (2020). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. Pearson Higher Ed.

Farhan, F. A., & Firdaus, F. (2024). Dinamika lingkungan pesantren dan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar akidah akhlak di pesantren daarul falaah banjarnegara. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 16(1), 11–19.

Fenty Sulastini, & Moh. Zamili. (2019). Efektivitas Program Tahfidzul Qur’an dalam Pengembangan Karakter Qur’ani. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 4(1), 15–22. https://doi.org/10.35316/jpii.v4i1.166

Firdaus, Irham Muhammad Azama, B. D. C. (2024). Pelatihan Kepemimpinan Spiritual dan Sosial bagi Imam dan Khatib di PCM Sokaraja. 3(2), 65–72.

Firdaus, F., & Hermawan, H. (2021). Manajemen Kurikulum Berbasis Pesantren Di SMP Muhammadiyah Jono Bayan Purworejo. TAMADDUN, 22(2), 113–120. https://doi.org/10.30587/tamaddun.v22i2.3610

Firdaus, F., & Makhful, M. (2023). Strengthening character education through Al-Islam and Kemuhammadiyahan based on merdeka curriculu. ATTARBIYAH: Journal of Islamic Culture and Education, 8(2), 189–202.

Firdaus, H. (2014). Santri Nasionalis: Membangun Bangsa dengan Nilai-nilai islam Berkemajuan dan Spirit Nasionalisme. In Penambahan Natrium Benzoat Dan Kalium Sorbat (Antiinversi) Dan Kecepatan Pengadukan Sebagai Upaya Penghambatan Reaksi Inversi Pada Nira Tebu (Pertma). PT. Pena Persada Kerta Utama.

Firdaus, H. (2023a). Manajemen Kesiswaan di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Karanglewas Purbalingga. JIESS, 2(2), 8–14.

Firdaus, H. (2023b). The Relevance of the Book of Ta ’ liim Al-Muta ’ allim in Character Building in the Era of Industrial Revolution 4 . 0. Amin: Journal International Islamic Education & Knowledge Integration, 01(02), 51–59. https://doi.org/10.32939/amin.v1i2.3130

Hidayati. (2020). Model Pembinaan Tahfidzul Qur’an Dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Siswa di Sekolah Dasar Islam Terpadu Iqra’01 Kota Bengkulu.

Kisman, K. (2021). Pembentukan Karakter melalui Pendidikan Agama Islam. AL-FURQAN, 9(2), 33–42.

Lickona, T. (2012). Educating For Chacarter: Mendidik Untuk Membentuk Karakter (1st ed.).

Mahfudlotus Zahro, R., & Tsalatsa, M. A. W. (2021). Dakwah dan Tradisi Pondok Pesantren Salaf: Studi pada Pondok Pesantren Raudhatu Tahfidzil Quran Perak Jombang. Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam Dan Interdisipliner, 6(2), 161–185. https://doi.org/10.30603/jiaj.v6i2.2272

Moleong, L. J. (2017). Metode penelitian kualitatif. In Bandung rosdakarya. Rosdakarya.

Sakti, P. J., Hakim, L., & Purwokerto, U. M. (2023). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran ISMUBA di SMK Muhammadiyah Somagede. Jurnal Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam, 4(2), 141–148.

Supriadi, S., & Halpiani, H. (2020). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Huma Betang Dalam Kegiatan Pembelajaran Ismuba Kelas X IPS Di Sma Muhammadiyah Kasongan. Anterior Jurnal, 19(2), 74–83. https://doi.org/10.33084/anterior.v19i2.1509

Syifa Dhiya Azhari, Firdaus, A. S. A. (2023). PAI Teacher’s Strategy In Overcoming Bullying Cases At Muhammadiyah SMP 5 Purbalingga. International Conference on Interdisciplinary Gender Studies, 6(1), 1–14.

Tabroni, I., Sari, R. P., Apendi, R., & Adam, D. K. (2022). Character Education of The History of Islamic Civilization. AT-TAHSIN: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 27–36.

Trahati, M. R. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Dasar Negeri Tritih Wetan 05 Jeruklegi Cilacap. Basic Education, 5(12).

Ummah, R. (2020). Pembinaan pendidikan karakter religius melalui program Tahfidzul Qur’an: Multisitus di MI Zainul Anwar dan MI Tarbiyatul Islam Kraksaan Probolinggo. Disertasi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Zayyan, M. (2024). Implementasi Nilai-Nilai Kemanusiaan Dalam Pendidikan Islam (Kajian Surat Al-Insan). HAWARI : Jurnal Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam, 4(2), 131–140. https://doi.org/10.35706/hw.v4i2.10506

Downloads

Published

2025-07-04

How to Cite

Firdaus, Muntohar, Havidz Cahya Pratama, & Mohammad Syaifuddin. (2025). OPTIMALISASI TAHFIDZUL QUR’AN UNTUK PENGUATAN KARAKTER RELIGIUS DAN KEMANDIRIAN ANAK DI PANTI ASUHAN MUHAMMADIYAH AJIBARANG. Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 162–176. Retrieved from https://ejournal.iaiamc.ac.id/index.php/tarbiyah/article/view/597